Breaking

blog single post
Lifestyle

Kesalahan Fresh Graduate Saat Melamar Kerja

Di masa sekarang mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi para fresh graduate. Sebenarnya peluang kerja untuk para fresh graduate cukup terbuka lebar karena setiap perusahaan masih membutuhkan karyawan-karyawan yang baru lulus kuliah. Sayangnya tidak sedikit fresh graduate mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan karena kesalahan kecil yang tidak disadarinya. Memang apa saja kesalahan sepele namun sering dilakukan oleh para fresh graduate saat melamar pekerjaan? Berikut pembahasannya:

  • Calon karyawan tidak bisa dihubungi

Kesalahan pertama yang cukup sering dilakukan oleh fresh graduate adalah sulit dihubungi oleh perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan karena lupa memperbarui nomor telepon yang aktif. Nah, belajar dari hal ini, setiap kalian mau mengirimkan lamaran kerja, pastikan sudah mencantumkan nomor telepon yang aktif.

  • Mengirim lamaran kerja tanpa memperkenalkan diri

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan oleh para fresh graduate adalah mengirimkan email lamaran tanpa perkenalan dan informasi sama sekali. Tidak sedikit pelamar kerja hanya mengirimkan CV tanpa memberikan informasi di dalam email tersebut. Hal ini tentu saja membuat perekrut bingung apakah memproses lamaran kerja tersebut atau tidak karena email dianggap tidak jelas.  Maka dari itu, sebaiknya di dalam body email terdapat kalimat pengantar dan tujuan untuk apa email tersebut dikirimkan.

  • Melamar pekerjaan yang  tidak sesuai kualifikasi

Demi mendapatkan pekerjaan, para fresh graduate terkadang melamar pekerjaan tanpa melihat kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Tentunya setiap perusahaan membuat lowongan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut. Hal ini demi kesuksesan bisnis sebuah perusahaan. Jadi kalian para fresh graduate, usahakan melamar pekerjaan di posisi yang sesuai dengan background pendidikan dan pengalaman yang kalian miliki. Tentu saja kalian masih bisa memiliki peluang untuk bekerja di luar background pendidikan dan pengalaman, apabila lowongan kerja tersebut terbuka untuk berbagai jurusan dan tidak mematok kualifikasi secara khusus.

Baca juga: Ini Dia Tips Menulis Resume Untuk Fresh Graduate

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika melamar pekerjaan. Hal-hal tersebut mungkin kecil namun berdampak besar untuk masa depan kalian. Semoga sukses. 

 

Untuk kalian yang ingin mencetak dokumen ukuran A4 dan A3 dengan berbagai pilihan fasilitas tambahan seperti penjilidan, laminating, hard cover, dan sebagainya, kalian bisa menggunakan layanan print online PrinterQoe. Di Aplikasi PrinterQoe, kalian dapat lebih mudah mencari lokasi printer terdekat, lalu mengupload data yang ingin dicetak ke dalam Aplikasi PrinterQoe. Selanjutnya kalian bisa melakukan pembayaran serta mengambil langsung dokumen ke tukang fotokopi. PrinterQoe juga memberikan harga cetak dokumen yang terjangkau kantong mahasiswa maupun pekerja, dengan hasil yang berkualitas. Kini tak hanya dapat diakses melalui website, PrinterQoe juga bisa diakses melalui smartphone dengan cara download di Google Play dan App Store.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu