Breaking

blog single post
Printing

Mengelola Layanan Printing

Mengelola layanan printing sangatlah penting untuk membuat bisnis printing Anda berjalan dengan lancar dan sukses. Beberapa hal menjadi bahan pertimbangan agar printer awet digunakan untuk kebutuhan usaha Anda.

1. Biaya untuk perawatan

Saat sedang tidak ada masalah ataupun terdapat masalah terkait printer, Anda dapat menghubungi penyedia layanan pengelolaan ataupun perbaikan yang sesuai dengan merek printer. Dengan dukungan teknis, selain dapat dihubungi melalui ponsel, layanan perbaikan akan membantu Anda dengan mengirim teknisi.

2. Gunakan tinta air

Untuk kebutuhan usaha print dokumen, gunakan tinta jenis dye base. Tinta ini berbahan dasar air, sehingga tidak akan cepat kering dan terkenal lebih awet.

3. Matikan printer jika tidak digunakan

Saat printer tidak digunakan, Anda bisa mematikannya, serta mencabut colokan printer dari stop kontak. Hal ini menjaga printer agar tidak kena mainboardnya.

4. Jangan mengisi tinta saat benar-benar sudah habis

Anda harus memastikan untuk mengisi tinta jika sisanya sudah 1/4 tabung. Jangan sampai mengisi tinta hingga benar-benar habis karena hal tersebut bisa mengakibatkan head print bermasalah karena tidak ada tinta yang keluar.

5. Lakukan Head Cleaning

Setiap printer pasti memiliki aturan maintenance untuk membersihkan head print atau head cleaning. Cobalah untuk melakukan pembersihkan head jika ada tinta yang tidak keluar. Proses ini secara sederhana akan membersihkan dan menguras bekas tinta yang menempel di head print dari cetakan sebelumnya sehingga tidak lagi terjadi kemacetan.

6. Bersihkan dari debu kotoran

Anda sekali-kali bisa membersihkan fisik printer dari debu yang menempel. Debu-debu yang menempel jika tidak dibersihkan akan berakibat fatal, apalagi jika sampai masuk ke dalam komponen bisa mengakibatkan korosi dan lain-lain.

7. Gunakan kertas ngeprint yang sesuai

Tiap printer memiliki kemampuan untuk digunakan di kertas yang sesuai. Jangan pernah memaksa untuk menggunakan kertas jenis lain yang sebenarnya tidak bisa digunakan di printer milik Anda. Karena bisa mengakibatkan rusaknya printer dibagian roller dan penarik kertas.

8. Jangan dipaksa beroperasi berlama-lama

Bagi Anda pemilik usaha pengetikan dan printing, biasanya printer akan hidup dan digunakan berjam-jam. Anda harus  mdulemummu mengelola u beberapa saat, lalu bisa digunakan kembali.

9. Letakkan botol infus sejajar dengan printer

Saat menggunakan sistem infus, pastikan letak botol infus sejajar dengan printer. Jangan menaruh lebih tinggi atau lebih rendah dari printer. Karena itu akan mempengaruhi sirkulasi tinta untuk masuk ke dalam printer.


Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Semoga bisa bermanfaat dan membuat printer Anda awet bertahun-tahun.



Baca Juga : Buka Usaha Percetakan? Ini 5 Rekomendasi Printer A3 Terbaik

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu