Breaking

blog single post
Merchant

Success Story: Mengurangi Angka Pengangguran Menjadi Motivasi Memulai Bisnis

Dunia percetakan adalah bidang usaha yang tidak ada matinya. Dari dulu hingga sekarang, proses cetak menyetak sudah menjadi bagian dari perjalanan hidup manusia. Bukan hanya sebagai sarana penyampai informasi, tapi di sisi lain juga bisa menjadi penyambung hidup bagi orang banyak. Motivasi itulah yang akhirnya membuat seorang pria asal Yogyakarta ini merintis usaha percetakan pada tahun 2005.    




Diceritakan oleh Ibu Panduasih Handiyani selaku Store Leader dari Global Digital Solution bahwa usaha ini diawali dari keinginan salah seorang familinya, Bapak Timbul Prasetyo untuk memanfaatkan kemampuan dan pengalamannya sebagai orang yang pernah bekerja di perusahaan percetakan.


Pada masa awal berdirinya, Global Digital Solution hanya melayani foto kopi, printing, dan penjilidan. Itupun dikerjakan dengan perangkat pendukung yang masih tradisional. Kurangnya modal hingga permasalahan di dalam manajemen SDM menjadi tantangan yang dihadapi dengan semangat positif untuk kemajuan perusahaan.  


Dengan keyakinan dan percaya diri tinggi, sang pemilik mulai mengadakan kerja sama dengan pihak bank dalam rangka perluasan outlet percetakannya. Ia juga melakukan perbaikan demi perbaikan dalam sistem manajemen untuk mengelola SDM yang bekerja untuknya.  


Layaknya perjalanan sebuah bisnis, usaha percetakan ini pun tidak luput dari dinamika jatuh bangun. Meski demikian, kesemuaanya dijadikan sebagai pembelajaran demi untuk kepentingan pengembangan perusahaan.


Kerja sama dengan pihak bank serta perbaikan-perbaikan yang dilakukan terkait dengan manajemen perusahaan berhasil membawa bisnis ini bertahan hingga kini. Dalam 13 tahun perjalanannya, bisnis percetakan yang ia miliki bertumbuh semakin besar dengan 4 outlet yang berlokasi di Selatan Jakarta.


Setiap bulannya usaha ini bisa menjaring 6 hingga 10 ribu kustomer termasuk diantaranya klien-klien yang sudah menjadi langganan. Dari sekian jenis layanan yang tersedia, permintaan terbanyak datang dari kebutuhan printing ukuran A4/F4 dan A3+, printing indoor dan outdoor, dan juga desain.


Pesatnya bisnis online dan digital juga dijajaki oleh Global Digital Solution dengan cara bergabung dengan PrinterQoe, sebuah platform print online yang memungkinkan penggunanya menyetak dokumen dengan cepat, praktis, dan berkualitas. Strategi ini dirasa tepat selain untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi, juga membantu memenuhi kebutuhan kustomer.



Baca juga: Menjadi Pemula di Bidang Usaha Percetakan      

 


Sumber : sumber internal

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu