Breaking

blog single post
Graphic Art

Perhatikan 7 Fungsi Warna dalam Desain Grafis Ini Sebelum Mencetak

Bagi para desainer grafis, warna tidak hanya bertujuan untuk mempercantik sebuah desain saja. Lebih dari itu, setiap warna memiliki karakter dan perannya masing-masing. Perpaduan warna yang tepat akan membuat desain yang dicetak bisa menyampaikan makna tersiratnya kepada semua orang yang melihat.

 

Oleh karena itu, saat mencetak gambar, cetak dokumen, atau mencetak apapun itu, warna merupakan salah satu komponen krusial dalam membuat desain. Khususnya yang berkaitan dengan desain grafis. Para desainer grafis sebelum memutuskan media cetak seperti print A3 murah, biasanya harus menghasilkan warna yang tepat terlebih dahulu untuk setiap obyektif dengan menggunakan kode warna.

 

Nah, sebelum Kamu mencetak online desainmu di tempat print A3 murah, sebaiknya ketahui terlebih dulu fungsi warna dalam desain grafis.

 

1. Fungsi Struktural

Dalam desain grafis, warna bisa berfungsi sebagai pengarah bagi pembaca untuk menemukan informasi yang bersifat penting. Informasi itu diurutkan secara struktural berdasarkan tingkat prioritas. Selain itu, warna bisa membedakan antara informasi satu dengan informasi lainnya. Hal ini dimaksudkan supaya pesan yang telah dicetak bisa tersampaikan bisa pada pembaca, karena warna yang tepat pada visual bisa memudahkan pembaca untuk mengerti.

 

Baca Juga: Tren Desain Grafis 2020 di Jasa Print Digital

 

2. Fungsi Isyarat dan Komunikasi

Jika Kamu  sedang berada di persimpanga jalan raya, apa yang sering Kamu lihat? Lampu pemberhentian yang memiliki tiga warna bukan? Sama halnya dengan lampu jalan tersebut, pada desain grafis pun warna memiliki fungsi yang sama. Yaitu, sebagai sarana untuk memberikan isyarat dan komunikasi. Melalui sarana warna inilah sebuah perintah bisa tersampaikan kepada pembaca dengan baik. Oleh karena itu, sebelum mencetak hasil karyanya di tempat print A3 murah, para desainer  telah memikrikan betul apa saja message atau pesan yang ingin disampaikan.

 

3. Fungsi Alamiah

Penggambaran sifat obyek secara nyata sering kali menggunakan warna. Warna pada berbagai benda yang sering Kamu lihat sehari-hari, tanpa disadari telah menjangkar di dalam otak. Dengan begitu saat melihat sebiah warna, otakmu akan memproses benda apa yang memiliki warna sama persis. Ya, warna bahkan bisa menciptakan sifat obyek secara nyata. Contohnya saja, warna biru artinya langit dan laut, hijau berarti tumbuhan, dan sebagainya. Begitu juga dalam desain grafis saat di cetak di media print A3 murah, untuk memberikan penjangkaran kepada setiap obyek para desainer akan memberikan sentuhan warna yang sesuai dengan keadaan alamiahnya.

 

4. Fungsi Psiklogis

Psikologis manusia selalu berkaitan dengan segala sesuatu di sekitarnya, termasuk dengan warna. Menurut penelitian, warna ternyata bisa dikaitkan dengan kejiwaan manusia. Orang yang memiliki karakter introvert cenderung lebih senang dengan warna-warna yang cerah. Oleh karena itu, warna bisa menggambarkan karakter seseorang dengan cepat dan tepat.

 

5. Fungsi Identitas

Warna juga memiliki peran penting untuk memudahkan pembaca agar mengenali identitas sebuah kelompok, komunitas, perusahaan, bahkan organisasi meskipun setelah di print A3 murah. Sebagai contoh, warna hijau dominan banyak digunakan utnuk organisasi atau suatu perkumulan kelompok keagamaan di Indonesia. Inilah mengapa warna sangat penting karena kita bisa melihat suatu organisasi hanya dari warnanya. Selain itu, warna juga bisa menjadi karakter bagi beberapa produk bisnis.

 

Baca Juga: Kegunaan dan Detail Ukuran Kertas A3
 

6. Fungsi Pembentuk Objek

Warna memiliki fungsi ganda tidak hanya dari aspek keindahan saja, namun juga sebagai elemen yang membentuk diferensial  dengan objek lainnya. Warna apapun bisa menciptakan keindahan yang mempercantik banyak hal. Seperti ruangan dinding rumah yang dicat dengan warna favorit, maka akan mewujudkan keindahan tersendiri bagi mereka yang melihatnya.

 

Nah, itulah beberapa fungsi kode warna dalam desain grafis. Kamu bahkan bisa menggunakannya ketika hendak membuat sebuah desain yang perlu diberi sentuhan warna khusus. Jika selama ini Kamu mengira desainer grafis tidak memerlukan kode warna saat print A3 murah, itu merupakan persepsi yang salah. Sebab kode warnalah yang membantu desain grafis untuk menghasilkan sebuah desain. Jika Kamu ingin mencetak desain grafis di tempat print A3 murah, PrinterQoe.com bisa menjadi pilihan terbaik. Coba sekarang di sini!

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu