Breaking

blog single post
Printing

Inilah Perbedaan dan Aplikasi Laminasi Glossy dan Doff

Pelapisan pada kertas agar menampilkan efek mengilap atau sedikit buram dikenal dengan teknik laminasi. Glossy dan doff adalah jenis laminasi yang paling populer dalam dunia cetak. Nah, apa beda dari keduanya?


Bedanya Laminasi Doff Dan Glossy

Agar tampilan hasil cetakan undangan, kartu nama, company profile, katalog produk dan sebagainya lebih memikat maka aplikasi laminasi penting dilakukan. Selain tampil lebih indah, hasil cetakan juga akan lebih tahan lama karena lebih tahan air dan menjaga warnanya tidak mudah pudar. Nah, apa saja perbedaan dari kedua teknik laminasi tersebut?

  • Laminasi Glossy

Tampilan cetakan yang mengilap atau berkilau adalah ciri khas dari laminasi glossy. Laminasi ini akan menghasilkan pantulan cahaya lebih banyak. Permukaan media cetakan juga akan terasa lebih licin, bila mengaplikasikan laminasi glossy. Pada umumnya teknik laminasi banyak diterapkan pada produk seperti poster, leaflet, brosur, undangan, kartu nama, katalog produk dan sebagainya.


Kesan berkilaunya menjadikan media cetakan terlihat semakin bagus dan mewah. Saat melapisi kertas dengan laminasi glossy, maka tidak boleh tersentuh tangan. Karena akan mengakibatkan kegagalan atau kerusakan pada media tersebut. Jadi harus dibiarkan selama beberapa menit dan barulah bisa dipegang atau disentuh permukaannya dengan jemari tangan.


  • Laminasi Doff

Aplikasi jenis laminasi doff menjadikan media cetakan terlihat sedikit lebih buram. Namun keunggulannya tidak rentan rusak bila sering dipegang. Karena sidik jari tidak akan menempel pada laminasi tersebut.


Kesan elegan tetap terpancar dari penerapan teknik laminasi tersebut. Termasuk memberikan kesan klasik yang menarik. Anda bisa membuat banyak media eksklusif dengan laminasi tersebut, seperti saat membuat kartu nama, undangan pernikahan, poster dan sebagainya.


Penting sekali sebelum mengaplikasikan kedua jenis laminasi tersebut untuk berkonsultasi dengan desainer grafis. Agar aplikasinya terasa lebih pas, sehingga desain pada medianya tampil semakin memikat, mewah dan elegan. Sehingga Anda semakin percaya diri dan bangga saat memberikannya kepada kolega, mitra bisnis, dan pelanggan.


Aplikasi Laminasi Doff Dan Glossy

Ada baiknya Anda mengikuti tips berikut ini sebelum menerapkan teknik laminasi glossy dan doff. Dengan cara penerapan yang tepat maka akan semakin memberikan kesan eksklusif dan menarik pada media cetakan apapun. Nah, berikut ini tips yang bisa diaplikasikan saat cetak berbagai macam media dari bahan kertas.

  • Jika Anda ingin membuat cover buku yang lebih memikat, maka sangat disarankan untuk mengaplikasikan teknik laminasi glossy. Oleh karena laminasi ini memiliki sifat yang gampang dilipat. Sedangkan kalau mengaplikasikan laminasi doff, maka hasilnya kurang maksimal. Hal itu karena laminasi doff akan lebih sulit dilipat dan gampang pecah. Dengan begitu, penampilannya kurang bagus.

  • Sangat disarankan untuk mengaplikasikan laminasi glossy dan doff untuk kedua sisi bidang cetakan. Tujuannya agar tidak terdapat lengkungan pada kertas. Sekaligus menjaga tinta cetakan tetap pekat dan tidak mudah memudar warnanya.

  • Aplikasi teknik laminasi doff dan glossy pada kedua sisi permukaan kertas memang sangat sulit disatukan memakai lem biasa. Karena memang penggunaan laminasi itu bukan untuk tujuan untuk dilem satu sama lain. Tetapi memang untuk ditampilkan kepada pembaca atau penerimanya.

  • Penggunaan laminasi doff selain memberikan nuansa eksotis juga memberikan manfaat lain yakni menahan risiko akibat goresan. Oleh karena efek laminasinya yang kasar.

  • Penambahan laminasi doff maupun glossy secara otomatis akan menambah ketebalan atau tingkat kekakuan kertas. Jadi pilihlah kertas dengan tingkat gramasi yang tepat, agar setelah diaplikasikan laminasi tetap ideal ukuran ketebalannya.

  • Karena laminasi doff memberikan kesan buram, maka pastikan desain atau penentuan warnanya tetap terlihat dengan jelas setelah dilaminasi. Jangan sampai teknik laminasi yang diterapkan justru menenggelamkan kesan yang ingin disampaikan pada medianya.


Nah, itulah perbedaan laminasi doff dan glossy sebagai pelapis media cetak kertas. Termasuk tips tepat dalam aplikasinya agar medianya tetap tampil memikat dan pembaca dapat mudah menyerap informasi. Pastikan juga Anda mencetaknya di percetakan berkualitas.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu