Breaking

blog single post
Profesionalisme

Manfaat Mahasiswa Ikut Job Fair

Job fair adalah kesempatan mencari pekerja dan mendapatkan pekerjaan bagi pencari kerja dan pengusaha. Disini perusahaan yang biasanya diwakili oleh HRD bertemu, menginformasikan dan mewawancarai ratusan pelamar potensial. Sementara untuk pencari kerja, ini adalah cara  mendapatkan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, berbicara tentang keterampilan yang dimiliki dan menjalin koneksi. Jika Anda berencana ke event job fair, ingatlah bahwa Anda akan berbicara dengan banyak orang, dan penampilan Anda akan menjadi perhatian bagi para perekrut. Bagi mahasiswa tingkat akhir, Anda juga bisa ikut datang ke acara job fair untuk mengetahui seperti apa gambaran mencari pekerjaan di sebuah event pencarian kerja. Banyak manfaat bisa dipetik dari acara ini, apa saja? Berikut ulasannya:


Jaringan

Mengikuti job fair berarti memiliki peluang jaringan yang sangat baik karena acar ini dipenuhi oleh kontak potensial yang sudah bekerja di bidang pilihan Anda, serta orang-orang yang ingin sukses seperti Anda. Job fair memberi Anda peluang untuk menjalin hubungan dengan calon perusahaan, mentor, dan rekan kerja. Jangan lupa untuk membawa banyak surat lamaran dan cv, atau kartu nama untuk menyampaikan informasi kontak Anda. Bersiap juga untuk berbicara tentang diri Anda. Jangan ragu untuk mendiskusikan bakat, keterampilan, pengalaman, dan pendidikan Anda.


Praktek Wawancara

Proses setelah mengikuti job fair biasanya memakan waktu satu bulan. Hal ini memberi Anda cukup waktu untuk persiapkan diri, agar saat dipanggil wawancara, Anda bisa mengesankan calon pemberi kerja. Anda akan mendapatkan banyak peluang dengan latihan atau praktek wawancara kerja seperti memperkuat jabat tangan, bagaimana melakukan kontak mata, dan berbicara tentang diri Anda. Anda juga akan berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan spontan secara cerdas. Catat pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan, dan berlatihlah untuk bisa memberikan jawaban yang semakin hari lebih baik lagi. Seringkali, wawancara singkat oleh HRD di job fair adalah sebagai bentuk untuk menginformasikan kepada Anda tentang rincian perusahaan, dan melihat kemampuan Anda untuk melakukan percakapan profesional. Melakukan hal ini akan membantu Anda menjadi pendengar yang lebih baik dan lebih fokus. Jika Anda sudah mengetahui daftar apa saja perusahaan yang akan hadir, taka da salahnya Anda melakukan sedikit riset tentang setiap perusahaan yang ikut dalam event job fair.


Lowongan Pekerjaan

Perwakilan perusahaan yang ikut serta di acara job fair kemungkinan akan memberi tahu Anda tentang lowongan pekerjaan dan proses perekrutan di perusahaan mereka. Bersiaplah dengan setidaknya soft copy, selusin hasil cetak atau fotokopi berkas dan dokumen seperti surat lamaran, curriculum vitae, ijazah, serta transkrip nilai.


Informasi Perusahaan

Acara job fair menawarkan kesempatan untuk mempelajari informasi umum tentang perusahaan yang Anda pilih. Jangan lupa membawa folder untuk menyimpan pamflet dan selebaran yang memuat informasi standar, persyaratan, sertifikasi, dan hal lainnya terkait perekrutan.  Satu lagi, jangan lupa untuk membawa agenda dan alat tulis sehingga Anda dapat menuliskan catatan penting bila diperlukan.



Baca Juga : Trik Sukses Ikut job fair

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu