Breaking

blog single post
Document

Jenis Kertas untuk Mencetak Gambar yang Wajib Diketahui

Bagi para pebisnis, kehadiran print dokumen online merupakan salah satu solusi yang menawarkan kemudahan karena dapat mencetak berbagai dokumen dengan mudah. Mulai dari dokumen biasa untuk keperluan kantor hingga berbagai media promosi. Salah satu jenis dokumen yang sering dicetak dengan layanan online adalah poster.


Saat ini, jenis kertas yang digunakan untuk mencetak poster cukup bervariasi baik dari segi kualitas maupun harga. Di sisi lain, perkembangan printer juga cukup cepat. Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa print dokumen online, mengetahui jenis kertas untuk photo printing merupakan hal yang penting karena berkaitan langsung dengan kualitas dan hasil cetak yang akan diperoleh.


Jenis printer dan jenis kertas akan sangat menentukan bagaimana hasil akhir cetakan. Oleh sebab itu Anda harus mencocokkan jenis kertas yang akan digunakan untuk mendapatkan hasil cetakan yang sesuai kebutuhan di jasa print dokumen online. Saat ini, ada beberapa jenis kertas yang beredar di pasaran untuk mencetak poster atau gambar. Berikut ini adalah jenis kertas yang perlu Anda ketahui:


Doff Paper atau Matte Paper

Jenis kertas yang satu ini memiliki karakteristik mudah menyerap tinta sehingga dapat menyembunyikan kualitas printer dan tinta sekaligus tidak memantulkan cahaya. Untuk poster yang banyak dipegang atau dibingkai, kertas doff jauh lebih awet serta tidak lengket. Karena kualitasnya yang bagus, kertas ini juga sering digunakan untuk mencetak foto.


Sublime Paper

Jenis kertas ini tidak digunakan untuk mencetak foto atau gambar yang dibingkai, tetapi kertas tersebut digunakan sebagai perantara atau media untuk memindahkan gambar dari kertas ke kaos. Jika Anda ingin membuat gambar dan memindahkannya ke kaos, maka pilihlah jenis kertas ini.


Double Side Paper

Sesuai dengan namanya, jenis kertas ini dapat digunakan untuk mencetak foto di kedua sisinya yaitu depan dan belakang. Kualitas cetakan yang dihasilkan juga tergolong cukup bagus yaitu cenderung doff dan tidak terlalu mengkilap. Jenis kertas yang satu ini sangat cocok digunakan untuk membuat poster atau pamflet yang sering digunakan untuk keperluan promosi. Jadi konsumen dapat melihat dari dua sisinya.


Fiber Matte

Ini adalah kertas yang juga sering disebut dengan Archival Paper. Kertas ini merupakan bahan yang paling tahan lama karena menggunakan Ph netral.


Premium Glossy Photo Paper

Jenis kertas ini juga sering disebut dengan high glossy oleh para penggunanya. Kertas ini dapat menghasilkan cetakan dengan efek yang mengkilap. Premium Glossy Photo Paper sangat cocok digunakan untuk mencetak foto beresolusi tinggi. Meskipun harga kertas ini memang lebih mahal, namun kertas tersebut mampu menghasilkan cetakan yang lebih cerah dan maksimal.

 

Sticker Glossy Photo Paper

Anda tentu sering menemukan stiker yang menampilkan gambar dengan warna dasar kertas berwarna putih yang mengkilap. Jenis kertas ini cocok sekali untuk mencetak stiker dan dapat mencetak gambar dengan resolusi tinggi.


Luster Photo Paper

Biasanya luster photo paper digunakan untuk kepentingan dokumenter karena jenis kertas ini sangat awet dan dapat bertahan sampai puluhan tahun serta tidak mudah pudar. Hasil cetakannya dapat menghasilkan efek doff dan cocok digunakan untuk cetakan beresolusi tinggi. Kertas tersebut memiliki permukaan yang mirip dengan kulit jeruk sehingga perbedaannya dapat langsung terlihat dibandingkan jenis kertas lainnya.


Glossy Photo Paper

Kertas yang juga sering disebut dengan glanz paper ini adalah kertas standar untuk mencetak gambar. Karakteristik kertas tersebut adalah mengilap, dapat memantulkan cahaya, putih, permukaan lebih lengket terhadap kaca pigura mampu menghasilkan cetakan standar. Meskipun kertas ini harganya murah, kertas tersebut dapat digunakan untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi.


Canvas Paper

Jika Anda menggunakan kertas ini untuk mencetak gambar, hasil cetakan akan terlihat seperti sebuah lukisan berkat sentuhan canvas tersebut. Jadi hasil akhir cetakan akan memperlihatkan gambar yang sama persis seperti kertas canvas.


Demikian beberapa jenis kertas yang sering digunakan di percetakan. Dengan mengetahui jenis kertas yang tepat, nantinya Anda dapat memesan kertas yang akan digunakan pada dokumen yang akan dicetak di jasa print dokumen online.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu