Breaking

blog single post
Daily Things

Tugas Kuliah Sudah Terlanjur Numpuk? Begini Cara Agar Selesai Tepat Waktu

PRINTERQOE.COM – Kuliah dan tugas sudah seperti mata gambar mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Setiap subjek kuliah dosen sering kali memberikan tugas, belum lagi dengan tenggat waktu deadline yang sangat mepet.

 

Alhasil, membuat tugas menjadi semakin menumpuk. Bagi beberapa orang, hal ini hanya akan terjadi jika si mahasiswa tidak bisa me-manage waktunya dengan baik. “Mengapa tugas yang sudah diberikan lebih awal tidak cepat dikerjaan?” pertanyaan-pertanyaan seperti itu kerap datang.

 

Meskipun memang masalah tugas yang menumpuk merupakan kesalahan yang dibuat sendiri, tetapi pertanyaan menuntut dan  memojokan seperti itu juga tidak akan membantu. Alih-alih membuat Kamu  jadi lebih baik, justru merasa semakin ribet sendiri untuk mengerjakannya.


Baca Juga: Kesalahan Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

 

Lantas, bagaimana caranya agar tugas yang sudah terlanjur menumpuk bisa selesai dan dikumpulkan tepat waktu?

 

1. Tenangkan Jiwa dan Pikiran

Melihat banyaknya tugas yang menumpuk membuat pikiran sering tidak tenang bahkan tubuh bisa terasa gemetaran karena cemas. Itu artinya jiwa dan pikiranmu sedang tidak tenang. Sebelum memulai mengerjakan tugas yang menumpuk, sebaiknya tenangkan hati. Karena dengan suasana hati yang tenang bisa membuat otak lebih mudah berpikir.

 

Misalnya, Kamu bisa melakukan olahraga ringan, mendengarkan musim, bermain game, dan lainnya. Akan tetapi, erlu diingat, jangan terlalu lama melakukan ini. Jangan sampai Kamu malah lupa terhadap tujuan awal yaitu menyelesaikan tugas yang menumpuk tepat waktu.

 

Baca Juga: Tips Jitu Tembus Posisi Kerja Saat Job Fair untuk Fresh Graduate 

 

2. Buat Skala Prioritas

Kedua, buatlah skala prioritas mulai dari tugas yang paling awal dikumpulkan dan paling akhir. Dalam kondisi tugas yang sudah menumpuk dan waktu deadline yang semakin menipis sudah tidak berlaku untukmu menyusun prioritas dari tugas termudah dan tersulit. Jika yang paling urgent sangat sulit, paksakan untuk kerjakan. Tanamkan dalam hati dan pikiran bahwa Kamu pasti bisa mengerjakannya dengan baik dan selesai tepat waktu.

 

3. Diskusikan Kerangka Tugas yang Akan Dibuat

Meskipun waktu deadline sudah mepet, bukan artinya Kamu bisa mengerjakan tugas asal-asalan ya! Pertama-tama, buat kerangka berpikir dan konseptualkan ke dalam gambar. Analisa apakah konsep tugas yang akan Kamu kerjakan sudah sesuai dengan paradigma atau teori. Untuk itu, akan lebih baik jika Kamu meminta pendapat kedua agar mendapatkan masukan-masukan yang membangun untuk tugasmu. jadi, berdiskusilah dalam mengerjakan tugas.

 

4. Tidak Ada yang Salah dengan Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam memang tidak dianjurkan. Karena bisa mengurangi ketelitian, waktu berpikir maksimal, dan mengganggu pola tidur. Namun, sebenarnya tidak ada yang salah juga dengan system ini lho. Jika Kamu telah mengikuti langkah-langkah sebelumnya, system kebut semalam pun dalam mengerjakan tugas pun bisa dilakukan dengan baik. Ditambah lagi, bagi beberapa orang terkadang mereka bisa mendapatkan ide di detik-detik akhir deadline.

 

5. Fokus dalam Mengerjakan

Jika sudah menemukan tugas mana yang diprioritaskan dan mengerjakannya secara kebut semalam. Langkah selanjutnya adalah mngerjakan dengan fokus. Maksudnya, jangan memikirkan tugas lain apalagi jika mengerjakan lebih dari satu tugas secara bersamaan. Jika begitu, fokusmu akan terbagi dan akhirnya menurunkan kualitas tugas yang dikerjakan.

 

6. Kerjakan Sendiri atau Bareng Teman?

Poin keenam ini merupakan sebuah pilihan. Tidak ada yang salah apabila Kamu mengerjakannya sendirian atau dengan teman. Setiap orang memiliki kapabilitas yang berbeda-beda. Ada orang yang malas mengerjakan sendiri tapi ada juga yang tidak fokus jika mengerjakan tugas dengan orang lain. Nah, jadi Kamu lebih pilih yang mana?

 

Baca Juga: Ubah Kebiasaan Buruk untuk Hidup Lebih Produktif

 

7. Tetap Istirahat Cukup

Meskipun waktu deadline sudah sangat mencekik, Kamu tetap harus memperhatikan waktu istirahat. Mengistirahatkan tubuh artinya mengistirahatkan otak juga. Jika Kamu kurang tidur, otak tidak bisa berpikir maksimal karena otak setelah bekerja seharian mampu menjaga pikiran agar tetap segar dan fokus.

 

8. Cetak Tugas di Print Digital Online

Setelah tuas selesai, Kamu masih memiliki PR lain yang harus dikerjakan, yaitu mencetak tugas. Terkadang tugas bisa selesai pada tengah malam atau bahkan menjelang subuh. Mencari tempat cetak pada jam segitu biasanya ditemukan banyak kendala. Mulai dari jarang terdapat tempat print yang buka, Kamu sudah merasa terlalu lelah, malas keluar dan macam-macam alasan lain. Lantas bagaimana jika tugas harus dikumpulkan di pagi hari? Jika Kamu mencetak di pagi hari bisa tergesa-gesa belum lagi mengantri.

 

Oleh karena itu, print digital online hadir sebagai solusi agar Kamu para mahasiswa bisa mencetak tugas tanp ribet dan tanpa ngantri. Manfaatkan platform PrinterQoe.com, Kamu tinggal cari mitra printer terdekat tugas akan di cetak dan selesai sesuai waktu yang diinginkan. Di PrinterQoe.com Kamu bisa mencetak tugas menggunakan berbagai macam ukuran kertas, mulai A4, A5, atau bahkan print A3 murah meriah. Kamu juga bisa memanfaatkan jasa antar, tidak perlu ribet bukan?

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu