Breaking

blog single post
Document

Jasa Percetakan Dokumen Microsoft Excel Mudah

Jasa percetakan mudah saat ini memang banyak dicari, mengingat peranannya yang begitu besar bagi perusahaan maupun bagi perseorangan. Salah satu cetak dokumen yang ditawarkan ialah cetak dokumen Microsoft Excel secara online. Namun sebelumnya, kita akan bahas terlebih dulu bagaimana cara mencetak dokumen Ms. Excel. Seperti kita ketahui, mencetak dokumen di Ms. Excel memang tak semudah ketika Anda mencetak dokumen di Ms. Word.


Kendala Saat Mencetak Dokumen di Microsoft Excel

Ada beberapa persoalan atau kendala yang biasa dialami para pemula yang belum menguasai aplikasi MS Excel ketika hendak mencetak dokumen berbentuk spreadsheet yang telah dibuatnya. Adapun kendala-kendala tersebut, seperti kesulitan mengatur margin ketika mencetak dokumen Ms.Excel, halaman besar dan terpotong ketika mencetak dokumen Ms.Excel, dan dokumen di Ms.Excel terpotong ketika diprint. Masih ada lagi kendala-kendala lain yang memerlukan tips khusus dalam mengatasinya. Dimana tips-tips ini hanya dapat diperoleh berdasarkan pengalaman, maupun dari seberapa sering memakai aplikasi Excel.


Tips Mencetak Dokumen Ms. Excel Dengan Mudah

Adapun langkah-langkah untuk mencetak dokumen dalam Microsoft Excel, sebagai berikut :

1.Pertama-tama buka dokumen Ms Excel yang ingin dicetak

2.Kemudian blok di area yang ingin dicetak pada lembar kerja Excel.

3.Lalu klik Page Layout dengan tujuan untuk menentukan letak hasil cetakan, apakah dalam posisi vertikal/ portrait atau horizontal/landscape. Sebagai latihan, Anda bisa pilih landscape terlebih dulu.

4.Jangan lupa untuk memilih ukuran kertas sesuai yang akan Anda gunakan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih ukuran kertas legal.

5.Lalu, masih di dalam Page Layout Anda bisa memilih Print Area, lalu Set Print Area. Dimana nantinya area tertentu yang ingin dicetak dapat terseleksi, tandanya yaitu terdapat garis-garis putih yang mengelilingi bagian yang ingin dicetak.

6.Sebelum memilih tombol print, Anda bisa melihat preview-nya terlebih dulu, caranya ialah klik icon preview, bisa juga klik Ribbon Home, lalu klik print, kemudian pilih Preview. Ketika Anda melakukan preview, bisa mengubah margin-nya, caranya pilih Show Margin. Jangan lupa, biasanya preview dengan hasil sebenarnya pada Microsoft Excel terkadang berbeda. Untuk margin sendiri, disarankan margin kanannya dibuat berukuran lebih besar daripada margin kiri, sebab jika tidak biasanya kertas lembar kerja Anda pun akan terpotong.

7.Sampai tahap ini, kita sudah dapat mencetak dokumen, caranya klik ikon Print. Namun sebaiknya perhatikan settingan properties printer pada kertas, apakah ukuran pada kertasnya sesuai ataukah tidak. Jangan sampai, ukuran kertas pada dokumen yang ingin dicetak berukuran legal, namun pada opsi default properties printer masih berukuran Letters. Tentu saja hal tersebut bisa membuat dokumen terpotong. Maka dari itu, Anda bisa menyesuaikan ukuran kertas di properties printer sesuai ukuran kertas yang ingin dicetak.


Itulah cara-cara mencetak dokumen Ms. Excel dengan mudah bagi para pemula. Adapun jika dokumen yang dicetak terpotong ketika mencetak dokumen. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan.


Tips Agar Dokumen Tidak Terpotong Ketika Ngeprint

Supaya dokumen tidak terpotong ketika ngeprint, berikut solusi yang dapat Anda lakukan di bawah ini :

·Mengubah Ukuran Pada Kertas Printer

Solusi pertama caranya dengan melakukan perubahan pengaturan kertas yang terdapat pada default printer. Sesuaikan pengaturannya dengan ukuran lembar kertas dari file yang akan dicetak di Ms.Excel, caranya klik ribbon home, lalu pilih print, selanjutnya pilih merk Printer Anda dan pilih properties, selanjutnya klik printing shortcuts, dan pilih paper size.

Untuk mengubah default ukuran kertas dokumen pada printer, umumnya terdapat di bagian properties pengaturan printer. Misalnya saja pada printer HP Deskjet F2200 series dapat melakukan perubahan dalam menu Printing Shortcuts lalu pilih paper sizes. Kemudian klik Ok.

· Kurangi Angka Persen Dalam Scale to Fit

Selain mengubah default ukuran pada kertas dokumen di printer, bisa juga menggunakan metode lain supaya hasil print pada dokumen Excel tidak terpotong, yakni dengan memakai fasilitas Scale to Fit.

Cara memakai menu Scale to Fit ini sangat mudah, Anda cukup mengubah angka 100% menjadi angka lebih besar atau lebih kecil. Contohnya, jika file yang dicetak berskala 100% dan ternyata terpotong, sebaiknya perkecil ukurannya sekitar 75% atau ubah ke dalam angka lainnya hingga dokumen pun tercetak dengan sempurna.


Jika Anda masih kesulitan untuk mencetak dokumen dalam Ms Excel, sebaiknya pilih jasa percetakan mudah dan profesional yang bisa mencetak berbagai macam bentuk dokumen, baik dokumen Ms Word maupun Ms Excel. PrinterQoe.com tak hanya profesional mencetak dokumen dalam bentuk apapun saja tetapi juga bisa membantu Anda mencetak dokumen dengan cepat.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu