Breaking

blog single post
Personal

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Menarik

Saat Anda sudah mencoba untuk membuat perubahan pada karier namun tidak beruntung dalam hal surat lamaran pekerjaan, hal itu mungkin saja karena surat lamaran Anda belum berkesan untuk perekrut. Perekrut akan dapat mengetahui meski sekilas jika surat lamaran Anda disesuaikan dengan tujuan tertentu, atau apakah surat tersebut merupakan format template dengan nama dan alamat perusahaan mereka yang ternyata disisipkan pada baris alamat. Jika Anda melakukan hal yang kedua, maka kemungkinan perusahaan akan menolaknya bersama dengan surat lamaran lainnya yang biasa saja. Lalu bagaimana Anda membuat surat lamaran yang berbeda dengan yang lain?

  • Buat Secara Personal

Bangunlah hubungan dengan perekrut ketika mereka membaca surat lamaran dan CV Anda. Tulislah wawasan personal tentang siapa Anda sebagai pribadi bukan hanya siapa Anda sebagai karyawan yang memiliki potensi. Hal ini berarti, dari pada menggunakan jargon perusahaan yang biasa saja, gunakanlah bahasa yang sederhana yang menunjukkan Anda adalah orang yang mudah untuk didekati, orang yang ramah. Tunjukkan nilai- nilai Anda sebagai pribadi dan karyawan yang berpotensi. Disinilah pernyataan pribadi di awal CV akan membantu Anda menonjol dibandingkan yang lain. Gunakanlah paragraf ini untuk menekankan mengapa dan apa yang mendorong Anda melamar pekerjaan, filosofi dalam hidup dan pekerjaan, dan yang paling penting apa yang akan Anda dapat berikan jika Anda mendapatkan pekerjaan tersebut.

  • Lakukan Penelitian

Luangkan waktu untuk mempelajari visi, tujuan dan tantangan perusahaan yang Anda lamar. Anda juga dapat membaca ulasan perusahaan dari para karyawan yang banyak bertebaran di mesin pencarian. Proseslah informasi yang diperoleh dan berfikirlah tentang apa yang akan Anda lakukan untuk berkontribusi pada tujuan maupun tantangan perusahaan. Kemudian masukanlah hal-hal tersebut ke dalam surat lamaran Anda. Inisiatif dan usaha Anda akan menjadi nilai plus untuk surat lamaran Anda.

  • Jagalah Agar Tetap Relevan

Menjaga agar CV Anda pendek, singkat, dan relevan merupakan kunci agar berbeda dengan lamaran yang lain. Hal ini berarti CV Anda tidak melebihi 2 halaman, terlepas dari berapa banyak pengalaman yang Anda miliki. Tekankan hanya pada pencapaian penting yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Memaparkan pengalaman Anda yang lain secara singkat akan cukup selama perekrut memiliki gambaran tentang sejarah pekerjaan Anda. Yang paling penting adalah keterampilan langsung dan pengalaman. 

  • Tempatkan Diri Anda di Posisi Perekrut

Saat Anda menyusun surat lamaran dan CV, cobalah melihat dari sudut pandang perekrut. Anda dapat meminta bantuan pada pihak yang netral untuk meninjau dan meminta pendapat jujur mereka tentang surat lamaran Anda. Hal ini penting, tentang bagaimana kesan yang Anda buat pada seseorang yang tidak mengenal Anda.

  • Fokuslah pada Kualitas, Bukan Kuantitas

Jika Anda serius untuk mendapatkan pekerjaan dengan prospek baik, maka Anda harus fokus dan meluangkan banyak waktu untuk membuat surat lamaran dan CV yang benar-benar mengesankan.

 

Baca juga: Cara Membuat CV yang Sempurna

 

Itulah beberapa hal yang dapat Anda ikuti dalam membuat surat lamaran kerja yang menarik dan mengesankan bagi perekrut. Semoga beruntung mendapatkan pekerjaan impian.

 

Terkait persiapan berkas dan dokumen yang harus dicetak ketika Anda mendapatkan panggilan interview,  Anda bisa mengakses dengan mudah layanan cetak dokumen secara online di PrinterQoe. Tak perlu repot, Anda dapat mencari lokasi printer terdekat, lalu mengupload data yang ingin dicetak ke dalam Aplikasi PrinterQoe. Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran serta mengambil langsung dokumen ke tukang fotokopi. PrinterQoe juga memberikan harga cetak dokumen  yang terjangkau kantong mahasiswa maupun pekerja, dengan hasil yang berkualitas. Kini tak hanya dapat diakses melalui website, PrinterQoe juga bisa diakses melalui handphone dengan cara download di Google Play dan App Store.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu