Breaking

blog single post
People

Tips Berbisnis Dengan Keluarga Atau Teman

Anda ingin memulai bisnis dengan teman baik Anda atau saudara sepupu maupun ipar Anda? Ini adalah ide yang hebat. Memiliki orang yang Anda percaya dan sukai dalam bisnis bisa membuat kesuksesan besar dalam rencana bisnis yang hendak dijalani. Namun diluar sana, banyak pula contoh bisnis bersama keluarga malah tidak berjalan baik dan membuat hubungan persaudaraan atau pertemanan menjadi rusak. Anda pun bertanya-tanya apa yang harus dilakukan untuk memastikan Anda dapat bekerja bersama dalam bisnis tanpa merusak hubungan kekerabatan. Nah, kali ini PrinterQoe membagikan beberapa tipsnya.

Bicara perihal bagian-bagian dalam bisnis

Duduk dan bicaralah tentang siapa yang akan melakukan pekerjaan apa dalam bisnis. Mungkin Anda suka melakukan pemasaran dan teman atau saudara Anda ingin memegang tanggung jawab dalam hal akuntansi. Bicarakan juga tentang apa yang harus dilakukan ketika salah satu dari Anda harus tinggal di rumah karena anak yang sakit, atau jika teman Anda ingin berlibur. Bicarakan dengan detail dan mendalam.

Putuskan siapa yang memiliki apa

Putuskan siapa yang memiliki persentase bisnis apa. Anda dapat memutuskan untuk membagi kepemilikan 50:50, tetapi mungkin ada alasan untuk tidak melakukan hal ini. Mungkin salah satu dari Anda akan bekerja penuh waktu dan yang lain hanya paruh waktu saja.

Buat Kesepakatan Bersama

Buatlah perjanjian tertulis. Dalam perjanjian tertulis dijelaskan secara detail siapa yang melakukan apa, berapa banyak bisnis yang dimiliki setiap orang, dan cantumkan apa yang terjadi jika seseorang ingin meninggalkan bisnis atau jika dalam perjalanan terjadi masalah. Perjanjian kerja dan perjanjian kepemilikan bisnis harus dibuat dan disetujui oleh semua pihak tanpa keberatan.

Tentukan bentuk bisnis Anda

Pelajari tentang berbagai bentuk organisasi bisnis yang mungkin sesuai dengan keadaan bisnis  Anda. Anda mungkin ingin membentuk Kemitraan, atau Anda mungkin ingin membuat perusahaan. Pastikan Anda telah menyusun perjanjian yang Anda butuhkan seperti perjanjian kemitraan untuk kemitraan, perjanjian operasi untuk LLC, dan oleh hukum dan dewan direksi untuk Anda yang ingin mendirikan sebuah perusahaan. Selanjutnya bawa persetujuan Anda ke pengacara Anda untuk versi terakhir dari perjanjian Anda. Jangan pernah mencoba menulis perjanjian sendiri.

Lakukan proses yang sama untuk keluarga, teman ataupun investor

Jika seorang anggota keluarga atau teman ingin berinvestasi dalam bisnis Anda, Anda pasti akan membutuhkan kesepakatan atau sesuatu yang disiapkan oleh pengacara, yang melindungi Anda berdua.

Mempunyai penasihat bisnis dari luar

Memiliki penasihat bisnis yang bukan bagian dari keluarga atau teman, membantu Anda meredakan beberapa ketegangan. Miliki penasihat keuangan dan hukum yang terlibat sebagai anggota dewan atau tim penasihat Anda untuk membantu menyelesaikan masalah.


Itulah beberapa tips dalam berbisnis bersama keluarga ataupun teman dekat Anda. Ingatlah bahwa Bisnis adalah Bisnis. Jauhkan hal yang bersifat pribadi dari bisnis, dan jagalah hubungan keluarga serta pertemanan Anda.

 
 

Baca Juga : Anda Punya Bisnis? Manfaatkan Solusi Cetak Dokumen untuk Usaha Anda!

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu