Breaking

blog single post
Document

Tips Cetak Brosur Agar Hasilnya Memikat Konsumen

Aktivitas bisnis tidak terlepas dengan rutinitas promosi. Nah, salah satu media penunjangnya adalah brosur. Berikut ini tips penting terkait cara cetak media promosi tersebut, agar hasilnya lebih optimal.

 

Pahami Fungsi Dari Brosur

Setidaknya ada tiga macam kategori brosur, bila dilihat dari fungsinya. Yang pertama adalah fungsi informatif. Jadi keberadaan brosur sangat bermanfaat sebagai media informasi terkait dengan produk, jasa atau layanan sebuah perusahaan. Agar lebih tertarget maka brosur hanya dibagikan kepada para pelanggan potensialnya saja.

 

Fungsi kedua sebagai iklan. Brosur juga sangat berguna sebagai media promosi jasa atau produk. Anda bisa menyebarkannya ke pelanggan atau pun calon pelanggan. Dengan begitu, mereka tertarik dengan yang ditawarkan pada brosur. Harapannya angka penjualan akan meningkat dengan penyebaran media tersebut.

 

Fungsi ketiga adalah sebagai identifikasi. Selain sebagai media iklan dan informasi, brosur juga bisa digunakan untuk identifikasi perusahaan atau produk tertentu. Dengan cara ini sekaligus meningkatkan kredibilitas perusahaan sehingga menjadi pembeda dengan produk dari perusahaan lain.

 

Tips Supaya Brosur Lebih Memikat

Agar brosur tampil lebih menarik dan bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan harapan, maka tidak bisa sembarangan dalam membuatnya. Berikut ini tips penting yang bisa Anda terapkan.

  • Tampilkan foto wanita atau pria sesuai produk atau jasanya. Keberadaan bintang iklan atau brand ambasador produknya terbukti bisa memikat target pasar. Untuk itulah perusahaan besar rela menggelontorkan dana besar untuk menjadikan selebriti, atlet atau tokoh populer lainnya sebagai bintang iklannya.

  • Gunakan judul fantastis. Tentunya bukan bahasa hiperbolis tanpa bukti nyatanya. Brosur harus memuat rangkaian kata yang memikat, agar memikat orang untuk segera membacanya. Bahkan bisa segera tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

  • Terapkan kombinasi warna yang sesuai. Pemilihan warna sangat penting dalam sebuah brosur. Kalau Anda menawarkan produk aksesoris untuk remaja putri, maka dominasi warna merah muda lebih disarankan. Oleh karena penampilan warna terbukti bisa menarik orang untuk membacanya, bahkan memikat target untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

  • Cantumkan harga khusus untuk memikat calon pembeli. Kata-kata seperti potongan harga atau diskon, bonus, hadiah langsung dan sebagainya bisa dicetak dalam ukuran lebih besar agar lebih dominan. Dengan begitu, kata-kata itu bisa menghipnotis pembacanya untuk mengambil kesempatan atau penawaran tersebut.

  • Berikan sub judul agar bisa memaparkan judul dengan lebih jelas. Judul berisi hanya beberapa kata saja. Sedangkan sub judul merupakan penjelasan atau pengembangan dari judul, supaya informasi yang disampaikan mudah dipahami pembacanya.

  • Berikan informasi terkait keunggulan produknya. Kalau Anda mengandalkan gambar atau foto pada brosur, maka harus bisa menyampaikan berbagai keunggulan produk atau jasanya dengan jelas. Ulas keunggulan produk dengan kalimat yang mudah dipahami.

  • Sisihkan ruang kosong. White space atau ruang kosong sangat penting keberadaannya di sebuah brosur. Jadi brosur jangan dibuat padat dengan tulisan dan foto saja harus disisakan ruang kosong, agar tampilannya lebih menarik.

  • Sertakan nomor kontak yang mudah dihubungi. Komponen ini sangat penting saat pembaca tertarik dengan apa yang Anda tawarkan pada brosur. Pembaca akan lebih mudah dan cepat mendapatkan penjelasan lebih lanjut dan menikmati produk dan jasa yang ditawarkan.

 

Tips Penting Sebelum Cetak Brosur

Menghubungi jasa cetak brosur profesional dan terpercaya pastinya menjadi pilihan paling tepat, kalau Anda ingin segera membuat media tersebut. Nah, ikuti sejumlah tips berikut ini agar hasil cetaknya sesuai dengan tujuannya.

  • Sesuaikan brosur dengan tujuan. Sangat banyak tujuan dalam pencetakan brosur, seperti meningkatkan jumlah pelanggan, menginspirasi orang lain, menghibur konsumen dan sebagainya. Jadi buatlah konsep yang tepat dulu sebelum brosur dicetak dan disebarluaskan kepada masyarakat.

  • Sesuaikan desain dengan target pembacanya. Kalau tujuannya untuk pasar anak-anak, maka desain yang meriah penuh warna bisa diterapkan. Oleh karena pewarnaan itu akan lebih memikat anak-anak.

  • Pastikan isi brosur sangat memikat pembaca kurang dari tiga detik. Untuk itulah pemilihan kalimat atau kata-kata yang tepat dan mengena harus cermat. Agar dalam waktu singkat pembaca bisa terpikat dengan pesan yang disampaikan di dalam brosurnya.

  • Hitung oplah cetakan brosur agar sesuai dengan kebutuhan. Anda harus cermat dalam menghitung kebutuhan dalam pembuatan brosur. Dengan begitu, memastikan hasil cetak brosur tidak terbuang percuma atau bahkan jumlahnya kurang.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu