Breaking

blog single post
Lifestyle

Begini Caranya Jadi Profesional Di Kantor

Menjadi professional bukanlah sesuatu yang mudah. DIbutuhkan kerja keras karena profesionalitas seseorang dilihat dari dua sisi, baik dari sisi keterampilan yang dimiliki ataupun dari sisi sifat, watak, dan kepribadian. Lantas bagaimana menjadi seorang yang professional di dalam lingungan perusahaan? Berikut tips yang bisa Anda ikuti:


1. Menjadi ahli di Pekerjaan Anda

Agar orang di lingkungan pekerjaan bergantung dengan Anda, maka Anda harus membuat mereka percaya bahwa Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau bahkan sebelum waktu yang ditentukan. Anda bisa memperbaharui kemampuan yang dimiliki dengan mengambil kursus, ataupun hal lain yang membantu Anda menjadi lebih professional. Ikuti informasi terkait perusahaan seperti informasi yang dihasilkan dari rapat departemen, memo perusahaan, dan sebagainya sehingga Anda bisa mengetahui apapun yang terjadi saat orang bertanya.

2. Komunikasi yang baik

Anda harus bisa menghormati orang lain dan menunjukkan sikap sopan sehingga orang lain melihat Anda. Selain itu keterampilan komunikasi juga diperlukan saat Anda rapat, komunikasi melalui email, dan sebagainya di lingkungan pekerjaan.

Tips apabila terjadi perselisihan dengan rekan kerja, Anda bisa mengirim email kepada mereka untuk menyelesaikan masalah. Lalu luangkan waktu untuk membaca kembali email sebelum Anda mengirimnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kata-kata di dalamnya tidak akan menyinggung perasaan mereka.

Selain itu, tips lainnya adalah Anda bisa mencoba berbicara dengan rekan kerja secara langsung. Tindakan ini memiliki makna bahwa Anda bisa menangani permasalahan dengan cara yang berani dan dewasa.

3. Jadilah jujur secara Intelektual

Jika Anda kehilangan kesabaran saat bekerja, hal profesional yang harus Anda lakukan adalah meminta maaf. Seorang yang profesional tidak takut untuk bertanggung jawab dan mengakui ketika melakukan kesalahan. Anda harus melakukan ini sebelum situasi menjadi tidak terkendali. Selain itu, Anda tidak perlu takut mengakui ketika Anda tidak tahu jawaban dari sebuah pertanyaan yang diajukan oleh rekan kerja atau rekan bisnis Anda. Justru seorang profesional sejati selalu ingin mempelajari hal-hal baru, dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diharapkan orang lain.

4. Hindari gosip di kantor

Membangun reputasi professional terjadi ketika Anda menghindar dari drama kantor  serta gosip-gosip yang menarik untuk dibicarakan. Jangan pula terpancing dengan pembicaaan orang lain mengenai Anda. Karena bila Anda menanggapi omongan orang lain dan salah langkah dalam mengambil keputusan, hal ini dapat merusak reputasi Anda,

5. Berpakaian yang baik untuk Sukses

Berpakaianlah yang baik karena pakaian yang sesuai bisa membawa Anda pada kesuksesan. Anda hanya perlu berpakaian yang sopan dan rapi, sesuaikan dengan jenis pekerjaan serta keperluan  Anda bila harus menandatangani acara formal. Selain itu, jagalah diri Anda dengan baik dan selalu perhatikan kebersihan pribadi. Misalnya, jangan lupa selalu menggunakan deodorant.


Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa menjadi pribadi yang professional di kantor.



Baca Juga : Profesionalitas Dari Sisi Pengadaan Dokumen

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu