Breaking

blog single post
Printing

Tips Membuat Brosur yang Baik untuk Promosi

Iklan merupakan salah satu cara pemasaran yang paling efektif saat ini, termasuk melalui media cetak. Untuk bisnis skala kecil menengah, brosur merupakan media iklan yang cukup banyak diminati. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat brosur juga tidak terlalu besar. Apalagi saat ini sudah ada jasa online printing yang dapat memudahkan Anda untuk mencetak brosur tersebut.


Dalam menggunakan brosur untuk media promosi, Anda wajib mempertimbangkan cara agar orang tertarik untuk membaca, membeli, dan memakai produk yang ditawarkan. Karenanya, pembuatan brosur tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Brosur yang buruk hanya akan menjadi investasi yang sia-sia.


Kesalahan Umum dalam Membuat Brosur

Untuk mendapatkan hasil promosi yang efektif, berbagai kesalahan dalam pembuatan brosur tentu harus dihindari. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam pembuatan brosur


  • Brosur Tidak Mampu Menunjukkan Keuntungan atau Manfaat

Brosur seperti ini biasanya hanya fokus pada perkenalan produk sehingga manfaat produk kurang diketahui. Kesalahan tersebut dapat dihindari dengan membuat brosur yang lebih menekankan tentang keuntungan atau manfaat dari produk yang ditawarkan.

  • Kurang Fokus

Kadang brosur yang beredar di masyarakat belum memuat ajakan untuk menggunakan atau membeli produk tersebut. Solusinya, ajak pembaca dengan kalimat atau grafis yang fokus mendeskripsikan produk.

  • Bahasa Sulit Dipahami

Bahasa yang terlalu ilmiah dan terlalu teknis kadang membuatnya sulit dipahami. Gunakan bahasa yang komunikatif dan informatif agar pembaca lebih mudah menangkap maksud atau tujuan dari brosur.

  • Tulisan Terlalu Banyak

Hindari deskripsi dengan tulisan kecil dan padat. Umumnya para pembaca akan malas membaca brosur ketika brosur tersebut terlalu banyak memiliki tulisan.

  • Brosur Murahan

Gunakan kertas dengan bahan berkualitas baik untuk pembuatan brosur agar citra perusahaan tetap terjaga.


Tips Membuat Brosur yang Baik

Jika Anda tertarik mencetak brosur di jasa online printing, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan brosur yang baik untuk kegiatan promosi. Berikut beberapa tips untuk membuat brosur yang baik agar menjadi media promosi yang efektif.

  • Ketahui Pangsa Pasar

Sebelum Anda membuat brosur, kenali dulu calon konsumen yang akan menjadi segmen produk Anda. Cari tahu apa yang dibutuhkan konsumen saat ini, dan buat brosur yang informatif sesuai minat masyarakat.

  • Brosur Menarik

Brosur harus mampu menarik perhatian siapa saja. Buat tampilan yang menarik dan informatif, baik dari segi desain maupun konten. Ciptakan first impression yang baik agar pengguna mau menggunakan produk kita.


  • Sertakan Foto Pada Brosur

Bila diperlukan, gunakan real picture produk untuk meyakinkan konsumen mengenai produk yang ditawarkan.

  • Headline yang Menarik Pembaca

Pembaca biasanya akan melirik sekilas dari headline untuk memutuskan apakah mereka berminat membaca sebuah brosur atau tidak. Sebaiknya, buat headline yang menarik tanpa ada kesan ‘menjual’.

  • Sertakan Informasi Kontak

Tiap brosur yang diberikan pada konsumen wajib dilengkapi dengan info kontak. Konsumen memerlukan informasi kontak untuk mereka hubungi saat ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan pada brosur.


Setelah memperhatikan beberapa tips di atas, sekarang Anda dapat segera merancang brosur yang Anda butuhkan. Atau Anda juga dapat meminta pihak jasa online printing untuk membuatkan desain sekaligus mencetak brosur tersebut.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu