Breaking

blog single post
Bisnis Center

Jenis Digital Printing dan Hasil Produknya

Digital printing adalah metode percetakan yang menerapkan gambar basis digital. Jadi dari yang masih berupa file, langsung dapat dicetak dengan beragam media dan prosesnya pun cepat. Cetak digital ini adalah hasil inovasi dari metode konvensional karena teknologi pun sudah semakin maju. Untuk per-satuan produksi, biaya percetakan digital memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan metode konvensional. Untuk pengerjaan cetak, mesin cetak digital ini memang banyak dipilih baik untuk mencetak dalam jumlah kecil ataupun besar.

 

Di setiap daerah, digital printing ini memang sudah menjamur, khususnya di Kota besar seperti Jakarta. Bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta, maka bisa memanfaatkan digital printing Jakarta untuk membantu kebutuhan percetakan Anda. Lebih dari itu, hasilnya pun lebih memuaskan sekalipun harga lebih mahal.

 

Jenis printing dan proses kerjanya

Ada tiga jenis printing dan tiap prosesnya juga berbeda. Berikut penjelasannya.

  • Offset Printing; prosesnya dari file gambar > film / CTP (computer to plate)/ plate > mesin > media
  • Screen Printing; prosesnya ialah file gambar > film/kalkir> screen > media
  • Digital printing; prosesnya ialah file gambar > mesin > media

Dari proses yang dijelaskan di atas, jelas bahwa proses print digital lebih cepat sehingga lebih efektif waktu. Anda tidak perlu menunggu terlalu lama sekalipun mencetak dalam jumlah banyak. Selain terkait waktu, menggunakan digital printing juga memiliki kelebihan lain, diantaranya dapat dirangkum pada poin-poin berikut ini:

  • Proses kerja mudah sehingga walaupun masih pemula juga tidak sulit untuk melakukannya.
  • Proses mencetak lebih cepat, ringkas, dengan hasil yang fantastis.
  • Bisa cetak produk dalam jumlah berapapun sesuai keinginan
  • Warna lebih beragam, lebih tajam, dan jernih
  • Lebih hemat tinta dan bahan lainnya sehingga tergolong ramah lingkungan
  • Desain digital printing juga bisa diubah dengan sesuai sesuai kebutuhan dan keinginan.

Pembagian digital printing secara umum

Digital printing Jakarta tentunya selalu mengedepankan kepentingan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik. Dengan mengetahui beberapa kelebihan di atas, maka bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda yang ingin menggunakan layanan cetak jenis tersebut. Selebihnya, terkait digital printing secara umum terbagi menjadi tiga jenis, yaitu;

  1. Digital printing wide format

Sesuai namanya, ini adalah jenis percetakan yang khusus untuk percetakan super lebar. Ukurannya biasanya di atas 3,2m. Adapun produk yang dihasilkan seperti Giant banner, baliho, billboard, juga spanduk. Untuk ciri khas dari digital printing ini adalah ukurannya yang besar kurang lebih 3,2 m hingga 5 m. Tinta yang digunakan adalah solvent yang keras karena tahan lama. Detail dan resolusi tinggi tidak terlalu penting karena produk nantinya akan dilihat dari jarak jauh. Digital printing jenis ini biasanya banyak melayani kepentingan pilkada, keperluan perusahaan. Anda yang membutuhkan produk berukuran besar seperti yang disebutkan di atas,maka Anda pun bisa datang ke jasa digital printing jakarta bagi Anda yang ada di wilayah tersebut.

  1. Digital printing large format premium

Untuk percetakan jenis ini khusus melayani cetakan dengan lebar di bawah 2m. Mesin-mesin yang digunakannya berukuran 1-2,6 m. Mereknya pun beragam. Untuk produk yang dihasilkan biasanya roll banner, X-banner, photo, poster, spanduk, sticker, dan yang lainnya. Anda mungkin sering melihat poster di mall, rumah makan, atau tempat tertentu. Produk tersebut memanfaatkan digital printing jenis ini. Lebih dari itu, mesin large format juga dapat memproduksi produk seperti tas, kaos, jok mobil, jok moor, sticker display, dll. Digital printing Jakarta juga melayani cetak produk tersebut.

  1. Digital printing offset (Offset digital)

Jenis digital printing ini mirip seperti offset. Mesin-mesin yang digunakan seperti Canon, HP Indigo, Kodak, dll. Untuk hasil produknya seperti kartu nama, buku, poster, photobox, karton, dll. Printing jenis ini terbatas pada ukuran cetak A3+ saja. Untuk pembuatan kalender pribadi, buku laporan, textbook sangat cocok menggunakan digital printing jenis ini. Di wilayah Jakarta, kebutuhan akan produk seperti yang dicontohkan tentunya sangat tinggi dan Anda pun bisa meminta bantuan pada layanan jasa digital printing Jakarta.

 

Itulah beberapa hal terkait mesin cetak digital dengan beragam manfaatnya. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan Anda.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu