Breaking

blog single post
Graphic Art

Bisnis Jasa Grafis dengan Percetakan Berkualitas

Mesin percetakan tak mungkin tidak dikaitkan dengan nyaris semua jenis praktik bisnis termasuk bidang kreatif. Kompetisi bisnis bidang kreatif terutama desain grafis kian ketat karena pelakunya pun semakin bertambah. Demi meningkatkan reputasi dan kepuasan klien, sebuah bidang jasa desain harus bekerjasama dengan jasa percetakan terbaik.


Peran Vital Mesin Percetakan

Jasa cetak memegang peran vital untuk kelangsungan bisnis desain baik yang dikelola secara mandiri hingga dalam skala perusahaan besar. Biasanya, untuk skala perusahaan besar telah memiliki infrastrukturnya sendiri bersama dengan tim teknis yang mengoperasikan unit mesin. Berbeda dengan jasa desain yang masih dikelola individu atau kelompok kecil dan tidak memiliki alat cetak sendiri.


Jasa cetak menyediakan solusi percetakan untuk berbagai kebutuhan yang mengakomodir jasa-jasa desain tersebut. Dikarenakan untuk satu unit mesin saja harus mengeluarkan modal yang lumayan besar, maka banyak jasa desain yang seringnya memiliki satu atau beberapa langganan jasa cetak.


Anda yang sekarang ini sedang merintis atau sudah mengelola jasa kreatif desain juga menyadari bahwa tak mungkin desain yang sudah dibuat hasil cetaknya tidak memuaskan. Karena urusannya adalah dengan klien mereka.


Klien mungkin sudah merasa sangat puas ketika meninjau hasil olahan grafis ketika masih berbentuk file digital. Tapi ada kemungkinan berbeda hasilnya ketika sudah dicetak. Hal itu dapat disebabkan oleh tingkat akurasi warna yang ternyata melenceng di mesin cetak yang dipakai. Faktor lain yang mempengaruhi hasil cetakan bisa juga disebabkan oleh kualitas tinta dan medianya.


Jangan sampai Anda atau tim desain grafis yang sudah capek-capek mengolah gagasan-gagasan kreatif dan bahkan sampai kerja lembur dikecewakan oleh hasil cetakan. Masih harus menghadapi keluhan klien dan di saat bersamaan harus segera mengajukan revisi ke jasa cetak. Risiko keterlambatan deadline atau malah mengulang hasil cetakan yang sama mengancam. Di sinilah peran vital mesin cetak berkualitas pada jasa desain grafis.


Layanan Cetak Desain Grafis

Jasa cetak bisa diandalkan untuk berbagai jenis hasil olahan desain grafis. Yang paling umum di antaranya adalah cetak kartu undangan pernikahan, cetak kaos, mug, brosur, poster, dan sebagainya. Setiap unit mesin cetak berkualitas mampu dioperasikan untuk hasil optimal mulai dari kuantitas dan tentu saja kualitas.


Biasanya, jasa desain grafis yang sudah berpengalaman dan profesional akan langsung tanggap dan memahami kebutuhan klien secara rinci. Pasalnya, tak semua klien memahami bagaimana rincian teknis dari desain dan ketika sudah diolah ke hasil cetakan. Contohnya mengenai ukuran, warna, komposisi, serta media yang digunakan. Dan begitu juga dengan jasa cetak yang akan menanganinya sudah memiliki standar khusus.


Jenis-jenis Teknik Percetakan

Teknik cetak yang digunakan sebuah jasa profesional ada dua jenisnya. Yaitu teknik offset dan digital printing. Teknik offset paling sering digunakan yaitu dengan metode memindahkan materi cetakan ke permukaan bahan/media dari proses pembuatan plat kemudian ke lapisan karet. Teknik ini menggunakan tinta basah dan butuh waktu agak panjang untuk proses pengeringan apalagi jika media yang dipakai berukuran besar. Teknik offset umumnya diterapkan untuk hasil cetakan berukuran besar atau luas. Sisi keunggulan teknik ini adalah biaya yang cenderung ekonomis untuk sebuah hasil cetakan yang besar serta tahan lama.


Teknik digital printing juga semakin sering digunakan belakangan tahun ini karena merupakan hasil inovasi dan pengembangan lebih lanjut dari teknik offset yang telah diaplikasikan secara digital. Teknik ini dioperasikan sebuah unit mesin yang memindai materi cetakan secara digital kemudian memprosesnya langsung ke atas permukaan bahan/media. Tinta jenis pasta digunakan oleh unit mesin yang proses pengeringannya lebih cepat.


Relevansi Teknologi dan Kualitas Cetak

Kebutuhan hasil cetakan yang berbeda-beda itu disesuaikan pula dengan jenis teknik cetakan serta media yang digunakan. Karena antara tinta cetak dan media harus saling punya respon yang kuat sehingga tetap awet dan tidak menurun kualitasnya. Baik antara teknik offset dan digital printing sama-sama mengalami pengembangan yang relevan dengan kemajuan teknologi sehingga mampu meningkatkan hasil kualitas cetakan. Bisnis jasa desain grafis pun semakin dimungkinkan untuk dikembangkan sesuai permintaan pasar.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu