Breaking

blog single post
Document

Jenis Kertas di Tempat Print Terdekat

Sangat banyak produk yang dihasilkan dari layanan digital printing berbahan dasar kertas. Agar hasilnya lebih bagus maka harus menggunakan jenis kertas yang sesuai. Apa saja jenisnya di tempat print terdekat?

 

Kertas Ivory

Sekilas jenis kertas ini mirip dengan art carton, bila diperhatikan dari tingkat kehalusan permukaan dan ketebalannya. Namun, khususnya untuk kertas ivory hanya satu permukaannya saja yang terasa halus. Karena untuk permukaan lainnya tanpa diterapkan teknik coating.

 

Penggunaan jenis kertas ini sangat tepat untuk mencetak dus kemasan kosmetik, kartu nama, undangan pernikahan, dan paper bag. Nah, untuk gramatur atau ketebalannya Anda bisa memilih sesuai keinginan. Biasanya mulai dari 210 gram, 230 gram, 250 gram, 310 gram hingga 400 gram.

 

Kertas Art Paper

Jenis kertas ini terkenal dengan ciri khas permukaannya yang licin. Pemakaian kertas art paper sangat cocok untuk brosur, katalog produk, majalah, flyer dan sebagainya. Untuk tingkat gramaturnya biasanya pihak percetakan menyediakan mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram sampai dengan 150 gram.

 

Kertas Art Carton

Kedua sisi permukaan jenis kertas ini mirip dengan art paper. Jadi semua permukaannya terlihat halus dan terasa licin. Bedanya adalah kertas art carton ini dirancang memiliki ketebalan yang lebih tinggi. Biasanya vendor percetakan menyediakan kertas ini dengan pilihan gramatur mulai dari 190 gram sampai dengan 400 gram. Untuk itulah, bahan kertas ini sangat cocok untuk pembuatan map, cover buku, dan sebagainya.

 

Kertas HVS

Jenis kertas ini relatif banyak dikenal masyarakat karena mudah didapatkan untuk keperluan pribadi, seperti kertas untuk printer, fotocopy berkas dan sebagainya. Permukaan kertas ini terbilang kasar, dengan pilihan gramatur berbeda-beda. Biasanya tempat print terdekat menyediakan kertas HVS mulai 60 gram, 70 gram, 80 gram sampai dengan 100 gram. Penggunaannya bisa untuk brosur, pamflet dan sebagainya.

 

Kertas Dupleks

Keunikan dari jenis kertas ini adalah memiliki warna yang berbeda untuk setiap permukaannya. Umumnya satu sisi permukaannya berwarna abu-abu, sedangkan satu sisinya berwarna putih. Untuk tingkat gramaturnya mulai dari 250 gram, 270 gram, 310 gram, 350 gram, 400 gram, 450 gram, sampai dengan 500 gram. Umumnya jenis kertas ini dimanfaatkan dalam membuat dus pembungkus obat-obatan dan makanan.

 

Kertas Samson Kraft

Kertas ini tercipta dari hasil proses daur ulang dengan unsur kreativitas tinggi. Warna dari jenis kertas ini adalah coklat. Pada umumnya kertas tersebut dimanfaatkan dalam pembuatan paper bag, kemasan produk dan sebagainya. Hanya ada dua tingkatan gramatur untuk kertas samson kraft yaitu mulai dari 70 gram sampai dengan 80 gram saja.

 

Kertas Fancy Paper

Ciri khas dari kertas ini adalah memiliki banyak ragam bila diperhatikan dari warna, jenis atau karakteristiknya. Keunikannya itu maka banyak orang menggunakannya untuk pembuatan undangan pernikahan, acara perusahaan dan sebagainya. Beberapa contoh jenis kertas ini adalah java emboss, millennium, hawaii, jasmine dan lain sebagainya. Gramatur untuk kertas ini beragam mulai dari 80 gram, 100 gram, 220 gram dan 300 gram.

 

Kertas Corrugated

Karakteristik jenis kertas ini adalah permukaannya yang berwarna coklat serta bergelombang. Pada umumnya kertas ini dimanfaatkan dalam pembuatan dus komputer, dus mie instan dan sebagainya. Jadi agar permukaannya bisa dicetak maka harus dilapisi dengan kertas lainnya.

 

Kertas Concord, Linen Jepang, BC dan BW

Jenis kertas tersebut lebih bervariasi. Ciri khas permukaan kertas ini adalah memiliki tekstur tersendiri, dengan variasi warna yang banyak. Kertas tersebut terbilang tebal, sehingga sangat bagus kalau digunakan dalam pembuatan sertifikat, piagam penghargaan, kartu nama dan sebagainya. Gramaturnya beragam mulai dari 160 gram, 220 gram hingga 250 gram.

 

Kertas Yellow Board

Jenis kertas ini terbilang sangat tebal, jadi banyak yang memanfaatkannya untuk pembuatan undangan model hard cover. Agar bisa dicetak sesuai desain yang diinginkan biasanya kertas ini perlu dilapisi dengan kertas lain seperti jenis dupleks atau art paper. Pilihan gramaturnya adalah TB 30 dan YB 40. Jadi bila Anda ingin mencetak di tempat print terdekat pastikan sudah memahami karakteristiknya.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu