Breaking

blog single post
Document

Cetak Dokumen Online? Yuk, Kenali Dulu Jenis-Jenis Kertas Sebelum Dicetak

PRINTERQOE - Salah satu dilema ketika akan menggunakan jasa print digital online adalah memilih kertas yang paling sesuai dengan hasil cetak yang diinginkan.

Percetakan online seringkali memberikan banyak jenis media cetak yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan cetak. Namun, jenis-jenis kertas itupun tidaklah familiar bagi kita. Maka dari itu, mempelajari jenis-jenis media cetak sebelum melangsungkan proses cetak bisa menjadi nilai plus tersendiri untukmu.

 

1. HVS

Kertas HVS merupakan jenis kertas yang paling terkenal dan paling sering digunakan. Media cetak berwarna putih ini memiliki tekstur yang agak kasar dan daya serap yang tinggi. Sehingga digunakan utnuk menulis, mencetak dokumen atau buku, serta keperluan kantor lainnya. HVS juga memiliki ukuran kertas yang bervariasi untuk di print, mulai dari A4, print A3 murah, hingga A0. Gramasi yang tersedia dalah 70gr, 80gr, dan 100gr.

 

Baca Juga: Tipe Kertas yang Disediakan Layanan Print 24 Jam

 

2. Art Paper

Bahan artt paper yang bertekstur halus, putih, licin serta mengkilap tidak cocok untuk dijadikan media menulis. Maka dari itu, art peper merupakan jenis kertas yang umumnya diguankan dalam pembuatan kalender dinding, brosur, flyer atau poster untuk keperluan promosi. Art paper juga cocok digunakan utnuk cetakan berukuran kecil seperti kartu undangan atau kartu nama. Gramasi yang banyak digunakan 85 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150 gr. Selain beratnya, gramasi juga mempengaruhi ketebalan art paper. Sudah siap cetak brosur atau cetak kartu nama dengan media cetak ini?

 

3. Book Paper

Media cetak ini bertekstur sedikit kasar namun cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Kertasnya yang berwarna kekuningan membuat gambar yang dicetak ke book paper terlihat kurang menghasilkan warna yang tajam. Sehingga kegunaannya lebih dikhususkan utnuk buku yang mengandung teks saja. Di saat yang bersamaan, warna kekuningan book paper juga membantu mata para pembacanya untuk tetapp nyaman ketika membaca buku dalam waktu yang lama. Ketebalan media cetak ini dimulai dari 55gr, 70 gr, dan 90 gr.

 

4. Karton BW

Kertas BW (Blues White) juga sering dikenal dengan nama kertas BC atau kertas manila. Permukaan media cetak yang bertekstur halus ini sering ditemani dengan warna-warna cantik yang bervariasi. Kertas ini juga cukup tebal sehingga lazim digunakan untuk mencetak kartu nama, sertifkat, ooklet, dan kalender. Gramasi yang populer digunakan adalah 160 gr, 220 gr, dan 250 gr. Jadi, mana yang menjadi pilihanmu? Kamu lebih memilih cetak kartu nama dengan art paper atau karton BW?

 

5. Concorde

Jenis media cetak concorde memiliki permukaan yang penuh dengan serat garis dan bergelombang tidak beraturan. Meski demikian, kertas ini memiliki tekstur yang lembut saat dipegang. Banyak orang yang jatu cinta dengan kertas ini, karena varian warna yang halus. Kertas ini biasa digunakan utnuk sertifikat, proposal, surat penting, dan lainnya. Namun, kertas ini juga sering diguankan utnuk cetak kartu nama. Gramasi kertas concrode pada umumnya adalah 160gr, 220 gr, dan 250 gr.

 

6. Buffalo

Kertas yang paling banyak dijual setelah kertas HVS adalah kertas buffalo. Media cetak ini memiliki permukaan yang bertekstur guratan kayu dengan berbagai pilihan warna dan cukup tebal. Kertas buffalo biasa digunakan utnuk cover agenda, buku catatan, ataupun makalah. Gramasi kertas yang umum ditemukan di pasaran adalah 220 gr, 250 gr.

 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Kertas A3 Sebelum Printer A3 Murah

 

7. Sticker Cromo

Meida cetak ini memiliki tekstur permukaan yang licin, halus, dan mengkilap, serta dilengkapi dengan lapisan lem pada bagian permukaan belakang. Kertas ini biasa digunakan untuk media promosi yang akan ditempel pada tempat-tempat tertentu.


8. Sticker Vinyl
Tak jauh berbeda dengan sticker cromo,  sticker vinyl juga memiliki tekstur permukaan yang licin, halus, mengkilap dan lentur. Kertas ini dilengkapi dengan lapisan lem pada permukaan belakang. Kertas hasil sintetis ini biasa digunakan pada bagoan motor, mobil, hel, dan lainnya karena tidak mudah sobek dan terkikis hujan dan panas seperti kertas pada umumnya.

 

Jika sudah mengenali jenis-jenis kertas untuk print A3 murah di print digital online, Kamu tidak perlu khawatir. Gunakan jasa cetak online PrinterQoe.com, Kamu bisa menentukan media cetak yang ingin diguankan dengan membandingkan karakteristik masing-masing kertas dengan kebutuhan cetak.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu