Breaking

blog single post
Technology

Pengertian Mesin Plotter, Fungsi dan Kelebihannya dalam Digital Printing

Perkembangan teknologi yang berkembang dengan cepat, memaksa kita untuk lebih up-to-date sama perkembangan produk produk teknologi yang bermunculan. Salah satu teknologi yang ikut berkembang adalah teknologi printing. Sekarang banyak sekali digital printing terdekat terutama di Jabodetabek yang dapat memudahkan kamu dalam memenuhi kebutuhan cetak mencetak dokumen atau pun kebutuhan lainnya.

 

Teknik digital printing di Jabodetabek ini sendiri adalah teknik yang dapat membuat kamu mencetak langsung dari gambar dan text berbasis digital, dari file kemudian kamu bisa langsung mencetak nya dengan berbagai media dengan cara yang instan dan cepat. Salah satu keunggulan dari sebuah digital printing yang banyak digunakan di Jabodetabek adalah, produk produk mesin teknologi yang ditawarkan nya. 

 

Kemajuan teknologi dalam dunia printing membuat muncul nya inovasi mesin cetak yang semakin canggih dan pastinya dapat memenuhi kebutuhan kamu. Salah satu mesin yang memenuhi kebutuhan kamu adalah mesin yang dikenal dengan sebutan Plotter. Mesin Plotter adalah mesin cetak grafis yang memberikan output atau hasil cetakan berukuran besar.

 

Baca Juga: Rekomendasi Printer Murah Terbaik untuk di Rumah
 

Plotter banyak digunakan untuk mencetak desain-desain seperti Arsitektur dan Engineering di atas media menggunakan pena. Mesin plotter ini berbeda dengan printer A4 biasa dan memiliki ukuran lebih besar. Fungsi dari mesin plotter tidak jauh beda dengan printer namun memiliki perbedaan yaitu pada ukuran dalam mencetak gambar. Plotter sering difungsikan untuk membuat peta, gambar arsitektur ataupun ilustri 3D yang memiliki ukuran besar dengan kualitas yang tinggi. Bahan yang digunakan untuk mencetak grafis pada plotter adalah kertas, vinyl, karet, gabus, kulit, dan lainnya.

 

Berikut adalah jenis-jenis mesin plotter.

 

1. Plotter Pena

Plotter pena bekerja dengan satu pena atau beberapa pena dengan berwarna-warna untuk menggambar pada media atau bahan. Pada jenis ini, pena tidak menghasilkan input titik-titik, namun berupa garis yang berkesinambungan.

 

2. Plotter Elektrostatis

Plotter Elektrostatis bekerja dengan menciptakan muatan listrik pada kertas, lalu muatan itu menarik tinta pada kertas untuk proses cetak. Pada jenis ini, kualitas gambar lebih rendah  daripada plotter pena, namun dapat bekerja lebih cepat dan harganya pun lebih ekonomis.

 

3. Plotter Thermal

Plotter Thermal menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis. Lalu pin dilewatkan pada jenis bahan yang peka terhadap panas untuk membentuk gambar. Pada jenis ini dapat digunakan untuk cetak kertas dan film.

 

4. Plotter Cutting

Plotter cutting ini menggunakan pisau khusus untuk meng cutting atau memotong suatu bahan dengan sebuah pola. Pola dapat berupa tanda, logo, atau desain lainnya yang diperlukan. Pola ini dibuat dengan komputer, lalu dimasukkan ke mesin dan kemudian pisau berjalan sesuai perintah atau pola yang dikirim ini.

 

Baca Juga: Tips dan Trik memilih Pinter A3 Murah
 

5. Printer Large Format

Printer Large Format ini digunakan untuk pengaplikasian yang sama dengan plotter konvensional. Namun printer ini datang dengan teknologi canggih menggunakan untuk pencetakan komersial. Printer large format ini sebagian besar digunakan untuk mencetak pada banner dan poster. Pastinya, mesin plotter ini memiliki kelebihan yang lebih unggul dari mesin-mesin lainnnya., Berikut adalah kelebihan dari mesin plotter.

  1. Mesin plotter dapat mencetak bahan yang memiliki ukuran besar
  2. Printhead lebih rapat dan teratur sehingga dapat menghasilkan arsiran cetakan lebih rapat dan tidak pecah
  3. Ketika proses mencetak, plotter bekerja garis demi garis, sehingga cetakan lebih bagus dan tidak blur. Namun tentu file gambar yang dicetak juga harus beresolusi bagus
  4. Dapat melakukan cutting bahan sesuai pola vektor yang dibuat dengan program komputer.

 

Untuk merasakan fungsi dan kelebihan dari mesin plotter ini kamu harus mencoba layanan digital printing Jabodetabek yang memiliki mesin ini, karena tidak semua layanan digital printing terdekat memiliki mesin ini, karena bisa dibilang mesin ini memiliki kualitas teknologi yang canggih. Salah satu layanan digital printing Jabodetabek yang memiliki mesin plotter ini adalah PrinterQoe.com.

 

Di sini kamu bisa mendapatkan layanan printing apapaun yang kamu menggunakan mesin cetak digital terlengkap dengan kualitas terbaik. PrinterQoe.com juga memberikan kemudahan kamu dengan pelayanan secara online, sehingga kamu bisa menghemat waktu tanpa harus bergerak dari kantor kamu. Dengan mengakses PrinterQoe.com, Kamu bisa menemukan digital printing terdekat dan memesan cetakan secara online 
 

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu