Breaking

blog single post
Printing

Offset vs Digital Printing : Kelebihan dan Kekurangan

Dalam dunia percetakan ada banyak jenis mesin percetakan yang bisa ditemukan. Namun pada dasarnya, sistem percetakan ada 2 jenis yaitu offset printing dan juga digital printing. Untuk Anda yang mempelajari dengan seksama mengenai kedua jenis printing ini tentunya sudah mengerti kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Tapi untuk Anda yang belum, maka kami sajikan informasi untuk menambah pengetahuan Anda mengenai perbedaan antara 2 sistem printing ini.


Offset printing

Offset Printing merupakan salah satu sistem printing yang dikenal sebagai sistem printing tradisional. Sistem printing ini digunakan pada sekitar abad ke 19 sehingga memang sudah sangat kuno. Meski begitu, jenis sistem percetakan ini masih sering kali diminati dan digunakan terutama untuk mencetak dalam skala besar seperti percetakan majalah dan juga koran. Sayangnya jenis mesin pencetak majalah dan juga koran saat ini sudah tidak banyak digunakan karena sudah banyak orang yang beralih menggunakan media digital.


Meskipun Offset Printing merupakan sistem printing tradisional, akan tetapi sistem ini juga mengalami evolusi. Saat ini mesin Offset Printing dengan perangkat modern sudah menggunakan sistem metal plate untuk mentransfer image dengan warna. Gambar dari metal plate ditransfer pada karet dan juga roller yang kemudian akan menyampaikan gambar final pada materi atau media seperti kertas.


Karena teknologi ini, Offset Printing sering juga dikenal sebagai offset lithography. Hal ini disebabkan karena sistem percetakan ini menggunakan minyak dan juga air untuk membedakan percetakan gambar dengan teks.


Kelebihan yang dimiliki oleh sistem percetakan ini adalah sangat cocok digunakan untuk mencetak dengan skala besar yang membutuhkan konsistensi dalam pencetakannya. Lalu untuk kekurangannya mesin sangat kompleks sehingga sangat sulit untuk melakukan set up. Selain itu, jika ada kesalahan maka akan sulit untuk diperbaiki. Kekurangan lainnya adalah penggunaan bahan-bahan kimia dalam proses pencetakan akan menyebabkan masalah lingkungan di sekitar perusahaan percetakan tersebut.


Digital Printing

Jika Offset printing merupakan sistem pencetakan dengan cara kuno, maka Digital Printing merupakan sistem pencetakan modern yang menggunakan teknologi tinggi yang terus berkembang. Seperti laser dan juga inkjet printing sudah termasuk dalam Digital Printing.


Untuk kekurangan dan kelebihan dari sistem Digital Printing ini tentu lebih baik dibandingkan dari sistem percetakan kuno yaitu offset printing. Meski begitu, untuk kondisi yang membutuhkan pencetakan dalam jumlah besar dan membutuhkan konsistensi, pencetakan dengan sistem Digital Printing tentu masih kalah dengan sistem pencetakan dari Offset printing. Selain kemampuan pencetakannya, Digital Printing ini tentu memiliki lebih banyak kelebihan. Apa saja?

  1. Dibandingkan dengan sistem percetakan kuno yaitu offset printing, sistem Digital Printing ini memiliki sistem yang lebih mudah untuk dipelajari, lebih mudah disetting dan tentunya akan memakan waktu dan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan sistem pencetakan tradisional.

  2. Sistem Digital Printing inijuga memberikan kemungkinan bagi Anda untuk melakukan pencetakan dalam skala kecil karena biaya untuk membuat copy sebanyak 500 lembar sama dengan membuat copy sebanyak 1 lembar untuk harga masing-masing lembarnya. Hal inilah yang menyebabkan percetakan Digital Printing memiliki biaya yang lebih murah bagi konsumen.

  3. Sistem edit sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan perubahan desain di menit-menit terakhir juga bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena sistem digital memungkinkan perubahan dengan cara yang sangat cepat. Tidak seperti sistem percetakan tradisional yang dilakukan dengan  menggunakan plat metal sehingga perubahan akan sulit dan memakan waktu yang lama untuk dilakukan.

  4. Dapat mencetak banyak jenis atau printing. Anda bahkan bisa mencetak kode secara custom dengan mudah menggunakan sistem Digital Printing ini. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi Anda.


Dilihat dari efisiensi yang dimiliki, sistem Digital Printing tentu memiliki banyak keuntungan, mudah dan efektif dari sisi pembiayaan, dan dapat digunakan untuk mencetak dengan biaya yang kecil bahkan bisa mencetak satuan. Sayangnya jika Anda mencetak dalam skala besar dengan menggunakan sistem Digital Printing tentu harganya akan sama saja dengan mencetak satuan. Oleh karena itu jika percetakan dilakukan dengan skala besar, tradisional printing tetap menjadi juara.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu