Breaking

blog single post
Graphic Art

Cetak Poster untuk Promosi Usaha Anda

Berkembangnya bisnis percetakan dalam beberapa tahun terakhir ini menandakan kebutuhan hasil cetak berkualitas kian meningkat dan sangat disadari masyarakat. Nasib yang bertolak belakang dengan media-media bidang jurnalisme/publikasi konvensional seperti majalah atau surat kabar yang kian tergerus teknologi digital.


Kenapa di tengah-tengah fenomena tren digitalitasi justru operasional mesin percetakan tetap relevan dan malahan meningkat di bidang bisnis? Jawabannya sederhana. Karena praktik bisnis selalu mampu menemukan celahnya di tengah perubahan masyarakat sekaligus mengolahnya menjadi hal-hal yang relevan dan bahkan vital. Contohnya adalah poster.


Poster untuk Promosi Bisnis

Poster termasuk sebagai media yang paling tua usianya di peradaban modern. Dahulu dikenal sebagai seruan atau ajakan dalam kampanye politik, produk, event, dan sebagainya, serta dicetak dalam lembaran kertas berukuran besar. Sampai hari ini pun masih digunakan untuk tujuan-tujuan tersebut. Ditempatkan di beberapa spot yang menjadi jalur akses publik supaya pesan atau konten tersampaikan lebih meluas.


Namanya promosi bisnis pasti harus menjangkau segmen yang semakin besar dan jaringannya luas. Inilah peran poster yang menyampaikan promosi entah itu produk atau jenis bisnis itu sendiri yang ditawarkan ke masyarakat. Memang sekarang ini peran poster pun merambah ke ranah digital. Ditujukan bagi semua masyarakat yang aktif memakai akun media sosial yang sekaligus memiliki hak untuk menyebarkan ulang ke lingkaran masing-masing.


Lalu mengapa masih mencetak poster untuk kebutuhan promosi bisnis? Berikut ini jawabannya:


Kreativitas Desain dan Media Poster

Memang benar bahwa kreativitas dalam praktik desain grafis atau fotografi bisa sebebas-bebasnya apalagi tidak ada beban biaya produksi cetak poster ketika akan dibagikan secara online. Yang penting sudah menghasilkan dalam olahan digital dan difungsingkan untuk promosi bisnis. Tapi ada satu faktor vital yang tak mungkin direalisasikan secara optimal oleh praktik promosi online. Yaitu media yang digunakan untuk mencetak poster.


Media yang umumnya dikenal untuk mencetak poster adalah kertas. Namun jenis kertas itu sendiri juga sangat beragam. Dan sebuah desain yang diolah secara kreatif akan tampil maksimal jika media yang dipakai itu tepat. Artinya, yang kita bicarakan di sini adalah kualitas resapan tinta, cetakan timbul, dan beragam variasi poster kontemporer.


Ibaratnya, mengolah poster dari proses desain hingga menjadi bentuk cetakan semacam membuat karya seni yang bisa dinikmati masyarakat. Tak cuma menarik dari segi visual, tapi terkadang masyarakat bisa melakukan interaksi seperti memegangnya.


Faktor media yang dipakai pun masih dipengaruhi oleh elemen intrinsik nya yaitu ukuran. Membuat poster digital, sebagus dan setinggi apapun resolusinya, ketika sudah dibagikan dalam bentuk online ukurannya ya terlihat sama. Yaitu sebatas ukuran layar laptop, PC, atau gawai yang dipakai orang yang melihatnya.

Itulah celah yang sangat potensial dimanfaatkan dengan mencetak poster untuk promosi bisnis, atau apapun tujuannya. Jadi, kalau anda hendak melakukan promosi bisnis menggunakan poster, jenis media cetak yang akan digunakan pun mau tak mau harus dipertimbangkan di samping versi digitalnya.


Tidak Semua Konten Online Diakses Masyarakat

Ya, tidak semua anggota masyarakat yang potensial sebagai sasaran promosi produk bisnis menggunakan internet. Ada banyak alasan yang melatarbelakanginya mulai dari tidak adanya akses jaringan internet hingga kebiasaan atau pola perilaku mengonsumsi media. Karena tak semua orang pun terbiasa mengakses internet sebagai sumber informasi atau rujukan. Akan sangat disayangkan jika Anda sebagai pelaku bisnis yang hendak melakukan promosi mengabaikan hal itu. Tinggal memikirkan strategi penempatan poster yang ideal.


Yang Nyata adalah Yang Juara

Hal paling sederhana; orang menyukai sesuatu yang wujudnya ada alias ketika dilihat, bisa didekati, dan bahkan disentuh. Lho, bukannya poster digital juga bisa. Iya, tapi ketika anda mengganti laman di layar, poster tadi sudah tidak ada. Beda dengan poster berbentuk fisik yang ketika Anda berpaling atau meninggalkannya pun masih ada di tempat semula.


Nah, semua itulah yang menjadikan poster yang dicetak masih akan selalu relevan dan bermanfaat untuk promosi bisnis di manapun anda berada.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu