Breaking

blog single post
Printing

Ukuran Kertas Apa yang Biasa Anda Pakai?

Tahukah Anda? bahwa dalam hal ukuran kertas terdapat standar internasional yang digunakan secara luas dan ukuran yang digunakan di wilayah Amerika Utara. Berikut kami akan berbagi mengenai detil ukuran yang berlaku di kedua standar tersebut.

 

ISO 126

Standar internasional yang dikenal sebagai ISO 126 ini diajukan oleh ilmuwan asal Jerman, Georg Christoph Lichtenberg pada tahun 1786 yang kemudian dikenal sebagai DIN 476 dan dikenal luas selama Perang Dunia II.


Seri A

Dari sekian banyak seri kertas dalam pengukuran ISO 126, format seri A adalah yang paling terkenal dengan penulisan kode huruf A (kapital) diikuti oleh angka. Semakin besar angkanya maka semakin kecil ukuran kertas aslinya.

 



Seri B

Ukuran fisik kertas seri B lebih lebar dari pada seri A. Sebagai gambaran, ukuran B4 berada diantara A3 dan A4, sementara B5 ada diantara A4 dengan A5.

 

 

Seri C

Seri C dipakai pada amplop padanan dari kertas seri A. Jadi kertas A4 akan muat di dalam amplop C4.

 

 

 

ANSI

ANSI (American National Standards Institute) merupakan metode standarisasi kertas yang digunakan di wilayah Amerika.


Bagusnya adalah masyarakat Indonesia menggunakan kedua standar ukuran ini baik ISO maupun ANSI. Kertas A4 maupun ukuran Letter bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko buku bahkan kios fotokopi terdekat di daerah Anda.


Baca juga: 8 Kertas Premium untuk Printing Berkualitas


Sumber : bestbookprinting.com; belightsoft.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu