Breaking

blog single post
Profesionalisme

Mau Dapat Panggilan Kerja? Ini yang Harus Anda Tulis di Resume

Ketika membuat profil karier di aplikasi pencarian kerja atau bahkan saat menulis resume, kesempatan yang Anda punya adalah meluangkan lebih banyak waktu untuk menulis tentang keterampilan dan pengalaman kerja Anda. Hal ini penting, karena keterampilan dan latar belakang pekerjaan Anda akan menjadi pertimbangan bagi perekrut memutuskan memanggil untuk wawancara sampai dengan merekrut Anda menjadi karyawannya. Namun ada satu hal yang tidak boleh Anda abaikan dari sebuah deskripsi pengalaman kerja. Deskripsi pengalaman kerja lebih berharga dan berperan sangat penting dalam proses perekrutan. Untuk lamaran online, jangan pernah Anda abaikan kolom pengalaman kerja.

Saat menulis resume, deskripsikan pekerjaan apa saja yang sudah pernah Anda jalankan. Tuliskan meski singkat namun dapat dijabarkan dengan baik. Jelaskan setiap detail pengalaman kerja yang relevan dengan yang pekerjaan yang Anda lamar. Tuliskan pengalaman kerja Anda secara jelas, ringkas dan deskriptif. Buatlah deskripsi yang membuat perekrut memahami tanggung jawab pekerjaan Anda, keterampilan kerja, kelebihan dan apa saja yang sudah Anda berikan dan capai selama ini.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membuat deskripsi pengalaman kerja yang singkat namun informatif:

1. Anda dapat memulainya dengan menyebutkan nama pekerjaan, nama perusahaan, lokasi dan lama waktu kerja Anda. Buatlah daftar pengalaman kerja dimulai dari pengalaman yang paling baru.

2. Jelaskan tanggung jawab kerja Anda dengan pernyataan singkat. Gunakan juga kata-kata yang menguatkan seperti “mengatur”, “mengembangkan”, “menyusun”, dan “mengatasi”. Anda dapat berfokus pada keterampilan dan kelebihan dari bidang yang Anda tekuni.  

3. To the point namun tetap gunakan katakata yang bervariasi agar deskripsi pengalaman kerja yang Anda tuliskan tidak terlihat sama.

4. Hitunglah setiap prestasi dan tanggung jawab Anda. Gunakanlah angka, jumlah, nilai dan persentase seperti misalnya “meningkatkan penjualan bulanan menjadi 50% …”, "mengawasi sebuah tim yang berisi 10 desainer…”, dll.

5. Anda harus membatasi deskripsi pengalaman kerja tiga atau empat point penting. Untuk memudahkan, Anda dapat membuat deskripsi dalam bentuk paragraf atau dalam bentuk poin.

Itulah tadi beberapa hal penting yang bisa Anda terapkan untuk membuat resume yang dilirik oleh HRD.


Baca juga: Hal yang Harus Dihindari Agar Lamaran Kerja Lolos

 

Untuk Anda yang ingin mencetak resume atau surat lamaran kerja, CV maupun dokumen ukuran A4 dan A3 dengan berbagai pilihan fasilitas tambahan seperti penjilidan, laminating, hard cover, dan sebagainya, Anda bisa menggunakan layanan print online PrinterQoe. Di Aplikasi PrinterQoe, Anda dapat lebih mudah mencari lokasi printer terdekat, lalu mengupload data yang ingin dicetak ke dalam Aplikasi PrinterQoe. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran serta mengambil langsung dokumen ke tukang fotokopi. PrinterQoe juga memberikan harga cetak dokumen yang terjangkau kantong mahasiswa maupun pekerja, dengan hasil yang berkualitas. Kini tak hanya dapat diakses melalui website, PrinterQoe juga bisa diakses melalui handphone dengan cara download di Google Play dan App Store.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu