Breaking

blog single post
Merchant

Success Story: Strategi Ekspansi Melalui Digital

Ketika banyak percetakan gulung tikar pada 2017 lalu akibat turunnya permintaan, perusahaan satu ini berhasil bertahan dengan menerapkan strategi khusus. Sebagai hasilnya, layanan pelanggan menjadi semakin fokus terhadap jasa percetakan offset dan juga digital untuk berbagai produk seperti merchandise hingga packaging. Berikut penuturan Erwin Wahyu Winengku Utomo selaku Marketing Executive dari PT. Kreasi Prima Printing.   


Sebelum menjadi salah satu usaha percetakan yang diperhitungkan di wilayah Jakarta, PT. Kreasi Prima Printing berstatus sebagai perusahaan dagang (PD) pada awal berdirinya di tahun 1998. Saat itu mereka baru melayani kebutuhan cetak kecil-kecilan, menjual alat tulis kantor, serta jasa pembuatan iklan untuk rekan sejawat.


Dengan berjalannya waktu, status perusahaan pun berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan fokus utamanya di bidang percetakan. Dari sini upaya yang lebih serius lagi dilakukan dengan melakukan penambahan investasi berupa mesin-mesin operasional diantaranya mesin finishing, mesin laminating thermal, dan mesin spot uv.



Setelah mengalami masa jaya dengan jumlah karyawan tetap mencapai 148 orang, percetakan ini tidak luput dari cobaan. Masa-masa sulit selama tahun 2017 akibat derasnya arus digitalisasi memaksa manajemen untuk beradaptasi. Demi keberlangsungan bisnis keputusan sulit pun harus mereka tempuh yaitu dengan merumahkan sebagian dari pegawainya.


Agar bisa terus bertahan manajemen percetakan juga mulai merambah ke lahan digital dengan membuat website serta sosial media post. Keputusan yang tepat juga diambil oleh manajemen dengan bergabung dengan PrinterQoe, sebuah platform online yang dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap bisnis mereka, sekaligus memudahkan kustomer dalam melakukan pemesanan cetak. Dengan begitu cakupan PT. Kreasi Prima Printing tidak terbatas hanya pada wilayah di mana ia berada saja, melainkan terbuka luas bagi semua area di seputaran Jabodetabek.


Saat ini percetakan PT. Kreasi Prima Printing memiliki satu head office dan satu kantor cabang yang melayani order packaging, brosur, buku, kartu nama sampai layanan cetak dokumen A3, dari para pelanggan setianya. Sebut saja Telkomsel, HM Sampoerna, serta Bank Mandiri TBK sudah menjadi klien tetap mereka sejak lama.  


Baca juga: Success Story: Mengurangi Angka Pengangguran Menjadi Motivasi Memulai Bisnis

 




 



Sumber : dokumen PrinterQoe

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu