Breaking

blog single post
Document

Tips Cetak Kartu Nama Agar Terlihat Menarik dan Elegan

Kartu nama sangat penting bagi karyawan atau pebisnis. Oleh karena bisa menjadi media penghubung antara mitra bisnis atau pelanggan. Agar penerima terpikat untuk menyimpannya, berikut tips cetak kartu nama yang memikat dan elegan.


Tampilan Logo Produk Atau Perusahaan Yang Memikat

Keberadaan logo adalah sebagai branding atas produk atau nama perusahaan tertentu. Tentunya agar lebih dikenal dan familiar bagi masyarakat, khususnya bagi target market bisnisnya. Karena fungsinya yang sangat penting itu, maka Anda harus merancang logo dengan sebagus mungkin. Supaya bisa meningkatkan popularitas brand dan juga melonjakkan angka penjualan sekaligus.


Sebaiknya desain logo yang tidak terlalu rumit, terlihat simpel dan efisien. Selain untuk dicantumkan di kartu nama, logo itu juga bisa disertakan di banyak media lainnya seperti kop surat, stempel, baliho, kaos promosi, seragam karyawan dan lain sebagainya. Gabungkan desain dan warna yang sesuai, agar tampilannya benar-benar memikat dan unik.


Cantumkan Informasi Yang Sesuai

Penting untuk diingat kalau kartu nama sangat berbeda dengan brosur. Jadi jangan cantumkan terlalu banyak informasi terkait produk atau jasa bisnisnya. Kartu nama sifatnya lebih pribadi, karena akan memberikan informasi terkait dengan data diri seseorang. Dengan begitu, memudahkan orang lain saat menghubungi Anda.


Media ini sangat tepat diberikan kepada kolega, rekan bisnis dan konsumen di saat waktu yang terbatas, jadi tidak mungkin memberikan informasi kontak satu per satu kepada mereka. Informasi yang umumnya ditampilkan adalah nama perusahaan, nama diri, jabatan, nomor telepon, alamat perusahaan, email, dan informasi lain berupa kontak yang bisa dihubungi.


Aplikasikan Tipe Font Yang Tepat

Kartu nama akan menampilkan kesan yang elegan atau sebaliknya juga tergantung dari penggunaan jenis font atau hurufnya. Kalau tidak tepat maka bisa menghilangkan fungsi media tersebut. Sangat direkomendasikan untuk mengaplikasikan tipe font sans serif, yang relatif mudah terbaca karena bentuknya yang tidak banyak variasi rumit.


Penting pula untuk tidak menerapkan banyak tipe font saat cetak kartu nama. Sebab cara itu justru akan menyebabkan gangguan kenyamanan ketika orang sedang membacanya. Lebih dianjurkan untuk hanya memakai dua jenis font saja, dengan pilihan tipe huruf yang menampilkan kesan harmonis.


Selain itu, pastikan juga pemilihan hurufnya juga sesuai. Kalau Anda menampilan jenis huruf dengan tipe kapital atau bold, maka minimal bisa menggunakan ukuran 5 pt. Sedangkan kalau Anda menggunakan jenis font normal maka aplikasikan ukuran font minimal 6 pt. Tentunya besar kecil ukuran font disesuaikan pula pada fungsi dan faktor estetikanya


Pilih Kombinasi Warna Yang Sesuai

Tidak hanya urusan logo dan font saja yang harus mendapatkan perhatian khusus, pemilihan warna juga penting dicermati. Sebaiknya Anda menghindari penerapan aneka warna kontras atau dengan warna mencolok. Walaupun dengan tujuan agar kartu nama tampil berbeda dari kebanyakan.

Oleh karena penerapan warna tersebut justru memberikan kesan amatir terhadap desain dan juga kredibilitas perusahaannya. Pilihan yang tepat adalah dengan warna warni yang sederhana, tetapi mampu menampilkan kesan yang memikat dan elegan.


Tata Letak Desain Yang Rapi

Kartu nama bersifat formal, apalagi bagi perusahaan besar atau bonafide. Untuk itu, perlu perancangan desain dengan tata letak atau layout yang teratur dan memberikan kesan rapi. Anda harus bisa memberikan sentuhan variasi dengan komposisi yang tepat, terkait dengan komposisi kata dan pengaturan alineanya. Apakah mau dibuat alinea rata kanan, rata kiri atau center.


Jangan Lupa Untuk Sediakan White Space

Apapun medianya, keberadaan white space atau ruang kosong sangat penting dalam setiap desainnya. Termasuk ketika Anda akan membuat kartu nama yang elegan. Tujuan memberikan white space pada desainnya adalah agar kartu nama terlihat lebih elegan dan profesional. Selain itu, memberikan kesempatan untuk mata untuk beristirahat saat membaca informasinya.


Selain itu, Anda juga bisa mengusung desain yang unik agar membedakan dengan kebanyakan desain kartu nama. Tentunya tetap berpedoman dengan berbagai tips desain untuk cetak kartu nama di atas. Agar Anda semakin bangga dengan kartu nama tersebut.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu