Breaking

blog single post
Industry

Ini 10 Keunggulan Digital Printing yang Wajib Anda Tahu!

Ini 10 Keunggulan Digital Printing yang  Wajib Anda Tahu!

Digital printing—apa itu digital printing? Sudah familiarkah Anda dengan istilah tersebut? Pada dasarnya, cakupan istilah ini cukup luas. Digital printing mewakili semua proses percetakan dari file berupa gambar atau tulisan yang ada di media digital untuk di cetak ke dalam media yang lain seperti kertas, kanvas, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan, sebut saja untuk cetak file skripsi, undangan, banner, dan sebagainya.  Dari definisi tersebut tentu Anda memiliki gambaran real mengenai keunggulan digital printing dalam kehidupan sehari-hari, yang diantaranya saya rangkum dalam poin dibawah ini:

  1. 1.     Waktu Cetak Cepat

Kelebihan digital printing yang pertama adalah waktu cetak yang cepat. Anda hanya perlu siapkan media digitalnya, file berupa tulisan maupun gambar yang akan di cetak, dan alat pencetaknya. Jika semua perlengkapan sudah siap, Anda segera bisa memprosesnya dan cetakan yang Anda inginkan akan ready dalam beberapa menit saja. Sangat singkat prosesnya,  

  1. 2.             Tersedia Warna yang Lebih Bervariasi

Ya, salah satu yang membuat tampilan tulisan atau gambar menjadi lebih menarik dalam digital printing adalah dari segi warnanya. Tersedia beragam warna yang mudah Anda sesuaikan dengan keinginan. Dengan demikian, tampilan cetakan akan semakin menarik baik itu berupa file tulisan maupun gambar.

  1. 3.             Desain Mudah Diubah

Salah satu kelemahan media cetak non digital printing adalah kesulitan untuk mengubah desainnya. Beda halnya dengan digital printing yang bisa Anda edit dulu sebelum di cetak.  Anda bisa sesuaikan warna, gambar, bentuk tulisan, ukuran, dan sebagainya sebelum di cetak. Tentunya ini menghindari kemungkinan hasil cetakan yang kurang maksimal yang merugikan Anda.

  1. 4.             Ramah Lingkungan

Keunggulan lain dari digital printing adalah ramah lingkungan sebab proses percetakan ini lebih hemat kertas dan tinta print. Ini dikarenakan proses pengeditan berlangsung sebelum proses percetakan hingga hasilnya benar-benar fix dan siap cetak. Beda lagi dengan percetakan yang mengalami trial and error dalam proses percetakannya.

  1. 5.             Hasil Gambar yang Jernih dan Tajam

Jika Anda menggunakan digital printing, dijamin hasil cetakannya benar-benar jernih dan tajam sesuai dengan file asli yang Anda inginkan.

  1. 6.             Biaya Produksi Sudah Pasti Murah

Minimnya kesalahan dalam proses percetakan, berpotensi menekan biaya cetak. Selain itu, kecepatan prosesnya menghemat tenaga dan biaya.

  1. 7.             Bisa Mencetak Sesuai Keinginan

Digital printing mampu mencetak sesuai dengan keinginan Anda atau yang biasa disebut dengan print on demand. Anda bisa mencetak satuan dan bahkan untuk jumlah yang banyak sekalipun. Sebagai penyedia jasa digital printing, Anda tidak harus menerapkan minimal order untuk klien yang ingin menggunakan jasa cetak Anda.

  1. 8.             Proses yang Ringkas

Keunggulan digital printing adalah proses produksi sangat ringkas dan cepat. Sebagai penyedia jasa, Anda tidak perlu meminta klien untuk menunggu lama. Dan hasil cetakannya bisa Anda saksikan saat itu juga.

Singkatnya, untuk kepentingan mendadak baik untuk cetak skripsi, promosi produk, untuk cetak undangan dan sebagainya, Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menyelesaikannya dalam waktu singkat sebab digital printing mampu berproduksi dengan cepat.

  1. 9.             Proses Tidak Rumit

Untuk pengoperasian digital printing tidak perlu di handle oleh ekspert mengingat proses percetakan ini tidak rumit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Cukup dengan satu-dua kali latihan bagi pemula mereka akan segera bisa memproduksi cetakan dengan alat cetak canggih ini.

  1. 10.          Tidak Perlu Banyak Tenaga Kerja

Membuka bisnis digital printing tentu tidak sedikit modalnya. Salah satu modal wajib adalah untuk membayar karyawan yang akan mengoperasikan proses percetakan tersebut. Untuk menjalankan bisnis ini dalam proses perintisan, Anda tidak perlu rekrut banyak tenaga kerja sehingga lebih menghemat pengeluaran perusahaan. Ini dikarenakan digital printing memiliki proses produksi yang ringkas, cepat, dengan hasil cetakan yang banyak. Bisnis in cocok sekali Anda jalankan di sekitaran pusat-pusat pendidikan.

Prinsipnya jika ada yang mudah kenapa harus pilih yang sulit. Digital printing identik dengan kecepatan, kepraktisan dengan kualitas hasil cetakan yang super dalam jumlah yang banyak. Bisnis ini bisa jadi jawaban bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis potensial dengan income yang besar. Pilih lokasi bisnis yang strategis untuk kembangkan usaha Anda dengan maksimal.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu