Breaking

blog single post
Technology

Perbandingan Printer Canon dan Epson untuk Print A3, Bagusan Mana?

Di Indonesia printer menjadi salah satu alat elektronik yang banyak dibutuhkan dalam bekerja terutama dalam dunia perkantoran. Tapi dari beberapa merek printer yang tersedia, hanya ada 2 merek printer yang paling laris dan paling banyak diunggulkan.

Kamu tentu sudah sangat familiar dengan 2 merek terbaik untuk print A3 ini yaitu Canon dan Epson. Tak hanya sekedar keunggulan dari fitur yang disediakan tapi dari segi harga printer Canon dan printer Epson terus bersaing untuk merebut hati para konsumennya.

Sekilas mengenai keunggulan 2 merek print A3 terbaik ini dimana printer Canon sudah sangat berpengalaman dalam menciptakan perangkat mesin penghasil gambar, sementara dari printer Epson terkenal sebagai printer yang mampu menciptakan mesin printer berbagi jenis tak hanya printer, tapi juga ada scanner dan fotokopi.

Nah terkait akan hal ini membuat para konsumen bingung mau pilih yang mana. Nah untuk itu, untuk membantu menyelesaikan permasalahan kebingungan Kamu tentang perbandingan printer Canon dan printer Epson, bagusan mana?


Kelebihan dan Kelemahan Printer Canon

Keunggulan Printer Canon

Dari segi harga printer Canon memang sangat bisa diunggulkan, dimana harga printer Canon relatif lebih murah dibandingkan kompetitornya sekalipun spesifikasi printer nya sama. Sehingga bagi Kamu yang membutuhkan printer namun hanya memiliki budget yang terbatas maka pilihan printer Canon harga murah ini pilihan yang terbaik.
 
Selain harga nya yang murah, keunggulan lain yang membuat printer Canon banyak menjadi pilihan sebagai printer terbaik untuk print A3 murah. Yaitu dari segi kualitasnya, dimana printer Canon ini mampu mencetak dengan lebih cepat. Seperti contoh, seri printer Canon IP22770 yang memiliki kemampuan Print Speed Black : 7.0 ppm dan Print Speed Colour : 4.8 ppm.

Untuk itu printer Canon ini cocok menjadi pilihan printer perkantoran mengingat banyak pekerjaan di kantor yang membutuhkan printer yang mampu mencetak dokumen dengan cepat. Hal ini menjadi printer Canon lebih unggul dibandingkan printer Epson. Meski cepat tapi hasil cetakannya kualitas sangat bagus terutama ketika menggunakan tinta original.

Komponen printer Canon yang diklaim lebih awet, mungkin karena jarang ditemui kasus kerusakan Rollpaper, mainboard dan komponen lain pada printer Canon.

 

Kelemahan Printer Canon

Dari segi cetak berwarna, printer Canon diakui lebih unggul dari printer Epson. Sehingga printer Canon kurang cocok digunakan untuk mencetak foto. Meskipun komponen dalam printer Canon diklaim lebih awet tapi banyak pengguna yang mengklaim bahwa head Canon kurang awet.

Saat ini printer Canon mulai dirubah menjadi printer sistem infus. Namun, sayangnya banyak terjadi permasalahan terutama masalah selang sistem infus yang mengganggu jalannya catridge unit. Sehingga jika cartridge rusak, harga catridge Canon cukup mahal.

 

Kelebihan dan Kelemahan Printer Epson

Keunggulan Printer Epson

Jika cetak warna atau cetak foto menjadi kelemahan printer Canon, justru hal ini menjadi salah satu keunggulan dari printer Epson. Dimana hasil warna dihasilkan oleh printer Epson lebih natural, tajam, cerah sehingga cocok sekali digunakan untuk mencetak foto dan print A3 murah. Tak heran jika printer Epson banyak dipakai oleh fotografer, studio foto atau usaha percetakan. Karena kualitas cetak warna sangat bagus.

Tak kalah dari printer Canon, Printer Epson diklaim memiliki head cartridge yang lebih awet. Dimana printer Epson menggunakan micropiezo. Yang mana head jenis ini hanya digunakan oleh produk printer Epson saja.

Micropiezo adalah head yang diunggulkan mampu menghasilkan hasil cetakan lebih berwarna natural, lebih tajam, bebas noise/grain, dan transisi tone yang lebih halus.

 

Kelemahan Printer Epson

Sayangnya dari segi kecepatan cetak per ppm, perbandingan printer Epson dengan Canon yaitu mencapai 1:3. Melihat dari kualitas hasil cetak dari Printer Epson ternyata berimbas membuat tintanya menjadi boros.

Harga jual printer Epson cukup mahal dibandingkan Canon meskipun spesifikasi keduanya hampir sama. Pada saat proses cleaning, pengguna harus membuat pembuangan tinta hasil limbah supaya tidak membuat printer menjadi eror. Meski hasil cetak warna printer Epson diunggulkan, namun dari cetakan hitam putih dirasa kurang bagus.

 

Kesimpulan

Jadi printer Canon dan printer Epson, bagus mana? Dari hasil ulasan diatas, kita bisa ambil kesimpuan, bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing sebagai pilihan cetak dokumen, print A3 murah, foto, dan lainnya. Sehingga jika disuruh menentukan bagus mana, itu tergantung dari para penggunanya, mau digunakan untuk kebutuhan apa. 

Seperti contoh, jika untuk perkantoran maka pilihannya adalah printer Canon, tapi jika untuk studio foto kebutuhan cetak foto maka pilihannya adalah printer Epson. Nah, solusi lain untuk memenuhi kebutuhan kantor, jika printer di kantormu mengalami gangguan sekarang dapat memanfaatkan jasa cetak online yang memberikan kemudahan dan kecepatan, hasil yang berkualitas dan harga yang masih terjangkau yang dapat dipesan lewat aplikasi yang bernama PrinterQoe.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu