Breaking

blog single post
Printing

Perbedaan Cetak Offset Dan Digital Printing

Cetak mencetak sudah menjadi aktifitas umum yang dilakukan oleh individu maupun perusahaan. Entah mencetak selebaran, undangan, atau bahkan media promosi seperti spanduk, umbul – umbul, banner maupun signage. Tak jarang, mencetak tulisan di atas kain atau lebih dikenal dengan sablon pun dilakukan.

Offset Vs Digital Printing

Dalam dunia cetak mencetak, dikenal dua kategori layanan. Yang pertama di sebut offset atau layanan pencetakan secara konvenesinal. Sementara yang kedua disebut dengan digital printing yang menggunakan mesin berteknologi tinggi.

Berikut ciri – ciri sekaligus perbedaan dari offset dan digital printing:

  1. Offset menggunakan mesin cetak teknologi sederhana dan dioperasikan secara manual. Baik untuk pencampuran warna maupun presisinya.

Digital printing sesuai namanya memakai sistem digital mulai dari register pencetakan, elaborasi warna, hingga pengaturan presisi.   

  1. Offset tidak dapat melayani pencetakan dalam jumlah sedikit dan waktu pengerjaannya lebih lama karena dikerjakan secara semi manual dengan menggunakan pelat cetakan.

Digital printing dapat melayani pencetakan dalam jumlah sedikit, bahkan satu atau dua lembar saja. Waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan cetakan juga lebih cepat dan dapat ditunggu. Untuk satu jenis cetakan, contohnya spanduk dapat dilakukan dalam waktu dua jam saja.

  1. Offset dengan pelat cetakan konvesional memiliki akurasi yang lebih tinggi dalam pengkombinasian warna maupun register. Tetapi warna pada cetakan terkadang kurang stabil.

Digital printing memiliki konsistensi dalam warna yang dihasilkan, tetapi sedikit kurang dalam presisi sebagai akibat penggunaan mesin otomatis.

  1. Offset hanya dapat melayani pencetakan dalam jumlah banyak atau borongan, sehingga biaya yang perlu dibayarkan lebih mahal.

Digital printing di lain pihak dapat melayani pesanan dalam jumlah satuan, sehingga biaya pencetakan dapat diminimalisir sesuai dengan jumlah yang hendak dicetak.

Jasa Percetakan Digital

Jasa percetakan memberikan layanan pencetakan, terkadang juga dilengkapi dengan jasa desain dan layout. Jasa percetakan saat ini umumnya telah menggunakan teknologi digital sehingga layanannya lebih cepat dan efisien. Selain itu, teknologi digital printing juga dianggap lebih ramah terhadap lingkungan dan lebih hemat dalam biaya operasionalnya. Alhasil, biaya yang harus ditanggung oleh pelanggan untuk jasa pencetakan juga lebih murah.

Penggunaan layanan jasa percetakan oleh pelanggan biasanya didasari oleh alasan berikut:

  1. Pencetakan melalui digital printing hanya dilakukan untuk event – event tertentu dan bukan aktifitas harian. Sehingga pengadaan mesin digital printing dirasa belum diperlukan, terutama oleh perusahaan. Oleh sebab itu, untuk pencetakan digital lebih dipilih untuk dilakukan melalui jasa percetakan.
  2. Pencetakan melalui digital printing lebih hemat waktu dan bahkan dapat diselesaikan dalam hitungan jam.
  3. Pencetakan melalui jasa percetakan dengan digital printing juga hemat dalam biaya. Tidak perlu lagi melakukan pengalokasian dana untuk mesin, tinta, maupun penyesuaian listrik. Biaya yang dibayarkan untuk jasa pencetakan telah mengakomodir seluruh biaya dan dihitung berdasarkan ukuran dan banyak cetakan yang harus diproduksi.
  4. Desain yang ditawarkan oleh jasa percetakan merupakan daya tarik utama bagi pelanggan, terutama dalam proses penyesuaian layout dengan ukuran template atau cetakan.
  5. Kualitas hasil cetakan yang terjamin dan memuaskan. Terlebih hasil cetakan merupakan penentu dari rating dan nilai layanan yang diberikan. Sehingga pemberi jasa akan memperhatikan betul kualitas hasil cetakan untuk mempertahankan sekaligus meningkatkan jumlah pelanggannya.  

Tips Memilih Jasa Percetakan

Untuk memperoleh hasil maksimal, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut ketika memilih jasa percetakan:

  1. Biaya

Biaya yang dibebankan kepada pelanggan didasarkan pada ukuran cetakan, jenis media pencetakan, serta komposisi warna. Biaya lain – lain hanya dibebankan apabila pelanggan menginginkan layanan tambahan seperti desain dan pengaturan layout serta pengantaran hasil cetakan.  

  1. Efisiensi

Efisiensi lebih mengarah pada lokasi perusahaan percetakan. Jasa percetakan sebaiknya dipilih yang memiliki lokasi strategis. Selain lebih mudah dijangkau, juga akan lebih menghemat waktu baik dalam perjalanan ataupun perolehan hasil. Pemilik jasa percetakan juga harus dapat dengan mudah dihubungi apabila sewaktu – waktu ada perubahan dan diperlukan layanan tambahan. Contohnya penambahan jumlah cetak atau perubahan komposisi warna.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu