Breaking

blog single post
Printing

Perbedaan Tinta Pigmen dan Tinta Dye, Bagusan Mana?

Setiap kamu melakukan pencetakan, pernah terfikir tidak mesin tersebut menggunakan tinta yang seperti apa? Jika mesin printer jenisnya bermacam-macam seperti mesin printer A3 murah, printer inkjet all in one, apakah tinta yang digunakan pun jenisnya harus berbeda?

 

Ya, jenis tinta di luar sana memang banyak. Tapi daripada bingung memilih menggunakan tinta yang mana, dengan pilhan jenis yang banyak sekali, PrintQoe.com merekomendasikan dua jenis tinta terbaik bagi kebutuhan cetak perkantoran.

 

Tinta pigment dan dye ini juga tidak dipakai pada satu jenis printer yang sama. Terkadang, ada printer yang memang tidak cocok untuk menggunakan tinta pigment, adajuga yang memang khsuus untuk tinta pigment. Lantas, apa yang membedakan tinta pigment dan tinta dye?


Baca Juga: Rekomendasi Printer Multifungsi Inkjet Terbaik Tahun 2020

 

TINTA DYE

Seperti bayangan tekstur tinta pada umumnya, tinta dye ini berbahan dasr air. Kamu pasti pernah melihat tinta printer A3 dengan tekstur yang cair bukan? Tinta ini memang sangat umum digunakan. Biasanya digunakan oleh printer-printer kantor atau rumahan yang hanya sekedar mencetak dokumen.

 

Karena bahannya yang berdasar air, tinta dye ini tentu akan terserap dengan baik oleh kertas. Tingkat serapan yang tinggi akan membuat hasil cetakan dokumen biasa atau yang berwarna hitam putih menjadi lebih tajam. Namun, daya tahannya tidak begitu bagus. Jika terkena air atau paparan sinar UV, tinta ini akan sangat mudah luntur.

 

Seiring teknologi yang semain canggih, sekrang sudah diciptakan tinta dye dengan daya tahan yang lebih lama. Bahkan mengklaim anti sinar UV. Namun, secanggih apapun kualitas tinta dye tidak akan sekuat tinta pigment.

  1. Tinta Dye Standar à Cetak dokumen standar
  2. Tinta Dye Sublim à Cetak mug

Apapun jenisnya, tinta dye ini sangat ramah terhadap printer.. Karena berbahan dasar air, tinta dye tidak akan menyumbat head print. Tapi bukan berarti printer dengan tinta ini bisa terus dibiarkan begitu saja yaa…waktu maksimal adalah satu hingga dua tahun tergantung kualitas mesin printer A3 yang digunakan.


Baca Juga: Pengertian Mesin Plotter, Fungsi dan Kelebihannya dalam Digital Marketing

 

TINTA PIGMENT

Jika Kmau pernah melihat hasil cetakan yang tidak luntur meski terkena air, itu artinya printer A3 yang digunakan menggunakan tinta pigment. Tinta ini kerap digunakan untuk erbagai kebutuhan cetak bergambar, baik itu foto, poster, brosur, hingga kalender. Tinta ini kerap digunakan karena sifat pigment nya yang tidak mudah luntur.

 

Hal ini dikarenakan bahan dasar dari tinta pigment sendiri terbuat dari bubuk pewarna. Tinta ini memiliki partikel besar. Sehingga, saat digunakan tinta pigment ini tidak masuk atau meresap ke dalam kertas. Ia justru menempel di atas kertas hasl cetakan.

 

Daya tahan printer ini sangat lama sekali. Tergantung dari kualitas masing-masing merek atau brand tinta pigment yang Kamu gunakan. Dengan memilih tinta pigment dari merek yang terpercaya berkualitas, hasil cetakanmu bisa bertahan hingga 100 tahun. Tidak hanya tahan terhadap air, hasil cetakan printer A3 murah yang menggunakan tinta pigment ini juga tidak akan bereaksi pada paparan sinar matahari maupun elemen kimia lain.

 

Akan tetapi, perlu diingat ya, sebagus apapun jenis tinta yang Kamu gunakan tidak akan berpengaruh maksimal jika media cetak ata kertas yang dipilih asal-asalan. Jadi sebainya sinkronkan juga kualitas kertasnya sebelum mencetak dengan printer A3. Jika Kamu mencetak foto, sebaiknya gunakan kertas yang glossy (kertas yang memiliki tektus mengkilap). Engan bgitu, hasil cetakanmu bisa bertahan lebih lama.


Baca Juga: Mau Cetak Album Foto? Kenali Dulu Kualitas Setiap Bahannya

 

Karena sifat pigment yang bertahan sangat lama, tinta ini sangat cocok diimplementasikan untuk kebutuhan cetak dokumen-dokumen penting. Misalnya, ijazah, akta tanah, piagam, foto, dll.

 

Pengaruh Tinta Pigment Terhadap Mesin Printer A3

Dalam artikel sebelumnya, sudah dibahas jika printer A3 merupakan rekomendasi terbaik bagi Kmau yang membutuhkan cetak bergambar.Bai kebutuhan cetak desainer grafis, interior, hingga arsitek dan teksnisi.


Baca Juga: 9 Rekomendasi Printer A3 Murah Kualitas Maksimal untuk cetak bergambar

 

Maka dari itu, penggunaan tinta pingment terhadap printer A3 bisa berpengaruh terhadap perawatannya. PrintQoe.com menyarankan agar Kamu menggunakan printing setiap hari dengan cetakan full colour. Jika jarang digunakan, tinta ini akan lebih cepat mengental sehingga menyumbat printer A3.

 

Masih banyak yang belum sadar akan hal ini, pada akhirnya membuat head prunt jadi lebih rusak. Oleh karena itu, penggunaan printer A3 dengan tinta pigment lebih direkomendasikan bagi perkantoran yang mencetak dokumen atau cetakan berwarna setaip hari atau sebagai alat usaha.

 

Nah, Jika kebutuhan cetak berwarnamu hanya berkala saja alias tidak membutuhkan cetak setiap hari lebih baik menghubungi jasa digital printing terdekat saja. PrintQoe.com sebagai platform jasa cetak online yang bisa menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia ini bisa memenuhi segala keutuhan cetak berwarnamu. Dilengkapi dengan mesin printer A3, kertas, dan tinta pigment dan dye terbaik, hasil cetakanmu akan sangat terjamin kualitasnya.

 


Baca Juga: Tips & Trik Memilih Tempat Print A3 Murah

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu