Breaking

blog single post
Industry

Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Mendatangi Tempat Print Terdekat

Ketika Anda ingin mencetak kalender, undangan, sticker, brosur, company profile, atau beragam media lainnya melalui tempat print terdekat. ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan agar produk yang Anda pesan menjadi alat promosi atau informasi yang tepat sasaran.

 

Harga produk

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah harga produk yang akan dibuat di tempat print. Anda harus tahu harga per piece produk untuk mengalkulasikan dana yang dibutuhkan. Dana tersebut perlu dikalkulasi apabila Anda berniat membuat lebih dari satu jenis produk agar nantinya pengeluaran yang sudah dianggarkan tidak merugikan Anda dari segi finansial.

 

Jenis produk

Anda tentu tahu bahwa di sebuah tempat printing, ada banyak jenis produk promosi atau informasi yang bisa dibuat, seperti kartu nama, brosur, poster, hingga majalah. Sebelum memutuskan jenis produk yang ingin dicetak, lihat kualifikasi konsumen yang ingin dijadikan sasaran. Dengan begitu, ragam produk yang akan dicetak bisa disesuaikan dan lebih tepat sasaran. Sebagai contoh saat Anda memiliki usaha yang berhubungan dengan dunia kuliner dan konsumennya kebanyakan anak muda, Anda bisa membuat produk promosi berupa voucher diskon makan atau katalog makanan dengan warna menarik. Berbeda dengan pengusaha lain yang bergerak di bidang penjualan motor, tentunya pembuatan brosur lengkap akan lebih menarik konsumen.

 

Minimum pemesanan

Ketika Anda ingin melakukan pemesanan pada penyedia jasa print produk brosur, pamflet, atau lainnya, pastikan dulu minimum pemesanan yang harus dilakukan di penyedia jasa tersebut. Secara umum, Anda akan mendapatkan potongan harga apabila Anda melakukan pemesanan dalam jumlah yang sangat besar.  

 

Desain produk

Ketika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik, pastikan terlebih dahulu desain produk yang akan diprint atau dicetak. Apabila Anda langsung menggunakan desain jadi, pastikan dulu apakah program yang digunakan untuk membuka desain di lokasi print sama kualitasnya dengan tempat Anda. Dengan begitu, hasil print yang sudah jadi sesuai dengan ekspektasi yang dimiliki. Namun demikian, jika Anda berniat menyerahkan desain produk pada penyedia jasa, konsultasikan dulu gambar desain terutama berkaitan dengan gambar, perpaduan warna, hingga ukuran. Desain yang proporsional dan unik akan membuat hasil print mampu menyampaikan informasi yang ingin diketahui konsumen dengan benar.

 

Kualitas bahan

Ketika Anda ingin mencetak kartu nama, brosur, company profile, atau majalah, umumnya kualitas bahan kertas atau tinta yang digunakan akan mempengaruhi hasil jadi produk. Jika Anda tidak ingin kecewa di kemudian hari, pastikan dulu kualitas bahan yang ditawarkan oleh penyedia jasa printing. Anda bisa mencoba meminta contoh hasil jadi dari produk yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya oleh penyedia jasa.

 

Lokasi print

Jika Anda tidak ingin membuang waktu lama dalam mencetak bahan informasi atau pemasaran perusahaan Anda, pilih tempat print terdekat dengan kantor atau rumah. Dengan memilih lokasi yang paling dekat, Anda bisa langsung melakukan survei untuk mengetahui kualitas pelayanan dari penyedia jasa yang bersangkutan.

 

Deadline waktu pembuatan

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah deadline waktu pembuatan yang Anda inginkan dan ditargetkan pada penyedia jasa sebelum memanfaatkan hasil print jadi. Deadline waktu yang jelas akan membantu Anda mengatasi kemungkinan masalah yang terjadi di saat deadline waktu yang sudah disepakati tidak terpenuhi.

 

Cara pesan

Sebelum bekerja sama dengan tempat yang menyediakan jasa printing, tanyakan terlebih dahulu detail metode untuk melakukan pemesanan, seperti harus datang langsung ke lokasi atau bisa melakukan pemesanan menggunakan telepon dan email. Cara pesan yang praktis tentunya menghemat tenaga dan waktu selama melakukan pemesanan.

 

Cara transaksi

Setelah melakukan pemesanan, jangan lupa untuk bertanya informasi tentang metode pembayaran yang bisa dilakukan. Umumnya untuk jasa seperti ini, metode pembayaran bisa langsung dilakukan di lokasi setelah produk selesai dicetak atau menggunakan sistem DP.

 

Garansi jasa

Saat Anda bekerja sama dengan tempat print terdekat untuk mencetak beragam jenis media promosi, pastikan jenis garansi yang bisa diberikan oleh penyedia jasa. Jenis garansi ini akan membuat Anda tenang dan menghindari kemungkinan kerugian yang terjadi karena kesalahan pengerjaan produk printing.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu