Breaking

blog single post
Fotocopy Center

Cara Buat Bisnis Fotokopi

Salah satu usaha yang hingga zaman digital tetaplah berdiri dan bahkan berkembang, serta  banyak membawa keuntungan adalah usaha fotokopi. Menjalankan bisnis fotokopi membutuhkan modal yang agak besar, namun bicara soal keuntungan, bisnis ini juga turut menghasilkan keuntungan yang besar. Usaha fotokopi memiliki market yang banyak, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan kantor hingga masyarakat umum. Keberadaan usaha ini sangat dibutuhkan semua orang karena memberikan jasa mencetak, menggandakan, hingga menjilid dokumen atau berkas, baik surat-surat, skripsi, company profile, makalah, dan lainnya.

 


Anda memiliki modal cukup untuk membangun usaha fotokopi? Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya simak beberapa point penting yang dapat menjadi pertimbangan agar bisnis fotokopi Anda nantinya berjalan sukses.


Pertama, lokasi strategis.

Hal penting dan utama saat Anda memulai usaha fotokopi adalah lokasi yang strategis. Lokasi dapat dikatakan strategis apabila berada dekat dengan target market. Target market yang tepat untuk bisnis fotokopi yaitu pelajar sekolah dan mahasiswa. Penentuan lokasi yang tepat dapat menghasilkan keuntungan maksimal, bilamana lokasi usaha fotokopi berada dekat dengan lingkungan kampus atau sekolah. Orang-orang yang bergelut dengan dunia pendidikan seperti pelajar dan mahasiswa, pasti membutuhkan jasa fotokopi.  Fotokopi buku pelajaran, materi kampus, skripsi hingga membeli alat tulis, tentu menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh mereka setiap harinya. Namun tidak usah khawatir bila musim libur sekolah atau libur kuliah tiba, karena masih banyak masyarakat umum yang bisa memanfaatkan jasa usaha fotokopi tersebut.


Kedua, kualitas yang Anda berikan.

Faktor penting selanjutnya adalah kualitas. Kualitas usaha fotokopi yang bisa memberikan kepuasan pada pelanggan, adalah kunci dari kesuksesan bisnis yang akan Anda jalani. Percayalah, calon pelanggan akan pindah ke tempat lain jika Anda memberikan kualitas fotokopi yang buruk. Yang terpenting dari hasil fotokopi adalah hasilnya tidak buram dan jernih. Apabila terjadi sesuatu dengan mesin fotokopi, Anda perlu berkonsultasi dengan teknisi mesin fotokopi. Selain itu penting bagi Anda sebagai pemilik usaha, mempunyai pengetahuan perihal cara merawat dan menjaga kebersihan mesin fotokopi, serta cara mengisi tinta. Yang perlu diingat juga, jangan menggunakan tinta yang berkualitas buruk agar hasil fotokopi Anda tetap jernih dan memuaskan pelanggan Anda.


Kualitas selanjutnya yang harus Anda perhatikan dalam usaha fotokopi adalah dengan menjaga kualitas penjilidan. Penjilidan adalah salah satu jasa yang sangat dibutuhkan oleh para calon pelanggan bisnis fotokopi Anda. Selain itu Anda harus belajar trik menjilid yang rapi, cepat dan hasil jilid kuat. Anda bisa bertanya pada rekan-rekan yang telah lebih dahulu  memulai usaha fotokopi, tentang cara-cara tersebut. Ketahuilah jenis-jenis penjilidan yang menjadi jualan Anda, seperti jilid lakban, jilid spiral, jilid soft cover, dan jilid hard cover. Satu hal lagi, Anda harus memperhatikan jenis-jenis lem yang akan digunakan untuk menjilid, agar hasil penjilidan kuat dan tidak mudah lepas.


Kualitas ketiga yang dibutuhkan dalam usaha fotokopi adalah kualitas laminating dan cara memotong kertas. Walaupun pelanggan laminating lebih sedikit dibandingkan pelanggan yang membutuhkan penjilidan, kualitas laminating tetap harus diperhatikan. Cara dan teknik laminating yang rapi dan teknik memotong kertas yang benar serta memuaskan pelanggan perlu Anda terapkan.


Keempat, alat tulis kantor tersedia lengkap.

Bisnis fotokopi erat kaitannya dengan alat tulis kantor. Memberikan solusi berupa layanan lengkap, sangatlah penting untuk usaha fotokopi Anda juga menambah layanan penjualan alat tulis kantor kepada calon pelanggan. Jadi, jangan lupa sediakan ATK seperti pena, pensil, spidol, steples, berbagai jenis kertas, penghapus, buku, materai, map, sampai dengan amplop.

Selain itu harus dipikirkan juga perihal penataan yang mudah dilihat dan mencantumkan harga yang jelas, agar menimbulkan ketertarikan calon pelanggan untuk membeli serta memudahkan mereka untuk membandingkan harga dari alat tulis yang diinginkan.


Kelima, harga menentukan laba.

Sudah menjadi hukum jual beli, apabila Anda memberikan harga murah namun berkualitas, maka calon pelanggan akan tertarik untuk membelinya. Untuk mendapatkan barang yang berkualitas, Anda dapat mencari distributor alat tulis kantor yang baik dan terjamin, lalu membelinya dalam jumlah yang banyak.


Mengapa  bergabung dengan PrinterQoe?

Karena dengan bergabung bersama PrinterQoe, bisnis fotokopi Anda akan mendapatkan beragam keuntungan. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan mulai dari biaya pendaftaraan maupun biaya tambahan lain yang gratis, pembayaran jasa fotokopi langsung dari pelanggan kepada Merchant, menjangkau lebih banyak pelanggan, mudah memantau transaksi yang terjadi lewat PrinterQoe, serta akses dapat dilakukan via web maupun perangkat mobile (Android/ IOS).


Mengapa PrinterQoe?

Karena PrinterQoe merupakan platform pencetakan dokumen yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan cetak dokumen penting seperti surat-surat, skripsi hingga berkas lainnya melalui PrinterQoe, Anda akan mendapatkan beragam informasi akurat mengenai harga dan jasa printing dokumen secara online. Sudah bisa di download di Google Play dan App store, kini mencetak dokumen bisa dilakukan di lokasi yang terdekat dengan Anda. Hasil print pun dijamin berkualitas baik.



Baca Juga : Perjalanan Mesin Fotokopi Sejak Pertama Ditemukan

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu