Breaking

blog single post
Office Doc

Jenis-Jenis Kertas dengan Ukuran A3

Jika Anda membaca artikel kami sebelumnya mengenai Ukuran Kertas A3, fungsi, kegunaan, dan jenisnya, tentunya Anda akan menemukan beberapa istilah mengenai jenis-jenis bahan yang digunakan untuk membuat Kertas A3 ini. Mungkin sedikit banyak telah dibahas mengenai penggunaan dari kertas-kertas tersebut. Akan tetapi untuk lebih jelasnya kami akan membahas jenis-jenis dari bahan pembuatan Kertas A3 tersebut dalam artikel ini. Simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya.


Kertas A3 HVS

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat Kertas A3 adalah bahan HVS. Bahan ini merupakan jenis bahan yang paling populer karena dapat ditemukan dengan mudah dan sangat banyak penggunaannya. Seperti pada umumnya, jenis kertas HVS merupakan jenis kertas yang banyak digunakan untuk fotokopi atau digunakan untuk mencetak pada printer deskjet. Akan tetapi mesin fotokopi atau printer yang digunakan memang tidak biasa. Hal ini disebabkan karena ukuran dari Kertas A3 memang besar lebih besar 2 kali dari kertas A4 di bagian panjangnya. Mengenai ukuran dari Kertas A3 ini sudah dibahas secara lengkap dalam artikel sebelumnya.


Kertas A3 HVS ini merupakan kertas yang memiliki tekstur yang agak kasar. Hal ini disebabkan karena desain dari kertas ini memang sengaja dibuat dari bahan pulp atau bubur kertas. Bedanya, bahan bubur kertas dari Kertas A3 HVS ini tidak memiliki kandungan lignin yang merupakan zat perekat antar serat yang ada di dalam pohon.


Tekstur dan juga bahan pembuatan dari Kertas A3 ini memiliki kelebihan, yakni tidak mudah berubah warna menjadi kekuningan layaknya kertas lain ketika sering digunakan dibawah sinar matahari atau berada di bawah sinar lampu.


Kertas A3 Ivory

Kertas A3 Ivory memiliki ciri-ciri berupa warna putih mirip dengan kertas HVS pada kedua sisinya. Bedanya, Kertas A3 Ivory ini memiliki permukaan yang licin di satu sisi dan memiliki jenis yang lebih keras. Untuk bentuknya secara keseluruhan bisa disamakan dengan jenis kertas Kertas A3 Art Carton. Untuk kertas Kertas A3 Ivory ini harganya bisa dibilang paling mahal diantara jenis-jenis kertas Kertas A3 lain. Hal ini disebabkan karena kertas ini memiliki ukuran paling tebal dan juga penampilan yang unik dan berbeda dari jenis Kertas A3 lainnya.


Kertas A3 Art Paper

Art paper merupakan kertas yang memiliki tampilan yang licin di kedua sisi. Meski licin, Anda juga bisa menemukan kertas Kertas A3 Art Paper dengan permukaan yang doff di sisinya. Karena penampilannya, jenis Kertas A3 Art Paper ini merupakan jenis kertas yang dapat dengan mudah ditemukan untuk pembuatan brosur. Penggunaan dari Kertas A3 Art paper ini cukup sulit karena Kertas A3 Art Paper ini tidak cocok digunakan untuk mencetak di mesin printer dengan tinta dye. Mengapa? Hal ini disebabkan karena Kertas A3 Art Paper ini memang kurang baik digunakan untuk menyerap air karena bahannya memiliki permukaan yang licin sedangkan printer dengan tinta dye memiliki tinta dengan bahan dasar air. Oleh karena itu, untuk menggunakan Kertas A3 Art Paper ini biasanya digunakan dengan menggunakan printer khusus.


Kertas A3 Art Carton

Untuk jenis Kertas A3 Art carton ini sudah dibahas sedikit mengenai teksturnya di Kertas A3 Ivory. Ya, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Kertas A3 Art Carton ini memiliki bentuk yang tebal dan banyak digunakan untuk membuat kartu nama, katalog dan juga brosur. Hal ini disebabkan karena bentuk yang dimiliki oleh Kertas A3 Art carton memang cukup mirip dengan Kertas A3 Art Paper hanya saja memiliki permukaan yang agak kasar. Untuk memberikan kesan yang indah, setelah mencetak dengan Ukuran Kertas A3 dengan bahan Art Carton, pencetak akan memberikan lapisan seperti laminating supaya hasil pencetakan dengan bahan ini lebih memuaskan.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu