Breaking

blog single post
Printing

Perjalanan Mesin Fotokopi Sejak Pertama Ditemukan

Pada Oktober tahun 1937, seorang pengacara hak paten bernama Chester Carlson menemukan sebuah proses yang disebut dengan electro photography. Satu tahun kemudian yaitu 1938 proses ini berganti istilah menjadi Xerography dengan hasil foto kopi pertamanya '10-22-38 Astoria.'



Proses Xerography ini kemudian menjadi penemuan yang paling terkenal selama abad ke 20, dan menjadikan Carlson berlimpah kekayaan setelah menghasilkan milyaran dolar. Penemuan ini kemudian diolah lagi oleh sebuah produsen kertas foto di New York bernama The Haloid Company, yang kemudian berganti nama menjadi Xerox Corporation.


Mesin foto kopi komersial

Pada tahun 1955 mesin xerographic otomastis pertama, Copyflo, diproduksi. Sementara tahun 1958 menjadi tahun perkenalan mesin fotokopi komersil, 'The Xerox 914.' Desain mesin fotokopi ini san8at besar setara dengan dua buah mesin cuci yang digabungkan. Apalagi cara penggunaannya yang terbilang rumit.


Dalam pernyataannya yang dimuat npr.org, Ray Brewer, historical archivist untuk Xerox Corp menyatakan bahwa ada kebutuhan yang tinggi sehingga Xerox memproduksinya dalam skala besar dan berhasil menjual ribuan mesin.



Ketika pertama dijual pada tahun 1960, mesin 914 bernilai 2 juta dollar, dan hanya dalam kurun waktu tiga tahun kemudian nilainya sudah melambung menjadi lebih dari 63 juta dollar. Xerox kemudian  mendaftarakan merk dagangnya di New York Stock Exchange, dan melahirkan 24 produk baru lagi selama 20 tahun berikutnya.

Kompetitor

Kesuksesan Xerox memancing kemunculan merek-merek lain sebagai kompetitor. Seperti halnya Ricoh yang mengembangkan mesin RiCopy 101 Diazo pada tahun 1955, serta RiCopy DT 1200 pada tahun 1975.


Sejak itu terjadi perubahan pada perusahaan yang tadinya dikenal berbasis fotografi menjadi perusahaan yang bergerak di bidang kebutuhan perangkat kantor. Merek-merek seperti Minolta, Panasonic, Toshiba, Sharp, Konica, dan Canon juga mulai memroduksi mesin fotokopi untuk penggunaan kantor.  Persaingan di bidang produsen mesin fotokopi juga semakin berwarna dengan hadirnya Kodak dan Oce.


Meski kini bukan lagi menjadi yang terdepan di dunia per-fotokopi-an, Xerox merupakan salah satu pelopor di dunia dengan pengaruh luas serta tingkat kepercayaan tinggi.  


Baca juga: Ukuran Kertas Apa yang Biasa Anda Pakai

 




Sumber : digipro.co.uk; npr.org

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu