Breaking

blog single post
Profesionalisme

Lakukan 5 Hal Ini Saat Presentasi

Anda pekerja ataupun mahasiswa yang sedang deg-degan dengan kegiatan presentasi di minggu ini ataupun minggu depan? Anda harus membaca artikel ini, karena saat Anda melakukan presentasi di hadapan mahasiswa lain, rekan bisnis ataupun rekan kerja, pastikan Anda melakukan empat hal ini agar mereka melihat Anda sebagai pembawa materi yang berwibawa dan dapat dipercaya.

Bahasa tubuh yang baik

Anda harus bergerak secara alami. Meski begitu, Anda juga harus melatih gerakan agar terkontrol dan tidak terlihat canggung dan kaku.

Gaya bahasa yang sesuai

Pada saat presentasi, Anda harus memperhatikan gaya bahasa, intonasi, tempo, tinggi rendah suara, juga penekanan kata. Hal tersebut cukup penting dalam penjelasan materi, karena dapat memudahkan mahasiswa lain, rekan kerja ataupun rekan bisnis Anda memahami materi yang dibawakan.

Jangan membaca slide presentasi

Jangan membiasakan diri terpaku pada teks di dalam slide presentasi , dan menyampaikan apa yang sudah tertulis di dalam slide presentasi dan orang-orang yang menyimak presentasi sudah membaca apa yang akan djelaskan. Tanpa ada informasi tambahan secara verbal, metode presentasi seperti ini akan membuat orang bosan. Sebagai pembawa presentasi, jangan sampai terpaku dengan slide dan bacaan. Anda harus menciptakan interaksi seperti pertanyaan atau hal lain yang bisa membangkitkan suasana agar tidak jenuh.

Berpenampilan menarik

Bahasa tubuh sangat penting dalam penyampaian presentasi, karena akan membangun koneksi antara pembawa materi dengan orang-orang yang menyimak presentasi. Kenakanlah pakaian yang tidak menyulitkan Anda untuk bergerak. Anda harus menghindari pakaian yang terlalu ketat dan sepatu yang kurang nyaman. Meskipun mengenakan pakaian yang menarik penting, namun pertimbangkan juga kenyamanan dan kemudahan untuk bergerak saat Anda presentasi.

Memiliki karakter

Berkarakter bukanlah tentang mengenakan kostum atau tindakan. Sebaliknya, ini tentang cara Anda membawa diri, dan bagaimana Anda bergerak saat Anda berbicara. Jangan merasa diri paling pintar. Tunjukkan melalui ekspresi wajah Anda, dan berikan yang terbaik. Lakukan semua hal ini bersama-sama, dan Anda akan memiliki presentasi yang menarik, tulus, berkarakter dan cerdas secara emosional.



Baca Juga : 7 Aplikasi Presentasi Keren Tandingan PowerPoint

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu