Breaking

blog single post
Industry

Tips Mempertahankan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Bagi setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun, pastinya ingin memberikan kepuasan dan loyalitas kepada konsumen. Baik perusahaan yang menyediakan layanan berupa produk maupun jasa sudah pasti harus memberikan yang terbaik kepada konsumen dan calon konsumen. Guna mewujudkan hal tersebut, Kamu harus memperhatikan apakah produk atau jasa yang Kamu tawarkan diminati konsumen, target market, strategi marketing, kualitas produk dan lainnya.

 

Strategi marketing yang tepat sangat membantu untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan tetap perusahaanmu. Selain itu, Kamu juga bisa memikat calon pelanggan dengan strategi marketing yang tepat. Brosur, pamflet, poster dan lainnya masih jadi media yang digunakan sejumlah perusahaan dalam promosi layanan mereka.

 

Brosur, pamflet, poster dan media promosi cetak lainnya bisa Kamu dapatkan dengan menggunakan jasa Print Online Jakarta sehingga Kamu tidak perlu repot-repot mengunjungi percetakan retail. Apalagi saat ini hadir berbagai layanan rint Online berbasis website dan aplikasi mobile yang dapat Kamu gunakan untuk cetak dokumen. Salah satunya layanan Print Online milik Astragraphia Xprins Indonesia (AXI).

 

PrinterQoe.com sendiri hadir dalam dua platform yakni berbasis website PrinterQOe.com dan aplikasi PrinterQoe.com. Melalui layanan Print Online Jakarta yang bisa dicari melalui PrinterQoe.com, Kamu bisa mencari lokasi printer yang diinginkan dengan mudah. Kamu juga bisa melakukan proses pemesanan serta pengiriman dokumen dengan memanfaatkan cloud dan melakukan pembayaran langsung ke Merchant PrinterQoe.com.

 

Dengan mendapatkan jasa print online Jakarta berkualitas, Kamu bisa mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan maupun calon pelanggan. Tak hanya soal strategi marketing saja, Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal yang dapat mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

 

Berikut tips jitu mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan bagi perusahaanmu

 

1. Tingkatkan Kualitas Layanan Perusahaanmu

Kualitas layanan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Kamu menjadi hal utama yang harus Kamu perhatikan. Semakin baik kualitas layanan print onlie Jakarta maupun jasa lain yang diberikan kepada pelanggan maupun calon pelanggan, maka mereka akan terus menggunakan layanan perusahaanmu.

 

Apabila selama ini kualitas layanan yang Kamu tawarkan sudah baik, maka pertahankan kualitas produk tersebut. Jika kualitas layanan Kamu belum maksimal, maka tingkatkan kualitasnya.

 

Sebaiknya dengarkan masukan para pelanggan yang sering menggunakan layanan Kamu mengenai kualitas layanan Kamu. Masukan dari pelanggan ini bisa Kamu terima dari pelanggan baik secara langsung ataupun melalui jejaring sosial yang dimiliki perusahaanmu.

 

2. Optimalkan Performa Karyawan

Guna memberikan kualitas terbaik pada layanan perusahaan Kamu, tentunya kinerja para karyawan Kamu juga harus maksimal. Karena karyawan menjadi salah satu faktor penentu dalam kualitas layanan yang ditawarkan perusahaan Kamu. Apapun jenis bisnisnya, sikap karyawan bisa menjadi penentu utama. Meskipun jasa print online Jakarta mu yang terbaik, namun jika karyawan yang bekerja kurang memiliki attitude yang baik, tentu akan menjadi nilai minus bagi usahamu.

 

Sebagai pemimpin perusahaan, wajib bagi Kamu untuk melatih seluruh karyawan untuk bekerja secara profesional. Berikan para karyawan pelatihan kerja sesuai bidang masing-masing untuk meningkatkan performa mereka.

 

Tak hanya itu, ajarkan sikap yang baik kepada para karyawan Kamu dalam menghadapi pelanggan. Selain kualitas produk, sikap para karyawan juga bisa membuat para pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan perusahaanmu.

 

3. Gunakan Media Promosi yang Tepat

Media promosi cetak seperti brosur, pamflet, poster dan lainnya masih digunakan sejumlah perusahaan dalam memasarkan produk mereka. Kualitas bahan yang digunakan, desain menarik serta layanan print online Jakarta yang tepat mampu menarik perhatian pelanggan dan calon pelanggan.

 

Sementara sebagian perusahaan memilih jalur promosi menggunakan jejaring sosial, instant messenger dan email. Apalagi di era digital saat ini tidak susah untuk melakukan promosi online melalui media tersebut. Misalnya Kamu bisa memposting produk dan deskripsi serta foto produk yang menarik di Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

 

Buatlah interaksi secara aktif dengan konsumen seperti memberikan tanya jawab kepada mereka dan memberikan hadiah melaui media sosial. Kamu juga bisa mengadakan kuis di Facebook, Instagram dan Twitter untuk menarik perhatian para pelanggan dan calon pelanggan. Tinggal buat saja akun khsusu jasa print online Jakartamu sesuai dengan nama perusahaan.

 

Untuk membantu mempertahankan kepuasan dan loyalitas konsumen, Kamu bisa menggunakan software manajemen pelanggan yang sudah populer di kalangan pebisnis retail. Software tersebut bisa membantu Kamu melakukan remarketing dengan mudah, mengirim email secara masal dan personal, mencatat setiap percakapan dengan pelanggan, mempercepat konversi prospek menjadi pelanggan, dan masih banyak lagi. Selain itu, Kamu juga bisa melakukan pesan broadcast tentang produk Kamu melalui aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan lainnya.

 

4. Buat Program Loyalitas Konsumen

Sebaiknya Kamu buat Program Loyalitas Konsumen yang sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis retail di Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan hadiah kepada para pelanggan setia yang selalu menggunakan layanan perusahaan Kamu. Misalnya dengan memberikan poin atau kartu member kepada para pelanggan setia.

 

Nantinya poin tersebut dapat ditukarkan dengan voucher atau diskon. Kamu juga bisa menawarkan program loyalitas bertingkat. Contohnya, utnutk bisnis print onlie Jakarta bisa memberikan mereka yang berstatus VIP atau gold bisa mendapatkan lebih banyak diskon dan akses lebih cepat jika memesan produk-produk khusus.

 

5. Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Cara selanjutnya dalam menjaga kepuasan dan loyalitas kepada pelanggan adalah dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Perlakukan para konsumen tak hanya sebagai pelanggan setia layanan Kamu saja. Melainkan perlakukan mereka sebagai orang terdekat seperti kerabat atau keluarga.

 

Beragam cara bisa Kamu lakukan agar membuat konsumen merasa dekat dengan perusahaanmu. Misalnya ucapkan terimakasih kepada setiap pelanggan yang telah setia menggunakan layanan Kamu bisa melaui email, pesan instan, jejaring sosial ataupun tatap muka langsung.

 

Selain itu, berikan ucapan selamat yang lebih personal kepada pelanggan seperti ucapan Selamat Ulang Tahun, Selamat Hari Raya dan sebagainya melalui sosial media, email dan pesan instan. Cara yang paling efektif di era sekarang adalah dengan menggunakan email marketing. Jasa print onlie Jakarta mu bisa mengucapkan atau memberikan berbagai informasi kapanpun kepada seluruh pelanggan.

 

Dengan cara tersebut, konsumen merasa dekat dengan perusahaan Kamu bahkan secara personal tidak hanya atas layanan Kamu saja. Sebaiknya simpan data pribadi para pelanggan dengan benar. Tujuannya untuk positif agar para pelanggan merasa lebih dekat. Dan jangan salah gunakan data pribadi para pelanggan tersebut.

 

Semoga 5 tips tersebut dapat membuat mempertahankan kepuasan dan loyalitas kepada para pelangganmu.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu