Breaking

blog single post
Printing

Tips Merancang Desain Brosur Yang Tepat Bagi Bisnis Anda

Brosur pemasaran sering digunakan untuk membantu perusahaan memasarkan produk atau layanan mereka. Namun, seiring dengan perkembangan digital, brosur pemasaran dinilai sebagai teknik tradisional yang tidak dapat memberikan pengaruh apapun bagi bisnis.

 

Padahal kenyataannya sangat berbanding balik, keadaan media pemasaran dalam bentuk fisik saat ini lebih kuat dari sebelumnya. Sebuah firma riset pemasaran mengungkapkan bahwa brosur ataupun media pemasaran fisik lainnya lebih mudah diingat, lebih persuasif, dan cenderung memotivasi audiens daripada media digital.

 

Brosur dapat meningkatkan brand awareness di mata publik ketika digunakan bersama dengan strategi kampanye pemasaran lainnya. Strategi pemasaran terbaik saat ini adalah mengintegrasikan media pemasaran digital dengan fisik. Dengan demikian, pebisnis juga harus menaruh perhatian pada brosur, pamflet, dan poster seperti halnya pada situs web dan grafik media sosial. Pasalnya, brosur dapat menarik calon klien atau pembeli untuk mencari tahu tentang informasi jasa atau produk secara lebih lanjut, juga informasi kontak perusahaan.

 

Lantas, apa yang harus diperhatikan dalam merancang desain brosur pemasaran yang tepat untuk bisnis Kamu?

 

1. Ingat Brand Identity Perusahaan Kamu

Saat memulai proses desain brosur, ingat selalu brand identity perusahaan. Elemen-elemen dalam brand identity perusahaan akan menentukan tampilan dan nuansa visual desain brosur Kamu. Pasalnya, desain brosur haruslah konsisten dengan brand identity perusahaan Kamu.

 

Maka dari itu, pilihlah elemen desain (warna, font, dan gambar) yang sesuai dengan kepribadian brand, tone, serta isi brosur Kamu. Jika sudah mengatur warna dan font brand Kamu, pastikan font tersebut digunakan dalam desain brosur.

 

2. Gunakan Sudut Pandang Audiens

Dalam proses desain, seringkali Kamu terjebak dengan konsep yang diinginkan. Nyatanya, apa yang Kamu butuhkan tidaklah penting. Berfokus pada apa yang diinginkan audiens Kamu adalah hal yang terpenting. Intinya adalah saat proses desain berlangsung, pastikan untuk menata segala sesuatu dengan cara yang menarik bagi audiens Kamu.

 

Ajukanlah pertanyaan seperti: apakah audiens terganggu dengan informasi yang banyak, atau informasi tersebut perlu diletakkan secara terpisah agar lebih mudah dibaca? Apakah ada warna atau font khusus yang menarik bagi audiens? Di mana Kamu dapat meletakkan informasi perusahaan (seperti nama bisnis dan informasi kontak) sehingga lebih mudah untuk ditemukan? 

 

3. Pilih Tipe Brosur

Nyatanya, terdapat berbagai jenis brosur sesuai dengan cara melipatnya. Umumnya, terdapat 12 cara melipat brosur. Masing-masing jenis brosur memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pemilihan jenis brosur yang tepat 100% tergantung pada kontennya. Mengetahui jenis brosur yang tepat akan membantu Kamu saat tiba waktunya untuk mencetak brosur melalui printing online.

 

Kamu juga perlu mempertimbangkan cara pengiriman brosur. Tanyakan: Di mana brosur akan diletakkan? Apakah Kamu akan memasukkan brosur tersebut ke dalam goody bag bersama dengan barang promosi lainnya? Apakah Kamu akan mengirimnya melalui pos? Intinya adalah cara Kamu untuk memberikan atau menampilkan brosur sangat menentukan cara melipat yang paling tepat untuk brosur pemasaran Kamu.

 

4. Kumpulkan Informasi dan Gambar

Sebelum merancang desain brosur, kumpulkanlah informasi dan gambar yang ingin dimuat dalam brosur. Langkah ini akan membantu Kamu untuk membuat keputusan penting tentang tata letak, ukuran font, dan banyak lagi. Meski demikian, ada kemungkinan tidak semua informasi dan gambar dapat dimuat dalam brosur. Kamu harus tetap fleksibel dan berfokus pada pesan utama.

 

Saat memulai proses desain brosur, prioritaskanlah informasi yang menyampaikan pesan utama. Memuat terlalu banyak informasi dapat membuat audiens malas membaca brosur, maka dari itu masukkan informasi secukupnya. Gunakan juga headline dan sub-header dalam menyusun informasi, agar audiens dapat menangkap pesan inti meskipun hanya membaca brosur secara sepintas. Judul juga memeliki peran yang penting dalam sebuah brosur, yakni untuk menarik perhatian audiens. 

 

Lakukan juga hal yang sama pada gambar. Kumpulkanlah semua gambar dan pilihlah yang dapat mendukung penyampaian pesan kepada audiens. Pasalnya, gambar adalah hal pertama yang akan dilihat audiens dalam sebuah brosur, jadi pastikan gambar tersebut dapat membantu audiens untuk memahami pesan utama.

 

5. Temukan Gaya Kamu

Gaya sebuah brosur dapat membuatnya tampak ‘bersinar’. Pertama-tama, brosur Kamu perlu memiliki gaya yang sederhana. Jika desain brosur Kamu terlalu ramai, brosur tidak akan terasa menarik untuk dibaca audiens. Pastinya Kamu tidak ingin memenuhi desain brosur dengan terlalu banyak teks, terlalu banyak gambar, atau terlalu banyak elemen desain. Pastikan desain brosur tetap sederhana dan mudah dicerna audiens guna mendapat hasil terbaik.

 

Pada zaman sekarang, konsumen memiliki karakteristik yang cerdas. Desain brosur lawas akan tampak sangat menjemukan bagi mereka. Supaya brosur Kamu dapat mempengaruhi audiens, pastikan brosur tersebut memiliki desain yang baru dan berbeda dengan brosur lainnya.

 

6. Fokus pada Call-To-Action (CTA)

Ingatlah bahwa tujuan utama dari brosur adalah mendorong audiens untuk mengambil tindakan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan (Call-To-Action). Apabila Kamu ingin audiens untuk mengambil tindakan, maka desain brosur harus memberikan sorotan pada tindakan tersebut. Jadi, CTA tersebut harus dituliskan secara besar-besaran hingga pesan tersebut mustahil untuk dilewatkan oleh orang yang melihatnya.

 

Berikan ruang spesial bagi CTA dan jangan lupa untuk meletakkannya di banyak tempat dalam  brosur Kamu. Dengan demikian, audiens tidak akan melewatkan CTA meskipun mereka tidak membaca semua bagian brosur. Semakin bagus tata letak CTA, semakin banyak pula audiens yang akan mengambil tindakan.

 

Untuk mencetak brosur pemasaran, Kamu dapat menggunakan jasa printing online PrinterQoe. PrinterQoe.com merupakan salah satu perusahaan printing online di Jakarta dan kota-kota besar lainnya yang memungkinkan para pelanggannya untuk melakukan pemesanan printing online secara cepat di manapun dan kapanpun. Perusahaan printing online, PrinterQoe dapat diakses melalui situs website www.printerqoe.com dan juga melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

 

Sumber:
https://99designs.com/blog/marketing-advertising/brochure-design/#designing 
https://www.overnightprints.com/tips-for-creating-brochures-for-your-business 
https://venngage.com/blog/brochure-design/

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu