Breaking

blog single post
Document

Teknologi Informasi dalam Manajemen Kantor

Sebagai rangkaian aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dan pengendalian kerja, manajemen perkantoran haruslah berjalan dengan otomatis dan tertib. Untuk itulah dibutuhkan perangkat komputer dengan berbagai software dan juga sistem berbasis teknologi informasi. Penanganan informasi di masa lalu yang mengandalan kertas kini beralih kepada pemanfatan teknologi dengan kapasitas yang lebih besar, meski kebutuhan akan kertas tetap ada.


Pengertian teknologi informasi sendiri kurang lebih adalah perolehan, pemrosesa, penyimpanan, dan penyebaran informasi yang berbentuk angka, huruf, gambar,maupun suara dengan alat elektronik berdasarkan perhitungan (computing) dan komunikasi jarak jauh (telecommunications).


Terdapat tiga komponen utama teknologi informasi yaitu komputer, mikro elektronik, dan telekomunikasi

1. Komputer

2. Mikro elektronik yaitu penerapan dan produksi dari peralatan elektronik dengan ukuran sangat kecil serta terdiri atas komponen0komponen yang rumit.

3. Telekomunikasi atau tansmisi informasi melalui kabel atau gelombang radio


Peran teknologi komunikasi

  • Pembuatan surat dan laporan

Dalam pembuatan laporan terdapat tiga jenis prosesor yang mempermudah proses penyelesaian surat-surat :

1. word-processor independen yang digunakan untukpengolahan tes, terdiri atas keyboard, processor, memory, layar dan printer.

2. Beberapa word processor digabungkan menjadi suatu sistem dan dihubungkan dengan komputer sentral yang berfungsi sebagai pusat pengolahan, penyimpanan, dan penyetakan

3. Beberapa micro computer dengan tujuan untuk program pengolahan kata

 

  • Komunikasi di dalam lingkup kantor

Informasi tidak saja dapat dikirimkan dalam bentuk kata-kata dan sandi-sandi seperti halnya dapat dilakukan melalui telepon dan telegram, tetapi dapat dikirim dalam bentuk tulisan, angka, maupun gambar. Berkat kemajuan teknologi informasi tersebut, sekarang jenis komunikasi yang termasuk ke dalam telekomunikasi makin bertambah jumlahnya.

 

  • Pengiriman surat penyurat

Karakteristik utama dari electronic mail adalah transmisi informasi dari satu tempat ke tempat lain atau dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan metode elektronik penangkapan, pentransmisian, dan penyampaian informasi. Karena informasi disampaikan secara visual, maka teks aslinya tidak perlu dikirimkan. Yang termasuk ke dalam pos elektronik adalah teleks, faksimile, dan komunikasi antar komputer.

 

  • Filing arsip

Arsip yang semula berupa tumpukan kertas dan disimpan di gedung arsip, sekarang dapat disimpan di dalam flashdisk ataupu cloud yang lebih praktis lagi.

 

 

Otomatisasi Kantor

Otomatisasi Kantor (Office Automation) atau OA adalah Penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas. Tujuan otomatisasi kantor

  • Pemanfaatan yang seefisien mungkin atas uang, tenaga kerja, material, waktu dan mesin atau alat-alat kerja

  • Pemeliharaan kecepatan dan ketepatan prosedur kerja

  • Meningkatkan produksi

Baca juga: 7 Aplikasi Presentasi Keren Tandingan Powerpoint


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu