Breaking

blog single post
Profesionalisme

Formula Sederhana untuk Menjawab "Ceritakan Tentang Diri Anda"

"Jadi ceritakan tentang diri Anda." Itulah yang kerap ditanyakan oleh pewawancara saat menginterview calon pekerja di kantor. Apa yang tampak seperti pertanyaan sederhana dapat benar-benar membuat Anda berkeringat, terutama dalam sebuah wawancara. Apa tepatnya yang harus Anda jawab untuk menunjukkan bahwa Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu? Ada rumus super sederhana yang akan membantu Anda menjawab pertanyaan ini dengan mudah.


Bagaimana Menjawab “Memberitahu Saya Tentang Diri Sendiri”

Jadi, pertanyaan pertama yang mungkin akan Anda dapatkan dalam wawancara adalah, "Ceritakan tentang dirimu." Ini adalah kesempatan pertama dan terbaik untuk Anda mempromosikan diri kepada pewawancara tentang mengapa Anda tepat untuk pekerjaan itu. Anda dapat menggunakan rumus Present-Past-Future. Pertama Anda mulai dengan saat ini, di mana Anda sekarang. Kemudian, gabungkan masa lalu, sedikit tentang pengalaman yang Anda miliki dan keterampilan yang Anda peroleh di posisi sebelumnya. Akhirnya, selesaikan masa depan, mengapa Anda sangat bersemangat untuk kesempatan khusus ini.


Sebagai contoh, Anda dapat mengatakan hal ini saat pewawancara bertanya perihal ceritakan tentang diri Anda,

“Baik, untuk saat ini saya adalah seorang … (sebutkan jabatan di perusahaan), tempat menangani klien dengan kinerja terbaik kami. Sebelum bekerja di … (perusahaan yang sekarang, apabila Anda sudah memiliki beberapa pengalaman kerja), saya akan sangat menyukai kesempatan untuk menggali lebih dalam dengan satu perusahaan … (yang Anda lamar), itulah yang menyebabkan saya sangat bersemangat tentang peluang ini.”


Baca Juga: Tips Sukses Interview Kerja


Ingatlah bahwa seluruh jawaban Anda untuk fokus pada pengalaman dan keterampilan yang paling relevan dengan jabatan saat mereka memikirkan posisi khusus dan perusahaan ini. Jangan takut unutk bersantai sejenak dengan menceritakan kisah dan semua hal yang ditanyakan. HRD telah memiliki CV Anda, sehingga mereka tentu saja ingin tahu sedikit lebih banyak tentang Anda.


Untuk Anda yang ingin mencetak dokumen ukuran A4 dan A3 dengan berbagai pilihan fasilitas tambahan seperti penjilidan, laminating, hard cover, dan sebagainya, Anda bisa menggunakan layanan print online PrinterQoe. Di Aplikasi PrinterQoe, Anda dapat lebih mudah mencari lokasi printer terdekat, lalu mengupload data yang ingin dicetak ke dalam Aplikasi PrinterQoe. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran serta mengambil langsung dokumen ke tukang fotokopi. PrinterQoe juga memberikan harga cetak dokumen yang terjangkau kantong mahasiswa maupun pekerja, dengan hasil yang berkualitas. Kini tak hanya dapat diakses melalui website, PrinterQoe juga bisa diakses melalui handphone dengan cara download di Google Play dan App Store.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu