Breaking

blog single post
Profesionalisme

Trik Sukses Ikut job fair

Tujuan diadakannya acara job fair adalah perusahaan menyediakan lapangan kerja bagi para pencari kerja. Mengikuti job fair, para pencari kerja memiliki harapan besar dapat menemukan pekerjaan yang tepat. Apalagi bagi Anda yang baru saja wisuda alias fresh graduate. Namun untuk para mahasiswa yang masih berkuliah khususnya di tingkat akhir, tak ada salahnya mengikuti acara job fair ini. Dengan mengikuti job fair, Anda bisa merasakan bagaimana suasana mencari kerja. Selain itu Anda juga bisa berinteraksi dengan perusahaan yang Anda incar, agar memiliki gambaran detail seperti apa profil perusahaan hingga budaya kerjanya.

 

Nah kali ini PrinterQoe akan berbagi informasi seperti apa trik sukses ikut job fair. Berikut informasinya:

Pertama, cari tahu

Persiapan pertama sebelum mengikuti job fair adalah Anda harus mengetahui secara detail lokasi acara job fair, waktu, serta perusahaan yang ikut membuka lowongan kerja. Jangan datang ke job fair siang hari, agar Anda memiliki banyak kesempatan mengelilingi booth perusahaan yang ikut serta.

Kedua, persiapkan berkas

Yang kedua, dan menjadi hal penting ketika Anda menghadiri job fair adalah persiapan berkas dan dokumen yang dibutuhkan. Saat hendak mengikuti job fair, Anda harus menyiapkan cover letter, curriculum vitae, ijazah, transkrip nilai, beserta dokumen pendukungnya, baik hard copy maupun soft copy, dimana berkas-berkas yang dibutuhkan disimpan di flashdisk.

Ketiga, kenakan pakaian sopan

Hal yang penting ketika Anda mengikuti job fair adalah pakaian. Cara Anda berpakaian rupanya menjadi penilaian tersendiri bagi HRD perusahaan yang tengah mencari karyawan baru. Sebagai masukkan gunakanlah pakaian bertema businesss casual atau smart casual, yang sopan, rapi dan menarik perhatian positif dari HRD.

Keempat, percaya diri

Tak hanya persiapan dari luar, ada juga yang harus dipersiapkan dari dalam diri Anda sendiri untuk siap mengikuti job fair yaitu kepercayaan diri. Tunjukkan kemampuan yang Anda miliki, serta jawaban yang meyakinkan saat ada wawancara on the spot dengan HRD perusahaan. Persiapan yang selanjutnya adalah dari dalam diri Anda sendiri.

Kelima, stamina

Selanjutnya, hal penting yang harus dilakukan untuk bisa mengikuti job fair adalah memiliki stamina yang baik. Sehari sebelum mengikuti acara job fair, sebaiknya Anda memiliki waktu tidur cukup di malam hari yaitu delapan jam. Selain itu saat pagi sebelum Anda pergi ke lokasi job fair, Anda harus menyepatkan diri untuk sarapan pagi. Penting, agar saat tiba di acara job fair, Anda tidak kelaparan, apalagi sampai pingsan.


Oiya! Terkait persiapan berkas dan dokumen yang harus dicetak, Anda sebaiknya mencetak berkas dan dokumen sehari sebelum mengikuti job fair. Apabila Anda sedang repot, Anda bisa mengakses dengan mudah layanan cetak dokumen secara online di PrinterQoe. Anda dapat mencari lokasi printer terdekat, lalu mengupload data yang ingin dicetak ke dalam Aplikasi PrinterQoe. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran serta mengambil langsung dokumen ke tukang fotokopi. PrinterQoe juga memberikan harga cetak dokumen  yang terjangkau kantong mahasiswa maupun pekerja, dengan hasil yang berkualitas. Kini tak hanya dapat diakses melalui website, PrinterQoe juga bisa diakses melalui handphone dengan cara download di Google Play dan App Store.

 

 

Baca Juga : Untuk Mahasiswa, Ini Pelajaran Hidup Setelah Lulus Kuliah


Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu