Breaking

blog single post
Daily Things

Ini Dia Tips Menulis Resume Untuk Fresh Graduate

Menulis resume bukanlah perkara mudah. Mungkin sebagai lulusan baru, kalian bingung apa saja informasi yang harus disampaikan. Tenang, PrinterQoe akan membantu kalian dengan tips-tips dasar menulis resume yang mudah untuk diterapkan. Apa saja? Berikut tips-tipsnya:  

  • Gunakanlah bahasa yang sederhana

Jangan pernah menggunakan istilah jargon yang sulit. Agar resume kalian mudah dimengerti oleh perekrut atau HRD, jangan gunakan  bahasa yang bombastis dan teknis. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dibaca agar resume Anda masuk dalam daftar panggilan interview.

  • Tetap relevan

Untuk kalian para fresh graduate, tentu tidak banyak pengalaman kerja yang relevan untuk dimasukkan ke dalam resume. Kalian bisa memasukkan kegiatan tambahan di luar sekolah atau kuliah seperti osis, unit kegiatan mahasiswa, dan sebagainya. Anda juga bisa memasukkan kegiatan magang ataupun relawan untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam bersosialisasi, komunikasi dan bagaimana cara Anda memimpin. Tuliskan pengalaman-pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

  • Buatlah resume yang pendek dan manis

Anda dapat menuliskan informasi yang singkat namun berbobot. Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Untuk diketahui, rata-rata perekrut menghabiskan rata-rata enam detik untuk meninjau resume satu orang. Perekrut akan membaca sekilas resume kalian dan akan menemukan alasan mengapa mereka membaca untuk kedua kalinya.

  • Mulailah dengan menjawab pertanyaan mengapa

Resume kalian haruslah menarik minat dan rasa ingin tahu perekrut untuk bertemu secara langsung. Kalian juga bisa menyertakan ringkasan resume secara singkat dan sederhana, jelas dan fokus di bagian atas resume yang dibuat.

  • Presentasi adalah kunci

Kalian tentu ingin resume dipandang serius oleh perekrut? Di zaman yang serba canggih ini kalian bisa mendownload file template resume gratis namun professional dan berkualitas.

  • Go digital

Inilah saatnya kalian menunjukkan kepada perekrut bahwa kalian pintar teknologi. Simpanlah resume kalian sebagai file PDF dan sertakan juga hyperlink sebagai referensi yang mudah dan bisa langsung digunakan untuk informasi pendukung Anda. Mempunyai portfolio online dalam bentuk website maupun blog yang sesuai dengan profesi yang Anda lamar. Anda juga bisa menyimpannya di layanan gratis seperti Dropbox dan Google Drive.

  • Highlight prestasi yang spesifik

Kalian dapat menjelaskan secara spesifik keahlian hingga mencapai hasil yang memuaskan dan menjadi prestasi tersendiri bagi karir kalian.

  • Posisikan diri sebagai pembaca

Kalian harus menempatkan diri sebagai pembaca untuk resume yang telah dibuat. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan objektivitas. Namun apabila kalian kesulitan, kalian bisa minta tolong kepada teman untuk menilai apakah resume yang telah kamu buat telah pas.

Itulah tadi beberapa tips menulis resume yang bisa kalian para fresh graduate ikuti. Buatlah resume yang berkesan dan semoga pekerjaan impian bisa kalian dapatkan.


Baca juga: Apakah CV dengan 2 Halaman Bagus?


Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu