Breaking

blog single post
Industry

Mengapa Kantor Anda butuh Jasa Percetakan

Jasa percetakan akan banyak membantu operasional kantor atau perusahaan. Orang boleh berpendapat bahwa sekarang ini adalah era digital. Di mana ada klaim bahwa sudah saatnya meninggalkan era cetak yang dianggap semakin ketinggalan jaman. Apa benar demikian? Fakta di masyarakat membuktikan bahwa teknik cetakan justru mampu beradaptasi secara cepat dan cepat bersamaan kemajuan teknologi informasi.


Mesin Cetak sebagai Infrastruktur Kantor

Biasanya tiap kantor dengan skala tertentu sudah menyiapkan mesin cetak sendiri. Mesin ini merupakan bagian dari infrastruktur untuk operasional harian. Tidak semua kantor memang punya mesin cetak sendiri, tetapi dengan adanya kebijakan untuk penekanan biaya operasional, pengadaan mesin ini semakin penting.


Mesin cetak untuk kantor difungsikan untuk operasional harian yang sederhana. Misalnya mencetak kop surat, mencetak undangan rapat atau pertemuan, dan menyalin dokumen. Kegunaan mendasar dari mesin ini tak dapat disandingkan dengan mesin yang dipakai oleh jasa-jasa cetak profesional. Walaupun sebuah kantor atau perusahaan mampu menyediakan unit mesin cetak yang sebanding, namun masih harus ditunjang oleh sumber daya manusia yang profesional. Belum lagi harus menyediakan tenaga desain yang tak hanya dituntut bekerja cepat tapi juga kreatif. Singkatnya, mesin cetak untuk infrastruktur kantor ini lebih menekankan pada kerja-kerja desain yang sederhana atau sudah ada templatenya.


Sedangkan untuk kebutuhan cetakan yang kompleks dan berjumlah besar, kantor atau perusahaan terkait membutuhkan bantuan dari jasa cetak profesional. Teknik cetakannya dapat dilakukan dengan metode offset konvensional atau digital printing.


Jasa Cetak untuk Kebutuhan Kantor

Jasa cetak offset atau digital printing melayani banyak kebutuhan operasional kantor, khususnya yang terkait dengan interaksi ke publik. Misalnya untuk produksi percetakan poster, pamflet, flyer, banner, stiker, kartu nama, kaos, dan lain sebagainya. Semua contoh yang disebutkan barusan tidak mungkin jika tidak dicetak. Butuh wujud fisik yang selain bisa dilihat juga dapat dipegang atau difungsikan sebagaimana mestinya. Kegunaan itulah yang mustahil diwujudkan jika hanya mengandalkan desain digital yang cuma bisa diakses dalam bentuk soft file.


Promosi Perusahaan

Kantor atau perusahaan yang bergerak di bidang bisnis membutuhkan praktik promosi yang optimal. Di era keterbukaan informasi yang memungkinkan akses tak terbatas dari masyarakat, sarana yang paling kelihatan adalah dunia maya. Online marketing atau pemasaran via online seolah mengabarkan kepada kita bahwa bukan jamannya lagi mengandalkan transaksi bisnis secara konvensional, apalagi jalur promosi. Praktik promosi dan marketing online tentu saja mutlak. Tidak dapat dikesampingkan dan bahkan sudah nyaris menjadi sarana utama dari kebanyakan bidang bisnis dewasa ini. Namun promosi yang baik adalah praktik yang dapat dikerjakan di segala lini. Karena target bisnis yang sedang Anda bidik tak akan pernah terbatasi oleh sekat-sekat di menu smartphone atau layar PC.


Kita lihat contoh ketika kantor atau perusahaan akan mengadakan pameran atau expo. Bagaimana mungkin Anda menyelenggarakan acara yang bertujuan promosi itu tanpa menyediakan beragam media yang bisa diakses oleh para pengunjung. Pertama dan yang paling kentara ialah poster publikasi. Poster dalam wujud fisik tetap menjadi sarana yang ampuh untuk menjaring ketertarikan masyarakat. Sepersekian detik mata manusia yang menangkap visual poster jika ada yang dianggap menarik atau istimewa akan melekat dan menciptakan stimulus untuk melihatnya. Kalau konten atau pesan yang disampaikan di dalam poster itu akhirnya dianggap menarik, orang yang melihatnya akan jadi target promosi yang potensial.


Mendekatkan ke Masyarakat

Peran media promosi dalam bentuk cetak juga sekaligus mendekatkan ke masyarakat sebagai target pasar. Bisa dilihat dari semua rincian produk yang ditawarkan. Baik dari kemasan, bungkus, hingga desain dari sebuah produk merupakan elemen-elemen yang telah melalui proses cetak. Sebagus apapun desain grafis atau ilustrasi dari produk jika tidak dicetak tak mungkin dapat dinikmati fisiknya. Peran itulah yang sangat vital karena mampu mendekatkan masyarakat dengan produk yang mereka minati tanpa berjarak.


Jadi, sudah sangat jelas bahwa mengapa kantor atau perusahaan Anda akan selalu membutuhkan jasa percetakan. Tinggal mencari mana yang paling bagus dari segi kualitas dan sesuai dengan visi dan misi bisnis Anda.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu