Breaking

blog single post
Graphic Art

Cetak Katalog Produk Anda dengan Jasa Digital Printing

Katalog produk Anda sebaiknya dicetak menggunakan teknik digital printing. Teknik ini sudah terjamin memiliki banyak kelebihan untuk jenis cetakan tersebut dibandingkan memakai metode offset konvensional. Selain terjaga dari segi kualitas, faktor kuantitas pun akan mudah terpenuhi dalam tenggat waktu yang cepat.


Katalog Produk Bisnis

Katalog produk difungsikan sebagai sumber informasi konsumen yang membutuhkan rincian deskripsi produk yang mereka butuhkan. Rincian itu meliputi foto produk dari berbagai sisi, keterangan harga, informasi diskon, fitur, dan lain-lain. Pihak penjual semestinya menyediakan katalog produk supaya bisa melakukan efisiensi dan efektivitas promosi. Menghemat tenaga dan waktu untuk menjelaskan setiap produk terhadap konsumennya.


Model katalog produk dewasa ini memang didesain secara online. Jika mengunjungi sebuah toko online, semua produk dipajang dalam bentuk katalog yang mana pengunjung atau member bisa sekalian melakukan transaksi di sana. Sejumlah toko online bahkan menyediakan katalog online yang dapat diunduh gratis. Dalam wujud agak berbeda, katalog online sekarang pun telah dimungkinkan dengan adanya fitur album foto/gambar di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Prosesnya pun lebih interaktif karena dapat melibatkan banyak orang untuk saling berkomentar atau langsung melakukan tawar menawar.


Tapi katalog online tetap punya kelemahan. Yaitu tidak dapat dilihat dan disimpan fisiknya. Bagi sebagian masyarakat mungkin tak mempermasalahkan itu. Karena mereka sudah terbiasa menggunakan layanan jaringan internet. Tapi bagaimana dengan mereka yang tak terjangkau jaringan internet, atau mereka yang sebenarnya lebih merasa nyaman jika memegang brosur atau katalog yang dicetak? Itulah tugas dari pihak pelaku bisnis yang semestinya mengakomodir kebutuhan tersebut.


Pengelola bisnis yang tanggap dengan situasi tersebut akan mengantisipasinya melalui penyediaan dua jenis katalog. Yang satu adalah versi digital atau online, sedangkan yang lain adalah versi cetak yang nantinya dibagikan di toko offline atau pada saat event promosi. Jika di masa lalu cuma mengandalkan versi cetak yang kebanyakan over-produksi karena banyak yang tak menjangkau secara optimal, kini bisa diakali dengan meminimalisir produksi cetak tapi meningkatkan kualitas. Kualitas yang ditingkatkan ini meliputi faktor desain, ukuran, dan jenis kertas. Semisal stok katalog menipis, mulai habis, atau butuh pembaruan, tinggal mencetaknya kembali dalam waktu singkat. Sehingga biaya produksi cetak katalog bisa tetap ditekan menghindari pemborosan.


Desain Katalog Produk

Dalam memproduksi katalog produk, yang juga tak luput dari perhatian adalah konsep desain. Sebuah katalog produk yang tidak didesain secara menarik akan terabaikan. Boro-boro mau dilirik, disentuh pun enggan karena tampilan yang dianggap terlalu membosankan. Tugas dari desainer katalog produk adalah merancangnya sebagus mungkin dan sesuai pada visi dan misi penjualnya. Setelah itu, desain yang sudah jadi bisa langsung diunggah sebagai versi online dan dicetak. Tapi beberapa penjual punya pertimbangan atas dasar nalar kreatif yang sengaja membikin versi yang agak berbeda. Tentu saja sebagai siasat promosi dan pemasaran yang dirancang secara unik.


Anda dapat merancang sendiri konsep katalog seperti apa yang hendak dicetak. Dipertimbangkan dari kuantitas produk yang dipadukan bersama konsep warna, komposisi, dan jenis kertas yang akan digunakan. Katalog versi cetak juga harus ringkas alias praktis ketika dibawa orang. Yang artinya tidak boleh terlalu besar, dan kalau memungkinkan bisa dilipat secara rapi.


Kualitas Cetakan Digital Printing Katalog Produk

Teknik digital printing digunakan untuk mencetak katalog produk karena mampu menghasilkan kualitas yang diharapkan. Detail warna dan komposisi tinta yang diserap kertas sesuai dengan apa yang diolah dalam versi digital. Jangan sampai gambar atau foto produk yang dicetak dalam katalog berbeda dengan rupa aslinya. Hal itu akan menimbulkan masalah yang dikeluhkan oleh konsumen.


Teknik cetakan digital memungkinkan proses yang lebih cepat. Dioperasikan oleh mesin yang bekerja secara otomatis dan dapat diatur berapa jumlah lembaran yang akan dihasilkan. Sangat memungkinkan untuk proses cetak berulang kali semisal stok katalog habis. Kualitasnya pun terjamin dengan pemakaian kertas yang awet sehingga tinta tidak akan memudar. Untuk hasil yang terbaik, silakan mencetak katalog produk dengan jasa digital printing.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu