Breaking

blog single post
People

Tips Dapat IPK Sangat Memuaskan

Ada anggapan mendapat banyak nilai A di transkrip nilai, tidak menjamin Anda sukses dikemudian hari. Namun tak ada salahnya mencapai IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif di atas rata-rata. Biaya pendidikan yang dihabiskan hingga jutaan rupiah, tentu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Karena IPK yang sangat memuaskan akan membuat Anda memiliki kesempatan memperoleh pekerjaan tertentu yang  bisa menghasilkan lebih banyak uang. Tahukah Anda, bahwa kunci keberhasilan dalam mengenyam pendidikan terutama perkuliahan adalah disiplin dan efisien dalam belajar.

Beberapa tips dibawah ini bisa membantu Anda mendapatkan IPK sangat memuaskan, dengan waktu belajar yang maksimal.


Rajin ikuti  kelas

Mungkin Anda malas mengikuti kelas karena banyak dosen yang mengajar langsung lewat power point sehingga Anda berpikir bisa menyalin bahan dan berusaha belajar sendiri. Namun tahukah Anda, suatu saat Anda bisa menghadapi masalah seperti apa penjelasan dosen secara verbal dan mendetail. Untuk itu rajinlah mengikuti kelas karena Anda mempunyai kesempatan untuk bertanya dan mendengarkan pertanyaan dari mahasiswa lain, informasi yang tidak terduga, juga kesempatan mendapatkan nilai tambah

Duduk di baris terdepan

Dengan duduk di baris terdepan, Anda akan lebih banyak terhubung  dengan dosen, serta mendapat perhatian dari dosen. Yang tak kalah penting, saat Anda duduk di barisan depan, Anda akan lebih fokus dan merasakan diri aktif terlibat dalam perkuliahan.

Buat catatan kaki

Sebagai mahasiswa janganlah malas mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh dosen. Kunci pembelajaran efisien adalah membuat catatan kaki. Membuat catatan kaki dapat membantu Anda mengingat materi dengan baik. Selain itu, hal ini  bisa meningkatkan nilai Anda karena catatan kaki menjadi jembatan Anda dalam memahami materi tertulis dengan penjelasan verbal dosen.

Temui dosen saat jam kerja

Dosen biasanya mudah ditemui pada jam-jam kantor dimana mereka sedang tidak mengajar. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk bertanya seputar tugas atau materi yang tidak dimengerti. Tak hanya membantu Anda untuk memahami materi, Anda juga akan dikenal sebagai mahasiswa yang gigih.

Kerjasama dengan orang pintar

Bukan dukun namun teman kuliah yang pintar, karena dalam mata kuliah yang membutuhkan kerjasama kelompok, hal ini menjadi sangat penting. Tentu Anda tidak ingin sekelompok dengan pemalas yang akan membuat Anda mengerjakan segala sesuatunya sendiri kan? Daripada nantinya mendapatkan nilai yang kurang memuaskan, sebaiknya Anda kerja kelompok dengan orang-orang pintar yang akan memancing anda untuk berdiskusi. Karena cara terbaik untuk mengerti sebuah materi adalah dengan berdiskusi bersama teman Anda yang pintar.

Review setiap minggu

Jangan lagi membiasakan diri untuk mepelajari materi perkuliahan sepanjang semester hanya satu malam saat Anda hendak ujian. Hal ini justru membuat Anda keteteran dan tentu otak tidak bisa dipaksakan untuk menyerap semua materi dengan baik. Untuk itu Anda harus mencicil dengan cara seminggu sekali mereview materi yang telah dipelajari. Luangkan waktu 20 menit untuk mempelajari dan memahami materi. Hal ini akan membantu mengurangi beban Anda sehari sebelum ujian.

Hindari begadang untuk belajar  

Jangan begadang semalaman. Menjejalkan otak Anda dengan begadang mempelajari materi satu semester, hanya akan membuat Anda stres dan frustasi. Tidak beristirahat yang cukup justru memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk melupakan apa di pelajari.  


Semoga tips-tips di atas merubah pola belajar Anda, serta membantu Anda dalam mencapai IPK yang memuaskan. Selamat berjuang!



Baca Juga : Tips Sukses Kuliah


Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu