Breaking

blog single post
Printing

Beragam Jenis Jasa Percetakan yang Perlu Anda Ketahui

Tidak dapat dipungkiri bahwa jasa percetakan mudah menjadi salah satu jasa yang paling banyak dibutuhkan. Selain untuk mencetak segala kebutuhan dokumen untuk keperluan pekerjaan, mesin printer dengan berbagai jenis dan spesifikasi memungkinkan Anda untuk mencetak berbagai produk cetak mulai dari brosur, flyer, sticker, member card, undangan, hingga cetak desain yang diaplikasikan pada berbagai media, mulai dari kaos hingga kemasan makanan/ minuman.

Agar Anda tidak salah dalam memilih jenis jasa percetakan mudah dan mendapatkan hasil cetak sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beragam jenis jasa percetakan yang ada di pasaran. Beberapa diantaranya adalah:


Digital printing

Jenis percetakan mudah pertama sekaligus yang telah banyak dikenal luas adalah digital printing. Berbagai penyedia jasa digital printing dapat dengan mudah Anda temukan di sekitar lokasi Anda. Salah satu kelebihan dari percetakan digital (digital printing) adalah tidak menetapkan jumlah minimal untuk dapat mencetaknya. Anda dapat mencetak dokumen dalam jumlah kecil, termasuk untuk mencetak dokumen sebanyak satu lembar saja. Percetakan mudah berjenis digital printing ini biasanya menjadi solusi bagi Anda yang perlu mencetak sticker, spanduk, brosur, flyer, kartu nama hingga mug dan berbagai aksesoris lain. Tetapi biaya untuk cetak digital printing tergolong cukup mahal. Oleh karena itu, bagi Anda yang memerlukan untuk cetak sesuatu dalam jumlah besar, Anda perlu memilih opsi percetakan lain yang lebih murah dan efisien.


Offset printing

Jenis jasa percetakan selanjutnya adalah offset printing. Mesin cetak yang digunakan untuk offset printing tentu memiliki perbedaan dengan mesin digital printing. Bila mesin yang digunakan untuk digital printing memungkinkan Anda dapat mencetak pada beragam pilihan media, mesin untuk offset printing lebih cenderung digunakan untuk mencetak pada media dengan bahan baku kertas. Kelebihan percetakan mudah dengan jenis offset printing adalah lebih murah dan efisien bagi Anda yang memerlukan cetak dengan jumlah besar, seperti 5000 lembar atau lebih. Bidang pengerjaan yang dapat ditangani dengan baik dengan menggunakan offset printing adalah percetakan dengan media kertas seperti amplop, brosur, buku, majalah, paperbag hingga kardus kue.


Sablon

Jenis cetak lainnya adalah sablon. Pada zaman dahulu, percetakan mudah jenis sablon dilakukan secara manual dengan memberikan tinta di atas screen tertentu. Tetapi dalam beberapa dekade terakhir, mulai banyak penyedia jasa sablon yang mengembangkan dengan menggunakan teknik sablon dengan mesin, yang selain mendapatkan hasil yang lebih baik dapat membuat pekerjaan menyablon lebih cepat dan efisien. Cetak sablon biasanya digunakan pada media kain, plastik hingga kertas. Teknik pencetakan sablon yang diterapkan pada masing – masing media tersebut juga berbeda satu dengan yang lain.


Flexo

Jenis percetakan mudah selanjutnya adalah flexo. Meski tak banyak orang yang mengetahui perbedaan mesin cetak flexo dengan offset dan digital printing, percetakan flexo memiliki perbedaan besar di mana bahan media yang digunakan merupakan bahan dalam bentuk gulungan (roll) sementara offset dan digital printing banyak menggunakan media berbentuk lembaran terpisah. Kelebihan dari percetakan mudah flexo adalah tinta yang digunakan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga tinta yang digunakan untuk cetak offset atau digital printing. Hal ini tentu berbanding lurus pada harga jasa cetak flexo yang juga menjadi lebih terjangkau. Kelebihan lainnya adalah karena cetaknya menggunakan media dalam bentuk roll, maka bahan baku yang digunakan pun relatif lebih hemat. Contoh penggunaan mesin cetak flexo adalah mencetak sticker, koran, dan beragam kardus kemasan, baik single wall maupun double wall.


Rotogravure

Meski jenis percetakan mudah satu ini belum banyak dikenal, Anda pun perlu mengetahui mengenai rotogravure. Berbeda dengan jenis percetakan sebelumnya, mesin rotogravure digunakan untuk mencetak pada media berbahan plastik. Contoh cetak rotogravure yang familiar adalah pada kemasan makanan instan seperti mie instan.

Jadi sebelum Anda menggunakan jasa percetakan mudah, tidak ada salahnya bila mempelajari terlebih dahulu beragam jenis percetakan di atas agar tidak salah pilih saat mencetak dokumen nantinya.


Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu