Breaking

blog single post
Printing

Beragam Material Media Indoor dan Outdoor di Tempat Print Terdekat

Dulunya bahan spanduk hanya mengandalkan kain saja. Namun dengan perkembangan digital printing semakin banyak material yang bisa digunakan. Nah, apa saja yang bisa dipilih saat Anda mendatangi tempat print terdekat?

 

Flexi Korea

Tekstur material ini terbilang halus, karena itu dapat menciptakan hasil cetakan dengan kualitas tinggi. Dilihat dari tingkat ketebalannya juga cukup memadai. Dengan begitu, sangat tepat bila Anda mengandalkannya sebagai media promosi untuk dipasang di ruangan terbuka. Sebagai contoh dalam pembuatan baliho, spanduk dan banner.

 

Bahan ini memiliki gramasi mulai dari 250 gram hingga 400 gram. Sebenarnya material ini tidak hanya dimanfaatkan dalam pembuatan spanduk saja. Tetapi sangat cocok pula menerapkannya dalam mencetak backdrop atau backwall, roll up banner, Y banner, X banner, dan mini X banner.

 

Flexi China

Karakteristik dari bahan flexi china adalah lebih kasar dan lebih tipis. Keunggulannya adalah mempunyai serat yang berada di dalamnya. Pada umumnya material ini lebih banyak dimanfaatkan dalam pembuatan spanduk outdoor. Tingkat gramasinya sangat bervariatif, tapi yang biasanya digemari adalah 340 gram, 280 gram dan 260 gram.

 

Untuk tingkat kekuatannya terbilang sangat baik bila hanya digunakan sebagai media indoor. Oleh karena itu relatif aman dari paparan terik matahari dan air hujan. Kalau terpaksanya mau diaplikasikan di tempat outdoor maka warna cetakannya akan cepat memudar, dan ketahanannya akan cepat menurun.

 

Oleh karena itu, bahan ini akan terlihat cepat retak dan akhirnya sobek. Jadi gunakan bahan ini hanya untuk pemakaian roll up banner, Y Banner dan X banner saja. Karena biasanya hanya ditempatkan di dalam ruangan yang aman dari paparan sinar matahari, hujan dan angin.

 

Flexi Jerman

Kualitas bahan flexi jerman paling unggul diantara flexi china dan flexi korea. Bahannya lebih tebal, sehingga sangat bagus diaplikasikan untuk media outdoor. Sebagai contoh dalam pembuatan spanduk yang dipasang dijalan, baliho dan sebagainya. Kalau untuk media outdoor sangat cocok, maka flexi jerman juga tetap cocok digunakan sebagai bahan media indoor, seperti X banner dan Y banner.

 

Tingkat gramasi dari bahan spanduk ini mulai dari 230 gram hingga 400 gram. Dengan kualitas bahan yang lebih bagus daripada jenis flexi lainnya, sangat wajar bila harganya pun paling mahal. Biasanya juga tidak semua tempat print terdekat menyediakan jenis bahan ini.

 

Easy Banner

Bisa dikatakan bahan ini belum begitu familiar dalam penggunaannya di masyarakat atau perusahaan. Karakteristik dari easy banner adalah teksturnya yang cenderung kasar dan kaku. Dengan begitu, material ini terbilang ideal dalam pembuatan media seperti standing banner. Media ini umumnya diletakkan di ruangan terbuka.

 

 

Banner Cloth

Material ini mirip dengan kain teksturnya. Karena itu biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan bendera. Cara pencetakannya juga bisa menggunakan mesin digital printing. Jenis bahan ini terbilang ringan, sehingga sering digunakan untuk media yang diikatkan pada balon yang nantinya akan diterbangkan ke angkasa.

 

Albatros

Tekstur dari bahan ini adalah halus dan lembut sangat mirip dengan kertas. Sehingga kerap diaplikasikan dalam pembuatan media indoor, sebagai contoh roll up banner, Y banner, X banner, mini X banner, poster dan sebagainya. Kalau Anda ingin mencetak foto dengan ukuran besar maka bisa mengandalkan bahan albatros.

 

Tetapi sebelum mengaplikasikannya pastikan kualitas dari fotonya sangat bagus. Sehingga tidak pecah saat dicetak dalam ukuran yang lebih besar. Biasanya hasil cetakan dengan bahan ini diaplikasikan di ruangan semi indoor. Jadi tempatnya tidak mudah terpapar air hujan dan terik matahari.

 

Luster

Material ini memiliki tekstur yang agak kasar, lebih tipis dan mengkilap. Dengan demikian, bahan ini sangat cocok apabila diaplikasikan untuk media publikasi indoor. Sebagai contoh untuk membuat roll up banner, X banner, Y banner dan sebagainya. Tampilannya tetap menawan tanpa perlu penerapan laminasi. Oleh karena sifat dari bahan ini sudah mengkilap. Apabila diaplikasikan alminasi justru sulit melekat secara sempurna.

 

Nah, itulah beberapa bahan dalam pembuatan media indoor dan outdoor yang biasanya ditawarkan tempat print terdekat. Dengan memahaminya maka Anda bisa memilih bahan yang paling sesuai dengan keinginan.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu