Breaking

blog single post
Printing

Jenis-jenis Tinta Printer yang Diandalkan Percetakan Murah Profesional

Dalam praktiknya, printer menjadi komponen utama dalam percetakan murah mana pun. Tanpa alat ini, mustahil bagi kalian mendapatkan dokumen cetak yang diharapkan. Di sisi lain, printer juga memerlukan komponen lain untuk melancarkan pelayanan usaha, salah satunya tinta.

Karena jenis printer yang digunakan cukup banyak, maka jenis tinta yang dipakai tak kalah bervariatif. Berikut ini ada daftar tipe tinta yang dimanfaatkan percetakan murah demi menghasilkan cetakan optimal.

  • Tinta printer pigment (durabrite)

Jenis tinta ini mampu memberikan cetakan berupa tulisan atau gambar yang jelas, tajam, pekat, serta tahan air. Kualitas tersebut bertahan walau percetakan murah mencetak pada kertas HVS, photo paper, atau inkjet paper. Kemudian, tinta printer pigment dibagi lagi menjadi tiga jenis, antara lain:


1.Tinta printer pigment art paper ink. Tipe ini acap kali dijumpai di percetakan murah skala kecil hingga besar. Jenis kertas yang digunakan adalah art paper ivory dengan kuantitas kecil untuk gambar purnawarna,

2. Tinta printer pigment art paper korea. Ingin mencetak billboard atau poster yang dipasang di luar ruangan? Pihak percetakan akan memilih tipe tinta ini memakai art paper, photo paper, PVS, dan lain-lainyang akan membuat warna tidak cepat pudar walaupun terkena paparan sinar matahari,

3. Tinta printer pigment art paper china. Karakteristik tinta ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tipe tinta sebelumnya. Percetakan murah akan menggunakan art paper china yang lebih natural untuk menjaga daya tahan tinta.

  • Tinta printer dye base

Selanjutnya, ada tinta dye base yang terbikin dari air dan colourant yang mengurangi risiko pengendapan atau kebuntuan pada printhead cartridge. Percetakan murah biasanya mengandalkan jenis tinta tersebut saat akan mencetak dokumen memakai HVS, glossy paper, canvas, inkjet paper,printer PVC ID card, dan lain sebagainya. Kalian juga akan memperoleh hasil cetakan tajam dan tidak akan cepat luntur saat berada di bawah paparan panas maupun sinar matahari.

  • Tinta printer sublimasi (sublimation ink)

Kerap ditanamkan pada printer infus, sublimation ink adalah jenis tinta yang dapat kalian pilih saat akan mencetak dalam medium sablon (kaus, mug, topi, dan pin). Selain itu, percetakan murah menyukai jenis tinta tersebut karena sifatnya yang ekonomis dan efisien mengingat hasil sablon bisa disetrika langsung. Cara kerja sublimation ink adalah transfer tinta ke medium keras (HVS atau inkjet paper) untuk nantinya melewati head press ke medium sablon.

  • Tinta printer tekstil DTG

Sesuai namanya, tinta ini dipakai untuk medium garmen atau tekstil seperti kaus, jaket, baju, pakaian berbagan polyester atau katun, dan lain sebagainya. Tinta printer tekstil yang dipilih percetakan murah pun ramah terhadap head printer DTG, khususnya tipe micro piezzo. Ada dua jenis tinta printer tekstil yang beredar, antara lain:


1. Tinta Duppont P5910. Jenis tinta ini mempunyai hasil cetak warna putih terbaik di kelas DTG kalau kalian bandingkan dengan merek lain,

2. Tinta DTG Jerman. Jenis tinta ini memberikan hasil cetak tajam, tahan lama, dan tidak mudah luntur. Biasanya percetakan murah mengombinasikan tinta ini pada light treatment (kaus putih) serta dark treatment (kaus gelap).

  • Tinta solvent dan eco solvent

Terakhir, ada tinta solvent yang mampu menjaga hasil cetakan agar tahan air maupun sinar matahari. Ketahannya yang lebih lama dibandingkan brand tinta lainnya menarik perhatian percetakan murah. Di sisi lain, kalian juga harus memperhatikan kekurangan tinta solvent, salah satunya bau menyengat. Tipe tinta ini sering kali dipakai untuk mencetak spanduk, billboard, neonbox, dan lain sebagainya. Jika kalian tidak ingin menghidu bau kurang sedap, ganti saja dengan tinta eco solvent yang ramah lingkungan. Hanya saja tinta ini lebih baik dipakai untuk medium outdoor.


Sebagai penyedia jasa digital printing profesional, PrinterQoe tentunya menggunakan tinta-tinta terbaik yang disesuaikan kebutuhan kalian. Dengan begitu, percetakan murah ini dapat memberi layanan paling maksimal. Bahkan kalian tidak perlu mengantre, karena pesanan akan dikerjakan seceap dan sepraktis mungkin tanpa mengurangi kualitasnya.

 

 

Baca Juga : Tinta Refill dan Hubungannya dengan Kualitas Cetak

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu