Breaking

blog single post
Go Green

Bahan Baku Alternatif Pembuat Kertas Selain Kayu

Tahukah anda berapa banyak kertas yang digunakan oleh manusia untuk kebutuhan pribadi terlebih kebutuhan kantor yang sudah tentu skalanya jauh lebih besar. Sebagai gambaran untuk Anda, para peneliti di Amerika Serikat memperoleh data bahwa dalam satu tahun seorang karyawan bisa menghabiskan 10.000 lembar kertas setiap tahun. Sedangkan lembaga seperti perbankan bisa menghabiskan kertas sekitar 40.000 lembar per tahunnya.

 

Forest Ethics bahkan mencatat bahwa penggunaan kayu sebagai bahan baku kertas mencapai persentase 40% dari industri kayu secara keseluruhan. Untuk itulah diperlukan adanya upaya-upaya yang sekiranya dapat menjadi solusi alternatif demi mengurangi penggunaan kayu sebagai bahan baku utama pembuat kertas.

 

Kertas masih dan akan selalu dibutuhkan

Karena bila ditelaah lebih lanjut, di jaman yang segala sesuatunya sudah bisa dipindahkan ke komputer ternyata masih memerlukan kertas dan produk turunannya sebagai hasil akhir. Contoh mudahnya adalah novel favorit Anda yang terpajang rapi di rak buku. Atau buku catatan pelajaran yang di dalamnya berisi coretan tangan anak Anda.


Memang teknologi menawarkan kemudahan dengan hadirnya e-book. Anak Anda juga bisa mencorat-coret di iPad dengan tampilan layar yang lebih canggih. Tapi itu tidak sama. Karena bagian dari membaca sejatinya adalah membolak balik lembar demi lembar halaman buku. Dan menulis catatan dengan tangan sendiri akan melatih daya ingat, dibanding bila mengetiknya di gadget. Ini belum lagi bila kita bicara mengenai penggunaan gadget yang berlebihan dan dampaknya terhadap kesehatan serta kemampuan komunikasi seorang individu.



Daur Ulang Kertas

Daur ulang kertas menjadi bentuk kertas lagi atau bentuk lain yang bermanfaat juga sudah mulai dipikirkan oleh beberapa pihak. Perusahaan pembuat kertas dapat membuat kertas dari sampah kertas dengan biaya yang lebih murah tanpa melalui proses yang lama. Perusahaan pembuat kertas juga mendapat kemudahan dalam memperoleh kertas bekas dengan harga murah. Dengan adanya alat daur ulang, penebangan pepohonan untuk bahan pembuatan kertas akan banyak berkurang.

 

Bahan baku alternatif untuk pembuatan kertas

Sebagai upaya mencari alternatif bahan baku selain kertas, pemerintah Indonesia melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) sudah mulai memanfaatkan limbah hasil pertanian seperti tandan kosong sawit, jerami, merang, ampas tebu, dan bahan baku bukan kayu lainnya seperti rami, kapas, dan bambu.

Menurut Kepala Balai Besar Pulp dan Kertas, Andoyo Sugiharto, penggunaan bahan baku nonkayu ini memiliki kelebihan mudah dibuat pulp, mudah digiling, serta mudah diputihkan dengan bahan yang ramah lingkungan.

 

Penyimpanan secara Online

Upaya lain yang juga bisa dilakukan untuk mengurangi eksploitasi kayu menjadi kertas adalah dengan memaksimalkan penyimpanan online atau cloud storage. Seperti kita tahu bahwa laporan dan atau data pada banyak perusahaan masih mengandalkan kertas sebagai outputnya. Dengan penyimpanan cloud, Anda dapat berbagi data dengan rekan kerja tanpa perlu menyetaknya. Untuk jangka panjang cara ini mampu memangkas biaya penggunaan kertas dan alat tulis pendukungnya, disamping juga mengurangi pemakaian buku atau kertas.

 

 


 

 

Sumber : news.okezone.com; kemenperin.go.id

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu