Breaking

blog single post
Personal

Tujuh Hal Yang Mahasiswa Ingin Tahu Di Tahun Pertama Kuliah

Sebagai mahasiswa baru, Anda pasti ingin tahu banyak hal mengenai dunia perkuliahan seperti apa. Beberapa hal ini bisa menjadi gambaran untuk Anda siap memasuki tahun pertama perkuliahan. Berikut sepuluh hal teratas yang biasa diharapkan oleh mahasiswa tahun pertama.


Temui dosen secara langsung.

Menjalin hubungan yang baik dengan dosen sangatlah perlu dilakukan. Anda bisa menemui mereka saat jam mengajar di kampus atau mengajukan pertanyaan setelah dosen menerangkan hal-hal yang menarik minat Anda. Beragam hal positif dapat Anda rasakan saat bisa menjalin hubungan yang baik dengan dosen. Mendapatkan wejangan dan saran gratis mengenai karir Anda kedepan, memberikan referensi mengenai S2 yang tepat dan sesuai hingga memberikan Anda toleransi saat tugas kuliah terlambat dikumpulkan.  


Jika Anda tidak menyukai jurusan Anda, jangan ragu untuk mengubahnya.

Saat menjalani perkuliahan, Anda akan mempelajari beragam hal baik dari penjelasan dosen di kelas, mata kuliah degan materi yang membuat Anda tertarik dan lainnya. Apabila Anda merasa memiliki ketertarikan lebih di sebuah mata kuliah yang bukan menjadi tujuan Anda, dan melihatnya memiliki potensi yang besar kedepannya, tak ada salahnya Anda memutuskan untuk berpindah ke jurusan yang sesuai dengan hati nurani.


Memilih dosen yang tepat untuk Anda.

Carilah info mengenai beragam dosen yang ada di kampus Anda. Berguna untuk mengetahui seperti apa caranya mengajar ketika di kelas. Semua tergantung pada Anda untuk memilih dosen yang mudah atau memberikan beragam ilmu kehidupan untuk Anda. Namun memilih dosen yang bisa menginspirasi sangat membantu Anda untuk mengetahui hal apa yang ingin Anda lakukan kedepannya.


Belajar menggunakan perpustakaan semenjak semester satu.

Jangan menggunakan perpustakaan saat Anda nanti menyusun skripsi. Semenjak semester satu, gunakanlah perpustakaan sebagai tempat Anda menemukan beragam jurnal dan artikel yang berkaitan dengan tugas perkuliahan Anda.  


Bekerjalah paruh waktu untuk mengurangi beban utang Anda.

Bekerja selama masa kuliah untuk dapat mengurangi utang Anda setelah lulus. Menurut penelitian, pekerjaan ternyata tidak memengaruhi kuliah Anda. Hal ini sangat membantu ketika Anda memasuki dunia kerja nantinya.


Ikutlah program pertukaran pelajar.

Anda bisa mengikuti program pertukaran pelajar yang diadakan oleh kampus. Biasanya  program pertukaran pelajar diadakan selama 1 tahun. Hal ini juga menjadi kesempatan untuk Anda belajar di negeri orang serta jalan-jalan. Ketika memasuki dunia kerja, Anda tentu tak bisa meminta waktu 1 tahun full untuk cuti liburan. Jadi manfaat kesempatan yang ada.

Jangan terlalu terlibat.

Mengikuti kegiatan mahasiswa sangat bagus untuk Anda. Namun jangan terlalu banyak juga mengikuti hampir semua unit kegiatan mahasiswa yang ada di kampus Anda. Mengabdikan diri secara mendalam pada satu atau dua organisasi kemahasiswaan dapat membantu Anda mengembangkan diri, ketrampilan dan hubungan yang nyata dengan teman-teman organisasi Anda. Hal ini juga dapat dilihat positif ketika Anda menuliskan pengalaman organisasi di curriculum vitae.

 

Baca Juga : Tips Sukses Kuliah

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu