Breaking

blog single post
Personal

Tips Sukses Kuliah

Anda yang baru memasuki dunia perkuliahan, jangan takut untuk menjalani dunia yang tak sama lagi dengan masa sma. Pasti Anda akan merasakan bermacam perbedaan yang mencolok ketika menjalani masa kuliah dan saat sma. Agar sukses melewati dunia perkuliahan, ini dia beberapa tips untuk Anda para mahasiswa baru.


Pilih jurusan dengan hati-hati.

Ketika memasuki dunia perkuliahan, Anda akan mempelajari ilmu yang paling umum, hingga akan sampai pada tahap memilih jurusan yang diminati. Untuk itu pertimbangkan dengan baik, agar Anda tidak menyesal.

Jika butuh bantuan, mintalah.

Jika Anda tidak mengerti sesuatu, tanyakan kepada dosen Anda. Jangan takut, akan ada banyak orang yang membantu Anda. Tempat lain untuk menemukan bantuan adalah perpustakaan, pengurus perpustakaan dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana menemukan buku, skripsi maupun hal lain yang berkaitan dengan jurnal akademik.

Jika membutuhkan perpanjangan waktu, tanyakan lebih awal.

Apabila Anda mendapatkan tugas dari dosen dan belum bisa menyelesaikan sesuai dengan deadline, ada baiknya Anda memohon ijin untuk memberikan perpanjangan waktu. Tak perlu takut ditolak, apabila Anda bisa memberikan alasan yang tepat, dosen akan memberikan kelonggaran. Namun yang perlu diingat, jangan minta perpanjangan waktu dengan mengirim email dan memintanya malam sebelum jatuh tempo, hal ini sangat mengganggu.

Jalin hubungan baik dengan dosen.

Mengajukan pertanyaan, menyumbangkan suara saat diskusi, dan tetaplah mengikuti kelas untuk Anda paham akan apa yang tengah dipelajari, dapat membantu Anda dikenali oleh dosen. Dosen yang mengenali dan menyukai keterlibatan Anda di kelas dapat membantu Anda ketika nanti mencari pekerjaan karena memiliki banyak rekan yang dikenal, atau memberikan referensi untuk S2 Anda.

Jagalah kesehatan mental.

Memasuki dunia perkuliahan bagi sebagian orang tidaklah mudah. Terkadang Anda kepikiran dan menjadi stress karenanya. Saat Anda merasa cemas atau sedih, jangan malu untuk meminta dukungan teman-teman terdekat. Anda juga bisa melakukan konseling formal. Selain itu makan makanan yang sehat, dan berolahraga bisa sangat membantu kesehatan mental.

Terlibat dalam bidang yang disukai.

Apabila Anda menyukai seni rupa, Anda bisa turut serta dalam acara-acara kampus yang melibatkan skill seni rupa. Jika Anda tertarik dengan dunia jurnalistik, Anda bisa mengikuti kegiatan jurnalis kampus. Berpartisipasilah dalam kegiatan mahasiswa yang Anda sukai, selain mendapatkan banyak pengetahuan, Anda bisa menjalin hubungan dengan banyak orang.

Ketahui cara mengelola uang.

Belajarlah memasak untuk menghemat pengeluaran Anda mahasiwa yang ngekos. Review lagi pengeluaran Anda selama sebulan untuk melihat kemana sebagian besar uang Anda keluar, sehingga Anda dapat menyimpan uang untuk hal-hal yang lebih penting.

Belajar mengatur waktu Anda.

Mengatur waktu adalah hal yang penting dimiliki oleh mahasiswa. Tugas kuliah dari mata kuliah yang berbeda akan sering deadline diwaktu yang bersamaan. Anda harus menyelesaikan semua tugas lebih awal agar Anda tidak kewalahan.



Tadi adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa sukses menjalani masa perkuliahan. Selamat mencoba dan semoga sukses!



Baca Juga : Untuk Mahasiswa, Ini Pelajaran Hidup Setelah Lulus Kuliah

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu