Breaking

blog single post
Profesionalisme

Kualitas Individu yang Lebih Unggul dari Kepandaian

Disadari maupun tidak, kualitas seorang individu bukan hanya dilihat dari nilai yang bagus atau dilihat dari kepandaiannya. Banyak kasus terjadi bahwa orang pintar justru menggunakan ilmunya untuk membodohi orang demi ketamakan pribadi. Justru seseorang bisa dikatakan berkualitas bila ia memiliki elemen mendasar yang dibutuhkan dalam berinteraksi dengan sesama manusia.


  • Simpati sekaligus empati terhadap orang lain

Mampu memosisikan diri sendiri ke dalam situasi yang sedang dialami oleh orang lain hingga ikut larut di dalam situasi tersebut.


  • Menjadi mendengar tanpa menggurui

Mendengar lebih sulit kadarnya dibandingkan dengan bicara. Contoh mudahnya adalah bila seorang kawan bercerita mengenai situasi yang sedang dialami, biasanya Anda otomatis langsung memberi saran. Padahal yang ia butuhkan hanyalah didengar.


  • Bisa diandalkan dan dipercaya

Seorang yang bisa diandalkan cocok diberi kepercayaan sebagai pemimpin project maupun pemimin dalam tim. Keuntungan menjadi pemimpin adalah ia tidak harus pintar namun yang terpenting bisa diandalkan untuk mendelegasikan tanggung jawab ke orang-orang yang tepat.


  • Memiliki karisma dan wibawa

Karisma dan wibawa merupakan anugerah yang tidak sembarang orang punya, sekalipun ia menyandang status sebagai atasan. Banyak atasan ditakuti, tapi se0elintir yang memang memiliki karisma bawaan sejak lahir. It is god given.



  • Pandai menentukan prioritas dan tertib jadwal

Memilah dan memilih mana pekerjaan yang harus didahulukan bisa menjadi hal yang sulit bagi sebagian orang. Bila kualitas ini dimiliki oleh seorang pemimpin dalam tim, didukung dengan pemenuhan timeline yang terukur maka pekerjaan akan berjalan lancar.


  • Memiliki pandangan ke depan serta kemampuan mengantisipasi

Kualitas seperti ini dalam diri seseorang akan membantunya dalam mengantisipasi seberapa besar upaya yang dibutuhkan dalam menyelesaikan sebuah project serta apa-apa saja yang sekiranya bisa muncul seiring dengan berjalannya sebuah project. Ia juga memiliki tidak pelit untuk memberi kepercayaan kepada timnya agar bisa lebih berkembang.


BACA JUGA: Profesionalisme Bisa Dilihat Dari Cara Menulis dan Mengirim Email

Sumber : http://www.mpssoft.co.id/blog/hrd/5-keahlian-yang-harus-dipertimbangkan-daripada-pendidikan/

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu